Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

12 Cara Mengecilkan Betis Besar dengan Cepat, Efektif, dan Murah

12 Cara Mengecilkan Betis Besar dengan Cepat, Efektif, dan Murah Ilustrasi Hijab Sporty (Foto: Shutterstock)

Dream - Sudah menjadi kodrat wanita ingin punya bentuk kaki yang indah. Mulai dari paha hingga jari kaki. Nah, salah satu bagian kaki yang sering jadi masalah bagi wanita adalah betis yang besar.

Tidak semua wanita punya betis yang indah. Karena kebanyakan memiliki bentuk betis yang besar. Selain mengurangi kepercayaan diri, betis yang besar bisa menyulitkan kaum wanita memakai bawahan.

Betis yang besar akan membuat seorang wanita merasa minder. Mereka jadi tidak percaya diri dengan betis yang besar karena setiap memakai celana jeans jadi terlihat tidak bagus.

Bukan hanya itu, betis yang besar bisa mengganggu penampilan saat memakai rok panjang dengan belahan di belakang. Apalagi ketika mengenakan rok pendek, betis yang besar akan terlihat lebih jelas.

Betis

(Foto: Freepik)

Karena menjadi masalah bagi sebagian wanita, maka cara mengecilkan betis yang besar dengan cepat dan efektif jadi pilihan yang banyak dicari.

Cara mengecilkan betis yang besar dengan cepat dan efektif ini bisa kamu lakukan dengan mengunjungi gym atau pusat kebugaran.

Di sana, kamu bisa menggunakan berbagai cara mengecilkan betis secara alami menggunakan alat-alat olahraga yang tersedia.

Selain itu cara mengecilkan betis yang besar di gym mungkin lebih mudah karena ada instruktur yang bisa memberikan latihan-latihan yang diperlukan.

Sayangnya, untuk mengecilkan betis dengan cepat dan efektif di gym ini membutuhkan biaya yang lumayan mahal.

Namun Sahabat Dream tidak usah khawatir karena sebenarnya ada banyak cara mengecilkan betis yang besar dengan cepat, efektif dan murah.

Kamu bahkan bisa mengecilkan betis yang besar sendiri di rumah tanpa perlu repot pergi ke gym dan membayar biaya keanggotaannya setiap bulan.

Tetapi, sebelum membahas cara mengecilkan betis dengan cepat dan murah, kamu sebaiknya tahu penyebab betis menjadi besar.

Penyebab Betis Menjadi Besar

Ukuran betis setiap orang memang berbeda-beda. Tidak ada ukuran betis yang sama. Gaya hidup dan aktivitas sehari-hari bisa menyebabkan betis menjadi besar.

Kesalahan saat berolahraga dan naiknya berat badan mungkin jadi penyebab betis menjadi besar. Selain itu, gizi buruk dan sirkulasi darah yang tidak lancar juga menjadi penyebab betis menjadi besar.

Penyebab betis menjadi besar lainnya adalah menumpuknya lemak di kaki dan penyakit. Terkadang, punya betis yang besar tergantung dari gen turunan.

Namun, dari semua masalah betis menjadi besar tersebut bukan berarti kamu tidak bisa mengecilkannya. Karena itu tidak ada salahnya untuk menerapkan cara mengecilkan betis yang besar dengan cepat, efektif dan murah.

12 Cara Mengecilkan Betis yang Besar dengan Cepat, Efektif dan Murah

1. Hindari Kegiatan yang Membuat Otot Kaki Bekerja Keras

Cara mengecilkan betis yang besar hindari aktivitas mendaki gunung.

Salah satu cara mengecilkan betis yang besar dengan efektif dan murah adalah menghindari aktivitas yang memberatkan otot kaki. Misalnya aktivitas yang memaksa kaki untuk menanjak seperti naik tangga atau mendaki.

Olahraga seperti latihan ketahanan, lompat tali, dan olahraga berat lainnya juga memicu betis makin membesar. Ini karena aktivitas tersebut akan membangun massa otot di area betis.

2. Melakukan Squad Samping

Cara mengecilkan betis dengan cepat bisa dengan melakukan Squad Samping. Yaitu, dengan membuka kaki lebar-lebar. Sambil menahan kuda-kuda tersebut, katupkan kedua tangan di depan dada. Jinjitkan kaki secara bergantian hingga kamu merasa lelah.

3. Tidak Terlalu Sering Memakai Alas Kaki Berhak Tinggi

Cara mengecilkan betis yang besar minimalisir pemakaian high heels.

Cara mengecilkan betis selanjutnya adalah meminimalisir penggunaan alas kaki yang memiliki hak tinggi. Seperti diketahui, alas kaki berhak tinggi sebenarnya tidak bisa menopang otot betis dengan benar. Stiletto dan jenis high heels lainnya akan membuat tubuh bertumpu pada pangkal jari kaki saat berdiri atau berjalan. Posisi seperti itu malah membuat stres pergelangan kaki dan betis.

4. Duduk di Kursi dengan Dua Buah Dumbell di Tangan

Salah satu olahraga yang bisa digunakan untuk mengecilkan betis adalah dengan duduk di kursi dengan dua buah dumbell di tangan. Kemudian angkat kedua tangan ke depan sambil kaki berjinjit. Tahan 2-3 detik, turunkan. Ulangi terus hingga beberapa kali sambil mengatur nafas. Latihan ini akan membuat otot betis jadi kencang.

5. Melakukan Gerakan Standing Calf Raise

Cara mengecilkan betis yang besar dengan standing calf raise

Ini adalah salah satu cara mengecilkan betis yang besar secara mudah dan murah. Sahabat Dream hanya perlu berdiri sambil berjinjit-jinjit. Olahraga mengecilkan betis ini bahkan bisa kamu lakukan sambil menonton TV. Berdiri dengan kaki datar, lalu berjinjit dan tahan 5 detik. Kembali ke posisi semula selama 5 detik. Jinjit lagi dengan durasi yang sama. Lakukan begitu seterusnya. Kamu bisa melakukan pengulangan ini sebanyak 5-10 kali.

6. Memutar Pergelangan Kaki Setiap Malam Sebelum Tidur

Cara mengecilkan betis ini adalah sambil duduk tegak di atas kursi, putar pergelangan kaki kiri searah jarum jam secara perlahan. Lakukan sebanyak 6 kali, ulangi dengan arah berlawanan. Terapkan juga pada kaki kanan agar sirkulasi darah keduanya lancar.

7. Memilih Olahraga yang Tepat

Untuk mengecilkan betis yang besar, kamu bisa memilih olahraga yang tepat dengan durasi sekitar 30-60 menit per hari. Olahraga tersebut di antaranya berenang, berjalan, bersepeda, aerobik, cross-training, kardio dan elliptical trainer. Semua olahraga tadi tak hanya melangsingkan betis tapi juga membakar lemak di tubuh.

8. Melakukan Jogging

Cara mengecilkan betis yang besar dengan olahraga jogging.

Jogging bisa menjadi alternatif untuk mengecilkan betis yang besar dengan mudah dan murah. Kamu bisa berlari dengan kecepatan pelan, namun dengan jarak panjang. Lakukan 45-60 menit setiap pagi saat perut masih kosong agar lemak tubuh terkikis habis.

9. Menahan Berat Tubuh dengan Satu Kaki

Cara mengecilkan betis secara alami selanjutnya adalah menahan berat tubuh dengan satu kaki. Caranya, tekuk lutut dan turunkan tubuh sambil tangan menyentuh lantai dan kaki terangkat ke belakang. Lakukan dengan cepat, secara bergantian kaki kanan dan kiri. Selain melatih pengencangan otot, latihan ini juga membakar lemak di betis.

10. Memerhatikan Menu Makan

Menu makan yang sehat dan alami.

Tidak hanya olahraga, cara mengecilkan betis yang besar juga bisa dengan memerhatikan menu makan. Jangan harap betis kaki bisa langsing bila Sahabat Dream selalu mengonsumsi makanan berlemak. Karenanya, kurangi makanan asin dan manis, kue, es krim, maupun minuman tinggi kalori. Pilih makanan sehat dan alami yang kaya protein dan serat. Perbanyak konsumsi makanan tinggi potasium seperti edamame, alpukat, pisang, bayam, hingga dada ayam. Potasium mampu menyerap sodium yang seringkali menjadi pemicu kaki lebih bengkak. Disarankan minum air hangat daripada air dingin untuk mencegah kaki bengkak.

11. Melakukan Pijat Refleksi

Cara mengecilkan betis yang besar dengan pijat refleksi.

Beberapa titik pada kaki merupakan titik akupuntur yang bisa membantu mengecilkan kaki saat dipijat. Dikenal dengan nama kandung kemih 40, titik ini terletak di tepat di tengah-tengah depresi di bagian belakang lutut. Serta di antara pergelangan kaki dan lutut, untuk lebih tepatnya di tengah-tengah bagian bawah otot betis. Tekan titik-titik ini selama tiga detik sambil menarik nafas. Setelah itu lepaskan sambil menghembuskan nafas selama tiga detik. Ulangi sebanyak tiga kali.

12. Melakukan Peregangan Khusus Kaki

Salah satu gerakan peregangan yang baik untuk mengecilkan kaki adalah wall push-up atau push-up di dinding. Gerakan peregangan khusus kaki lainnya adalah skater jump (lompat dari satu sisi ke sisi yang lain), squat to calf raise (gerakan dari jongkok ke berdiri disertai jinjit), dan tentu saja yoga.

Demikian tadi 12 cara mengecilkan betis yang besar dengan cepat, efektif dan murah. Semua latihan mengecilkan betis ini bisa dilakukan di rumah tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Semoga bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Trik Hilangkan Bau Keringat Pada Pakaian Olahraga dengan Bahan Sederhana

Trik Hilangkan Bau Keringat Pada Pakaian Olahraga dengan Bahan Sederhana

Mencuci pakaian olahraga terkadang butuh cara khusus agar bau keringatnya menghilang. Kamu bisa gunakan bahan alami untuk membuatnya semakin bersih dan wangi.

Baca Selengkapnya
5 Trik Bebas Sembelit Saat Puasa, Perut Jadi Lebih Nyaman

5 Trik Bebas Sembelit Saat Puasa, Perut Jadi Lebih Nyaman

Kadang kita kurang memperhatikan asupan serat saat sahur dan berbuka, sehingga buang air besar jadi sangat sulit atau keras.

Baca Selengkapnya
7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

Tidak sengaja membeli buah mangga yang belum matang sepenuhnya seringkali menjadi tantangan, terutama ketika kita ingin segera menikmatinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bikin Tumis Pare Gurih,  Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Bikin Tumis Pare Gurih, Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Ada banyak variasi tumis pare yang dapat disajikan dengan tambahan berbagai bahan lainnya, sehingga membuat hidangan semakin nikmat.

Baca Selengkapnya
Tips Merebus Gula Merah agar Kental dan Manisnya Pas

Tips Merebus Gula Merah agar Kental dan Manisnya Pas

Berikut ini adalah tips yang bisa dicoba untuk menghasilkan gula merah cair yang kental dan manis pas untuk tambahan hidangan.

Baca Selengkapnya
Sering Cemas? Coba 6 Trik Biar Lebih Tenang

Sering Cemas? Coba 6 Trik Biar Lebih Tenang

Terlalu banyak cemas dan stres bisa berdampak buruk pada kondisi fisik.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
4 Kunci Mengolah Bebek Tidak Amis dan Empuk, Coba di Rumah!

4 Kunci Mengolah Bebek Tidak Amis dan Empuk, Coba di Rumah!

Untuk mengolah dan memasak bebek memang cukup menantang. Jika tidak tepat, dagingnya alot dan berbau amis.

Baca Selengkapnya
Cara Simpan Jagung Mentah, Tetap Segar, dan Bernutrisi

Cara Simpan Jagung Mentah, Tetap Segar, dan Bernutrisi

Nih beberapa tips jitu buat nyimpen jagung yang bisa kalian coba di rumah.

Baca Selengkapnya