Tips Atasi Stres Akibat Kurang Bersosialiasi di Tengah Pandemi Covid-19

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 4 Oktober 2020 12:48
Tips Atasi Stres Akibat Kurang Bersosialiasi di Tengah Pandemi Covid-19
Jangan sampai membuatmu semakin cemas.

Dream - Pandemi Covid-19 banyak mengubah kebiasaan semua orang, terutama dalam bersosialisasi. Mau tidak mau, kita hanya bisa melakukan pertemuan secara virtual.

Meski sekilas terlihat sama, namun pertemuan secara langsung dan virtual tetap memberikan efek yang berbeda. Pertemuan virtual terasa kurang alami dan membuat kita semakin sadar akan situasi pandemi yang berujung pada gangguan kecemasan.

Stres maupun gangguan kecemasan sangat wajar dirasakan ketika tidak dapat melakuakn pertemuan secara langsung. Hal ini dikarenakan kebutuhan otak untuk selalu dekat dan terkoneksi dengan orang lain.

" Secara natural, manusia butuh untuk selalu terkoneksi dengan manusia lain. Itu juga bisa membantu kita menjaga kesehatan fisik karena lebih bahagia dan nggak gampang sakit," ungkap Saskhya Aulia Prima, Psikolog Anak, Remaja dan Keluarga dalam peluncuran Nivea Lip Crayon, Kamis lalu.

Penelitian yang dilakukan selama 80 tahun menyimpulkan bahwa seseorang dapat hidup lebih lama karena merasa hidupnya lebih bermakna dengan memiliki hubungan sosial lebih berarti.

1 dari 1 halaman

Cara menjaga kesehatan mental akibat keterbatasan bersosialisasi

Seseorang bisa merasa lebih tenang ketika memiliki hubungan sosial yang baik. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mental akibat keterbatasan bersosialisasi di tengah pandemi?

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menjalani pola hidup sehat dan berolahraga. Kamu juga harus bisa mulai memilah pikiran yang bisa dikontrol dan tidak agar lebih tenang.

Lalu, biasakan untuk berkegiatan dan berpenampilan seperti biasa. " Penelitian sempat mengatakan bahwa berinteraksi secara virtual membuat kita melihat penampilan fisik kita sendiri. Jadi, performa dan perasaan lebih susah dijaga. Jadi, coba tetap dandan supaya nyamn melihat diri sendiri saat virtual meeting," ujarnya.

Selanjutnya, jagalah rutinitasmu sehari-hari. Hal ini bisa meredakan dan mencegah kecemasan serta membuatmu merasa lebih aman.

Jangan lupa untuk selalu menanyakan kabar pada diri sendiri untuk menjaga kestabilan emosi dan tetap menjaga hubungan sosial dengan teman.

Beri Komentar