Bikin Dapur Jadi Lebih Nyaman, Ternyata Ini 3 Poin Penting yang Harus Diperhatikan

Reporter : Wuri Anggarini
Rabu, 15 Juni 2022 09:00
Bikin Dapur Jadi Lebih Nyaman, Ternyata Ini 3 Poin Penting yang Harus Diperhatikan
3 poin penting ini yang bisa jadi bahan pertimbanganmu, Sahabat Dream!

Kalau diingat-ingat, berapa lama sih waktu yang dihabiskan ketika beraktivitas di dapur? Mulai dari menyiapkan makanan, mencuci peralatan masak dan makan, hingga sebagai tempat penyimpanan, dapur memiliki banyak peran yang membuatmu bisa menghabiskan waktu yang cukup lama di sana. Inilah yang membuat pentingnya memperhatikan kenyamanan di area tersebut.

Membuat dapur terasa nyaman bisa menjadi mood booster tersendiri ketika harus beraktivitas di dalamnya. 3 poin penting ini yang bisa jadi bahan pertimbanganmu, Sahabat Dream!

1 dari 3 halaman

Pastikan Dapur Selalu dalam Keadaan Rapi dan Bersih

Bikin Dapur Jadi Lebih Nyaman, Ternyata Ini 3 Poin Penting yang Harus Diperhatikan© Shutterstock

Hal pertama yang perlu diperhatikan jika ingin nyaman saat melakukan kegiatan di dapur adalah memastikan area yang satu ini selalu dalam keadaan rapi dan bersih. Jadi, bersihkan dapur secara berkala terutama setelah digunakan untuk memasak.

Selain itu, tata barang-barang sedemikian rupa untuk membuatnya tetap rapi. Masukkan unsur pemanis tambahan di area tersebut, misalnya dengan memilih perabotan yang simpel dan minimalis yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang ada di dalamnya.

2 dari 3 halaman

Buat Sistem Zona yang Memudahkanmu

Bikin Dapur Jadi Lebih Nyaman, Ternyata Ini 3 Poin Penting yang Harus Diperhatikan© Shutterstock

Saat menjadikan dapur sebagai tempat penyimpanan, jangan lupa untuk menerapkan sistem zona. Hal ini seringnya terabaikan, tapi sebenarnya punya manfaat penting agar barang-barang yang ada di dalam dapur jadi lebih terorganisir. Bagaimana cara penerapannya?

Bagi dapur menjadi 3 bagian, yaitu zona primer, sekunder, dan tersier. Khusus zona primer adalah untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan sehari-hari. Mulai dari piring, bumbu dapur, bahan makanan yang biasa digunakan sehari-hari, hingga peralatan masak yang paling sering dipakai. Jadikan zona primer sebagai area paling mudah diraih. Tolok ukurnya adalah mudah dijangkau dan terletak di area dekat kompor.

Selanjutnya adalah zona sekunder yang bisa digunakan untuk menyimpan benda-benda yang digunakan cukup rutin tapi nggak setiap hari. Misalnya saja panci presto atau wok pan yang hanya dipakai saat ingin menyajikan hidangan tertentu. Zona sekunder memiliki posisi yang sedikit di belakang zona primer. Untuk mengambil barang yang dibutuhkan cukup dengan meluruskan tangan saja, nggak perlu berjinjit apalagi naik kursi sehingga memudahkan kamu dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Terakhir adalah zona tersier, di mana kamu menyimpan barang-barang yang hanya digunakan untuk acara spesial saja. Misalnya saja aneka piring saji cantik, panci penghangat, dan barang-barang lain yang hanya keluar jika ada acara spesial di rumah. Karena jarang digunakan, kamu bisa meletakkannya di area yang tersembunyi.

3 dari 3 halaman

Pencahayaan yang Nggak Boleh Terlewatkan

Bikin Dapur Jadi Lebih Nyaman, Ternyata Ini 3 Poin Penting yang Harus Diperhatikan© Shutterstock

Kenyamanan dapur juga tergantung pada sistem pencahayaan yang ada di dalam ruangan tersebut. Dapur yang gelap dan minim cahaya alami bisa membuatmu jadi malas melakukan aktivitas. Selain itu, pencahayaan juga berpengaruh pada hidangan yang disajikan, lho.

Misalnya saja, saat menggoreng ayam atau nugget yang biasanya berpatokan pada warna kuning kecokelatan, karena cahaya alami kurang baik bisa-bisa malah membuat masakan gosong.

Selain memperhatikan cahaya alami, jangan lewatkan juga cahaya lampu yang menjadi penerangan pada area tersebut. Idealnya, lampu yang memiliki sentuhan warna cokelat muda atau putih bisa memberikan kesan nyaman. Tapi, semua hal tersebut bisa kembali disesuaikan kepada pemiliknya, kok.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat dapur tetap nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar