Panas Matahari Diubah Jadi Listrik? Bantu Anak Pahami Prosesnya

Reporter : Wuri Anggarini
Rabu, 24 Maret 2021 09:00
Panas Matahari Diubah Jadi Listrik? Bantu Anak Pahami Prosesnya
Yuk bantu mereka memahami prosesnya dengan menonton tayangan Belajar dari Rumah Episode 49.

Akhir-akhir ini, mulai ramai pemberitaan soal energi alternatif sebagai solusi menipisnya bahan bakar fosil. Energi dari panas matahari termasuk yang banyak dilirik untuk menggantikan minyak bumi, gas alam, maupun batu bara. Bikin anak-anak penasaran, yuk bantu mereka memahami prosesnya dengan menonton tayangan Belajar dari Rumah Episode 49.

1 dari 3 halaman

Sinar Matahari sebagai Energi Alternatif

Kemendikbud© Kemendikbud

Mungkin anak-anak kesulitan membayangkan fakta kalau sinar matahari yang selama ini melimpah, ternyata bisa diubah menjadi energi listrik. Bersifat terbarukan, energi dari sinar matahari ini tidak akan habis terpakai dan lebih ramah lingkungan, karena emisi gas CO2-nya tidak sebanyak pembakaran bahan bakar fosil.

Prosesnya, energi dari sinar matahari akan dikumpulkan dengan menggunakan panel surya, yang berisi sel-sel surya. Bagian inilah yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik dan mulai dimanfaatkan untuk mengeringkan bahan pangan di dalam rumah surya, menjalankan kendaraan listrik, hingga menghasilkan listrik dari pembangkit listrik tenaga surya.

2 dari 3 halaman

Potensi Panas Bumi

Kemendikbud© Kemendikbud

Selain energi listrik dari sinar matahari, ada energi alternatif lainnya yang kini sedang dikembangkan, yaitu panas bumi. Berasal dari inti bumi sejauh 3000 kilometer di dalam tanah, suhunya bisa mencapai 6000 derajat Celcius atau setara dengan 60 kali lipat panas air mendidih.

Nah, panas bumi inilah yang dimanfaatkan oleh kemajuan teknologi, dengan menggali dan membuat sumur panas bumi. Energi yang dihasilkan pun bisa digunakan untuk membangkitkan listrik hingga dipakai oleh pabrik untuk mensterilkan susu sapi agar siap diminum.

3 dari 3 halaman

Aktivitas Seru Dukung Pelajaran

Kemendikbud© Kemendikbud

Sudah belajar tentang energi alternatif? Kali ini program Belajar dari Rumah yang dipandu oleh Kak Lisa ini juga memiliki beberapa segmen. Mulai dari mengenal kosakata baru bersama profesor kata, membedakan energi terbarukan dan tak terbarukan dalam tabel yang lebih mudah dipahami, hingga mengenal trafo dan fungsinya.

Ada beberapa pertanyaan yang diajukan bisa dijawab langsung atau dicatat di buku, ada soal-soal yang bakal menguji pemahaman anak-anak seperti menanggapi bacaan, menggunakan kosakata yang tepat untuk melengkapi kalimat, menghitung, hingga membuat proyek kreatif minggu ini.

Jika sebelumnya membuat infografis tentang proses pembuatan bahan bakar fosil, kali ini Kak Lisa mengajak para siswa kelas 5 untuk membuat menara kincir angin tenaga matahari. Sebagai langkah awal, amati dulu bentuk dan bangun ruangnya dengan mencari informasi di internet.

Lengkap banget pembahasan soal energi alternatif yang ditayangkan di Episode 49 program Belajar dari Rumah. Persembahan spesial dari Kemendikbud, kini para siswa tetap bisa belajar di rumah dengan penuh semangat dan lebih mudah memahami materi pelajaran. Jangan ketinggalan menyimak episode-episode lainnya, yang ditayangkan setiap hari mulai pukul 10.30-11.00 WIB khusus untuk para siswa kelas 5 SD. (eth)

Beri Komentar