Muslimarket.com
Dream - Kemajuan teknologi makin menarik minat para pegiat bisnis untuk mengembangkan usahanya. Seperti yang dilakukan Pramadita Tasmaya, yang pada akhir April lalu memperkenalkan Muslimarket.com sebagai e-commece pertama yang memadukan aktivitas belanja dengan membantu pemberdayaan komunitas muslim di Indonesia.
" Latar belakang didirikan Muslimarket.com sendiri berawal dari brainstorming dengan teman-teman pada akhir tahun lalu. Indonesia ini memiliki 200 juta penduduk yang mayoritas muslim dan terbesar di dunia. Saya melihat mereka banyak melakukan pemberdayaan umat secara masing - masing," jelas Pramadita saat soft launching Muslimarket.com di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Rabu 24 Juni 2015.
Diakui Pramadita, saat ini Indonesia sudah menjadi kiblat muslim dunia. Tidak hanya di bidang fesyen tapi sudah berkembang ke arah makanan halal. Sedangkan 30 persen pasar dikuasai oleh kalangan menengah. Potensi ini dimanfaatkannya untuk membentuk sebuah bisnis online.
" Semua negara melihat Indonesia tapi belum ada anak bangsa yang bikin bisnis online besar kan selama ini. Semuanya selalu dari luar. Jadi lewat Muslimarket.com ini harapannya Indonesia bisa jadi barometer bisnis muslim dunia," tambahnya lagi.
Lewat e-commerce, Pramadita mencoba membuat entitas online yang mengusung misi pemberdayaan pada umat muslim.
" Tidak hanya bisnis yang profit oriented tapi bagaimana usaha ini nanti bisa jadi berkah untuk semua orang. Setiap mereka melakukan transaksi bisa sekalian bersedekah yang akan disalurkan lewat Bazarnas dan dompet dhuafa," ungkapnya menambahkan.
Lewat dana infaq sebesar 2,5 persen dari besarnya transaksi, mereka mencoba membantu mengembangkan usaha para UKM yang dibina oleh Bazarnas dan Dompet Dhuafa. Lewat situ nantinya diharapkan usaha ini mampu berkembang hingga bisa menjual berbagai macam produk yang dipertimbangkan di kancah internasional.
" Banyak teman - teman yang bisnis busana mualim di sosmed dan mereka berhasil. Itu kan masih terpisah dan jalan sendiri - sendiri. Nah kita ingin juga lewat e-commerce ini semua bisa didapatkan di sini. Semua bisa membeli kebutuhan muslim yang serba halal," terangnya lagi.
Target pasar sendiri saat ini menyasar masyarakat kelas menengah. " Sekarang kan yang lagi diminati segmentasi syariah dan kami ingin barang - barang yang dijual selektif. Semuanya yang dijual keren dan berkualitas. Kalau saat ini harganya dibuka sekitar 300 ribu rupiah ke atas," tambah pria yang akrab disapa pak Ril tersebut.
Hal tersebut dibuktikan dengan menggandeng selebritis sekaligus desainer busana muslim terkenal Zaskia Adya Mecca.
" Dia belum pernah mengeluarkan desainnya di e-commerce. Dan dia punya potensi yang bisa berkembang hebat. Saat ini dia mengeluarkan rancangan yang limited order," tutupnya kemudian. (Ism)
Advertisement
Tak Cuma Soto Banjar, Ini 5 Kuliner Khas Palangkaraya yang Wajib Dicicipi

Rumah Ini Pakai 1.000 Baterai Laptop untuk Sumber Listrik Selama 8 Tahun

Komunitas RAMAH Jadi Simbol Gerakan Anak Muda Aceh

Awas Jangan Salah Gate! 4 Maskapai Penerbangan Sudah Pindah ke Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta

Tegas! Universitas di Korsel Tolak Calon Mahasiswa dengan Catatan Kekerasan di Sekolah


Dulu Cupu Sekarang Suhu, Kiky Saputri Tantang Menteri Tanding Padel

Riset: Si Paling AI, Orang Indonesia Ngebet Liburan Mancanegara pada Tahun 2026


Rumah Ini Pakai 1.000 Baterai Laptop untuk Sumber Listrik Selama 8 Tahun

12 Rekomendasi Wisata Alam di Aceh yang Bisa Jadi Wish List Liburan Akhir Tahun

Kisah Raihan Jouzu, Siswa SMP Ciptakan Bikin Spidol dari Kulit Bawang Putih

Tak Cuma Soto Banjar, Ini 5 Kuliner Khas Palangkaraya yang Wajib Dicicipi