Mengunjungi Masjid Berkubah Emas yang Ikonik di Singapura

Reporter : Dwi Ratih
Sabtu, 2 Maret 2019 23:38
Mengunjungi Masjid Berkubah Emas yang Ikonik di Singapura
Wah ada Masjid Kubah Emas juga di negara singa.

Dream - Masjid bernuansa coklat muda dengan kubah emas di bagian puncaknya ini adalah destinasi wisata wajib bagi moslem traveler di Singapura. Bersahaja di luar dan cantik di bagian dalam.

Inilah Masjid Sultan yang jadi kebanggaan bersama warga negeri Singa.

Keindahan Masjid Sultan membuat kawasan Kampong Glam bagaikan berlian yang harus selalu dijaga. Terbukti lingkungan sekitarnya selalu rapi, bersih dan nyaman meski ramai dengan wisatawan yang memenuhi deretan restoran untuk bersantap makanan halal Singapura yang mudah ditemui.

Tertarik untuk menjelajahi Masjid Sultan saat liburan ke Singapura? Cari tahu lagi fakta uniknya yuk!

Memiliki Ikatan Sejarah dengan Indonesia

 © tih.stb.gov.sg

Sebelum berdiri megah dan mendapatkan berbagai penghargaan, masjid ini memiliki desain arsitektur Jawa dengan bentuk atap limasnya yang bersusun tiga. Ratusan tahun silam, masjid ini memang dibangun oleh masyarakat pedagang muslim dari Jawa sehingga ada ikatan kuat antara Indonesia dan Masjid Sultan Singapura.

Kini Masjid Sultan memiliki ruang utama dengan luas sekitar 2000 meter persegi. Jelajahilah ruang demi ruang di sana. Lihat bagian tiang-tiang penyangganya yang saling menyambung tidak membuat ruangan menjadi sempit.

Nuansa ini didukung oleh pemilihan warna untuk interior masjidnya. Terutama bagian mihrab yang berbalut warna hijau muda dengan ornamen yang diberi sentuhan warna emas.

Desain Megah, Ratusan Botol Kaca Disumbang untuk Kubah

 ©stb.gov.sg

Masjid ini disebut sebagai salah satu bangunan bersejarah karena telah dibangun sejak 1824. Desainnya megah dan mewah namun menjadi saksi turut andilnya seluruh masyarakat muslim Singapura.

Dana pembangunannya dibantu oleh Pemerintah Inggris, namun di bagian kubahnya ternyata ada sebuah cerita.

Kalau sedang berkunjung ke Masjid Sultan, lihatlah ke bagian kubah yang berbentuk bawang. Dasar kubah yang berwarna hitam itu adalah ujung botol kaca sumbangan umat Muslim Singapura yang tidak mampu. Jumlahnya mencapai ribuan!

Inilah wujud kebersamaan yang ditorehkan dalam kubah Masjid Sultan dan menjadi bangunan agama paling mengesankan di sana.

Selalu Bersih dan Terawat

 shutterstock

Foto: Shutterstock

Meski menjadi destinasi wisata muslim unggulan yang banyak dikunjungi wisatawan, Masjid Sultan selalu tampak bersih dan terawat. Wisatawan bisa berfoto di depan bangunan masjid, juga bisa masuk ke dalamnya untuk membaca informasi sejarah berdirinya Masjid Sultan.

Titik Utama Muslim di Singapura

 ©stb.gov.sg

Pada tahun 1975, Masjid Sultan Singapura dikukuhkan sebagai monumen nasional. Seiring dengan berjalannya waktu, masjid pun mengalami berbagai proses renovasi namun lingkungan sekitarnya tetap dipertahankan.

Seperti nama-nama jalannya yang klasik, juga bangunan raksasa dan modern.

Saat berkunjung ke Singapura, cobalah merasakan sendiri aura Masjid Sultan yang bersahaja. Meski diapit Parkview Square, Golden Landmark Hotel, Raffles Hospital, Bugis Junction, dan Hotel Inter-Continental. Kegiatan harian di dalam masjid pun tidak terpengaruh.

Selain kegiatan harian salat rutin lima waktu dan salat Jumat, masjid Sultan rutin mengadakan kajian harian serta menerima kunjungan wisata.

Tidak hanya itu, untuk mempermudah memahami sejarah dan wawasan tentang keislaman, pengurus Masjid Sultan menyediakan pemandu wisata gratis dalam berbagai bahasa. Sangat memudahkan saat kamu menjelajahi masjid ini suatu hari nanti.

Di hari biasa, deretan café dan restoran di kawasan Masjid Sultan berpadu dengan harmonisnya. Wisatawan biasanya melepaskan lelah sejenak mencicipi berbagai sajian khas Singapura yang dijajakan di sana.

Area kuliner di sini biasanya cukup ramai jelang sore hari. Deretan bangku-bangku ditata apik di pedestriannya dan prawusajinya dengan ramah menawarkan berbagai menu andalan restorannya.

 ©stb.gov.sg

Serunya lagi, saat bulan Ramadan tiba, kawasan Masjid Sultan ramai dengan bazaar beratapkan tenda yang berjualan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Asyiknya makanan yang ada di bazaar ini tidak hanya dari Singapura saja.

Kamu bisa menemukan makanan ala Timur Tengah, India, hingga Indonesia saat ngabuburit di sana.

Masjid Sultan memang luar biasa menarik untuk dijelajahi setiap saat. Apalagi cukup mudah dijangkau dengan naik MRT jalur hijau EW12 atau jalur biru DT14.

Turun di Stasiun Bugis dan pilih pintu keluar menuju Halte Bus Kota. Alamat tepat Masjid Sultan Singapura sangat mudah dijangkau, tepatnya 3 Muscat Street, Singapura 198833. Cocok kan memasukkan destinasi ini dalam itinerary kunjunganmu ke Singapura?

So, jangan hanya melihat-lihat, jadilah penjelajah dan nikmati sisi terbaik lainnya dari Singapura. Cari tahu info lebih lengkap tentang destinasi favorit di Singapura dengan klik di sini.

 STB

Beri Komentar
TOP 3 I PM Selandia Baru Ucap Assalamualaikum