Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Lakukan Hal Ini!

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Jumat, 23 Agustus 2019 14:47
Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Lakukan Hal Ini!
Bau ketiak merupakan salah satu gangguan yang sangat dihindari oleh semua orang. Yuk simak cara menghilangkan bau ketiak berikut ini.

Dream Bau ketiak merupakan salah satu gangguan yang sangat dihindari oleh semua orang. Bau tak sedap yang keluar dari badan ini tidak hanya dialami para wanita saja. Pria yang banyak beraktivitas juga akan mengeluarkan keringat salah satunya lewat ketiak. 

Saat bau ketiak tercium, orang yang berada di dekat kamu akan merasa sangat terganggu. Biasanya mereka tak langsung menguarakan keluhan mencium bau yang tidak enak itu. 

Dalam beberapa kasus, anak kecil pun bisa mengeluarkan bau ketiak yang tidak sedap.

Rasa percaya diri kamu pasti akan lansgung luntur saat aroma tak sedap dari bau ketika itu tersebar. Parahnya, kamu bisa saja frustasi karena tak pernah berhasil menghilangkan bau ketika meski sudah mencoba berbagai cara.

Keringat yang keluar dari tubuh sebetulnya kondisi yang wajar. Selain dari ketiak, bau tidak sedap juga bisa muncul dari payudara hingga organ intim.

Tubuh manusia memang memiliki kelenjar keringat yang disebut ekrin serta apokrin. Kedua kelenjar ini berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu tubuh. Keringat beraroma tak sedap biasanya muncul saat bercampur dengan bakteri.

Terdapat berbagai cara menghilangkan bau ketiak yang bisa kalian terapkan. Baik itu dengan menggunakan ramuan hingga menghindari segala pemicunya. Dream telah merangkum informasi cara menghilangkan bau ketiak yang dilansir oleh beberapa sumber. Yuk simak informasi secara lengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Memakai Deodoran atau Antiperspiran

 Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Lakukan Hal Ini!

Cara menghilangkan bau ketiak paling banyak dilakukan orang adalah menggunakan deodorant atau bisa dengan antiperspirant. Deodorant memiliki kandungan bahan yang mampu menutupi bau tidak sedap yang dikeluarkan tubuh pada ketiak seseorang.

Deodorant membuat kulit memiliki tingkat keasaman yang sedikit tinggi sehingga bisa mencegah timbulnya reaksi antara keringat dan baketri.

Selain menggunakan deodorant, kalian juga bisa menggunakan antiperspirant yang merupakan produk dengan bahan aktif seperti alumunium klorida serta alumunium zirconium tetrachlorohydrex.

Kedua kandungan bahan aktif tersebut nantinya mampu untuk mencegah kelenjar aprokin dalam memproduksi keringat yang berlebihan.

2 dari 5 halaman

Menggunakan Pakaian yang Tepat

 Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Lakukan Hal Ini!

Pakaian yang tepat bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau ketiak loh Sahabat Dream. Pilihlah pakaian yang terbuat dari serat alami seperti bahan katun untuk kalian yang memang cenderung memiliki keringat yang berlebihan.

Katun sudah diakui sebagai bahan kain yang bisa menyerap keringat berlebihan dibandingkan polister atau wol. Kain katun juga lebih nyaman karena memberikan sedikit kesempatan kulit untuk bernafas.

Selain bahan, kebersihan pakaian juga jadi kunci cara menghilangkan bau ketiak. Cucilah pakaian kalian hingga bersih dengan menjemurnya di bawah sinar matahari sesaat setelah selesai mencuci. Agar keharumannya bertambah, kamu bisa menambahkan sedikit pewangi saat mencuci.

Pastikan pakaian yang telah dijemut ditempatkan di ruang bersih dan kering agar tidak sarang berkembangnya bakteri baru.

3 dari 5 halaman

Hindari Obat-Obatan Tertentu

 Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Lakukan Hal Ini!

Tahukah kalian? Terdapat beberapa obat yang memberikan efek samping berupa peroduksi keringat menjadi sangat berlebihan. Obat-obatan tersebut meliputi beberapa dari obat penyakit hipertensi dan beberapa obat antidepresan. Dengan adanya produksi keringat yang berlebih, tidak mungkin bagi kalian untuk tidak mengeluarkan bau tidak sedap di tubuh terutama ketiak.

Selain obat-obat tersebut, sebenarnya tidak sedikit dari kalian yang memang terlahir memiliki jumlah keringat yang berlebihan. Keringat berlebih akan cenderung bisa untuk mengeluarkan bau tidak sedap di beberapa bagian tubuh terutama ketiak. Pada dua kondisi tersebut, jika telah dirasa efek yang ditimbulkan sudah semakin parah, kalian bisa konsultasi kepada dokter. Mintalah kepada dokter obat lain yang tidak menghasilkan keringat berlebih seperti sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Menjaga Kebersihan Tubuh

 Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Lakukan Hal Ini!

Penyebab timbulnya bau ketiak adalah bakteri yang telah bereaksi dengan keringat di tubuh kalian. Bakteri biasanya muncul karena banyak kulit mati yang dihasilkan setiap hari menumpuk di tubuh.

Saat tubuh menjadi semakin kotor, bakteri semakin mudah berkembang.

Tak ada cara mencegah lain selain kamu selalu menjaga kebersihan tubuh. Malas menjaga kebersihan tubuh hanya akan membuat bakteri lebih mudah menempel. 

Terapkanlah kebiasaan mandi 2 kali sehari sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak. Jangan asal mandi, gosok tubuh kalian menggunakan sabun secara merata hingga bersih. Jjangan lupa untuk mengeringkan tubuh supaya terhindar dari kulit yang lembab dan menjadi tempat bakteri berkembang biak.

 

 

5 dari 5 halaman

Menjaga Pola Makan

 Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Lakukan Hal Ini!

Cara menghilangkan bau ketiak selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan. Hindari beberapa jenis makanan yang dianggap bisa memicu timbulnya bau pada beberapa bagian tubuh terutama ketiak.

Beberapa makanan tersebut meliputi makanan pedas, makanan panas, bawang-bawangan serta minuman yang bersoda. Dengan menghindari makanan dan minuman tersebut, nantinya akan membantu kalian untuk bisa menghilangkan bau pada ketiak dan beberpa bagian tubuh kalian.
 
(Sah, Sumber: hellosehat)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie