Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Manfaat Minyak Cengkeh bagi Tubuh, Atasi Bau Mulut hingga Bantu Rawat Kulit

7 Manfaat Minyak Cengkeh bagi Tubuh, Atasi Bau Mulut hingga Bantu Rawat Kulit Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)

Dream – Selama ini cengkeh dianggap sebagai salah satu rempah-rempah yang sangat istimewa dalam dunia kuliner. Ada berbagai hidangan yang dimasak dengan menambahkan cengkeh. Misalnya saja sup, brongkos, hingga kue nastar.

Tak hanya memberikan rasa yang nikmat dalam masakan. Rempah yang memiliki nama latin Syzgium aromaticum ini bisa menjadi herbal yang sangat baik untuk mendukung kesehatan, apalagi jika diolah menjadi minyak. Nah, manfaat minyak cengkeh tidak perlu sahabat Dream ragukan lagi.

Di dalamnya terkandung sifat antimikroba, antijamur, antivirus, antiseptik, dan stimulasi yang tinggi. Jadi, tak mengherankan jika minyak cengkeh ampuh menjadi obat yang bisa mengatasi berbagai penyakit.

Daripada makin penasaran, berikut adalah beberapa manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

Manfaat Minyak Cengkeh bagi Kesehatan

Manfaat Minyak Cengkeh bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat minyak cengkeh yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini karena minyak cengkeh mampu membunuh kuman dan memiliki senyawa berupa eugenol yang ampuh dalam mengatasi sakit gigi, sakit gusi, dan sariawan.

Bagi sahabat Dream yang selama ini memiliki keluhan dalam hal bau mulut, bisa mencoba berkumur dengan menggunakan minyak cengkeh serta air hangat. Lakukan hal tersebut sebanyak dua kali sehari agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Melawan Infeksi

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa minyak cengkeh mengandung antiseptik yang bisa diandalkan untuk mengobati luka, infeksi jamur, gigitan serangga, serta terkena sengatan. Namun untuk mengobati luka menggunakan minyak cengkeh perlu juga memerhatikan cara pemakaiannya.

Apalagi jika lukanya cukup serius dan terasa sangat perih. Minyak cengkeh tidak bisa diberikan secara langsung karena bisa membahayakan. Sebaiknya minyak tersebut diencerkan terlebih dahulu dan ditambah dengan minyak almond atau minyak kelapa. Melalui kombinasi minyak tersebut, maka akan mencegah agar kulit tidak terbakar karena penggunaan secara langsung.

Manfaat Minyak Cengkeh bagi Kesehatan

Menguatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh menjadi hal yang sangat penting. Mengingat bahwa dalam melakukan berbagai aktivitas, sahabat Dream bisa saja terpapar virus dan bakteri yang bisa memicu berbagai penyakit.

Namun, dengan memiliki kekebalan tubuh yang baik, keberadaan penyakit bisa dilawan dan mengurangi risiko penyakit tersebut. Salah satu cara untuk menguatkan kekebalan tubuh adalah dengan menggunakan minyak cengkeh.

Minyak ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik dalam melawan serangan radikal bebas. Minyak cengkeh nantinya akan meningkatkan jumlah sel darah putih dan meningkatkan hipersensitivitas tipe tertunda.

Mengobati Sakit Tenggorokan, Batuk, dan Pilek

Manfaat minyak cengkeh lainnya yang istimewa adalah bisa mengobati sakit tenggorokan, batuk, dan pilek. Ya, penyakit-penyakit ini mudah sekali dialami oleh seseorang. Apalagi jika sedang terjadi pergantian musim. Biasanya banyak orang yang mengalami sakit tenggorokan, batuk, dan pilek.

Selain mengobati dengan obat kimia, sahabat Dream juga bisa memanfaatkan minyak cengkeh. Minyak ini ampuh untuk membersihkan saluran hidung dan melegakan saluran pernapasan. Selain itu, minyak cengkeh juga bisa memberikan sensasi rasa dingin di bagian rongga hidung dan tenggorokan.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Jika kondisi ini terjadi, sahabat Dream biasanya akan merasakan sakit di area perut.

Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan obat herbal seperti minyak cengkeh. Perlu kamu ketahui bahwa minyak cengkeh sudah digunakan sejak lama untuk mengobati masalah di bagian pencernaan atau perut.

Keberadaan eugenol lah yang mampu mengatasi gangguan tersebut. Bahkan minyak cengkeh juga bisa membantu untuk mengatasi cegukan dan mabuk saat di perjalanan.

Manfaat Minyak Cengkeh bagi Kesehatan

Merawat Kulit

Manfaat minyak cengkeh juga baik untuk kecantikan kulit. Di mana minyak ini memiliki senyawa yang bernama eugenol dengan sifat antibakterinya. Keberadaan dari kandungan inilah yang bisa diandalkan untuk mengatasi jerawat, mengurangi pembengkakan, dan membunuh bakteri yang menular.

Seperti diketahui bahwa adanya jerawat terkadang membuat seseorang merasa tidak percaya diri ketika bertemu dengan orang lain. Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut, sahabat Dream bisa mencampurkan dua sampai tiga tetes minyak cengkeh murni dengan krim kulit, lalu diaplikasikan secara lembut.

Selain itu, minyak cengkeh juga mampu untuk mengatasi tanda-tanda penuaan, menghilangkan kulit mati, meningkatkan aliran darah, dan meremajakan kulit. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, bisa mencoba menggunakan minyak cengkeh ini.

Merawat Rambut

Siapa yang ingin memiliki rambut cantik? Ya, bagi perempuan rambut adalah mahkota yang harus selalu dirawat agar tetap indah. Salah satu perawatan yang bisa sahabat Dream lakukan adalah dengan menggunakan minyak cengkeh.

Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh ke kulit kepala. Hal ini bisa mengurangi kerontokan rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Bagi sahabat Dream yang memiliki masalah rambut kusam, bisa menggunakan minyak cengkeh yang dicampur dengan minyak zaitun untuk melembapkan rambut.

Agar hasilnya maksimal, kamu bisa membungkus rambut dengan handuk hangat setelah dioleskan minyak cengkeh. Tunggu sekitar 20 menit dan bilas dengan air dingin.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Manfaat Mencuci Beras Sebelum Dimasak untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Mencuci Beras Sebelum Dimasak untuk Kesehatan Tubuh

Sebelum mengolah beras, muncul pertanyaan apakah lebih baik segera memasaknya atau melakukannya pencucian terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya
Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Inilah beberapa manfaat minum air rebusan ketumbar bagi kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
7 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya segar, buah naga kaya akan nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit ringan hingga kronis.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Segudang Manfaat Mandi Sebelum Subuh, Apa Saja?

Segudang Manfaat Mandi Sebelum Subuh, Apa Saja?

Mandi sebelum subuh, memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kebersihan kita loh, Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Keju tidak hanya bisa membuat rasa makanan jadi lebih gurih. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan setelah menyantapnya.

Baca Selengkapnya
Menilik Segudang Manfaat Ceri Hitam yang Baik untuk Tubuh

Menilik Segudang Manfaat Ceri Hitam yang Baik untuk Tubuh

Setiap porsi 20 buah ceri hitam (sekitar 1 cangkir) mengandung.Intip yuk segudang manfaat ceri hitam ini, Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Gak Enakan

NOTED KAK! Gak Enakan

Sahabat Dream pernah nggak sih punya perasaan gak enak minta bantuan atau kasih komentar tapi malah jadi makan hati sendiri?

Baca Selengkapnya