Parade Artis Berbusana Muslimah Glamor di JFW 2020

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Sabtu, 26 Oktober 2019 16:15
Parade Artis Berbusana Muslimah Glamor di JFW 2020
Tetap santun, mereka membawa baju rancangan Dini Ira.

Dream - Sejumlah artis melenggang dengan memakai modest wear di pertunjukan UBS Gold x Carendelano, Jakarta Fashion Week (JFW) 2020. Mereka membawa koleksi rancangan Dini Ira.

Keluar dari zona nyaman, Dini Ira menghadirkan busana muslimah bernuansa colorful. Pilihan warna itu didasari oleh arahan stylist Carendelano untuk mengikuti tema kali ini.

Dini menggandeng sejumlah artis untuk menjadi muse dalam membawakan koleksi modest wear. Dua seleb berhijab, Meisya Siregar dan Chacha Frederica turut hadir meramaikan catwalk.

 Meisya Siregar

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Meisya terlihat manis dalam balutan maxi dress berwarna merah putih. Aksen outer dengan kombinasi belt lebar membuat baju terlihat seperti hanbok khas Korea.

Penampilan istri Bebi Romeo dissempurnakan dengan hijab warna peach yang memberi sentuhan segar.

1 dari 5 halaman

Chacha Frederica

Tak mau kalah, Chacha Frederica melenggang bak seorang ratu di atas runway. Ia tampil glamor dengan gaun beraksen cape siluet lebar.

 Chacha Frederica

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Warna kuning cerah membuat pesinetron 'Bunda' terlihat outstanding. Penampilannya dipermanis dengan hijab organza yang dibentuk pita.

Beberapa artis lain juga tampil santun dengan modest wear walau tanpa mengenakan hijab. Seperti Ussy Sulistiawaty yang terlihat fierce dalam busana ruffle blazer lengan panjang.

 ussy sulistiawaty

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Sederet aksesori emas khas UBS Gold membuat istri Andhika Pratama terlihat makin cetar.

2 dari 5 halaman

Artis Senior

Artis berdarah Sunda, Maudy Koesnaedi turut melenggang di panggung JFW. Masih dari koleksi yang sama, ia tampil serba tertutup dengan cape dress bersiluet oversized warna fuschia.

 maudy koesnaedi

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Tak hanya artis, Dini Ira juga menggandeng sosialita untuk membawakan busana. Salah satunya sahabat karib Nikita Mirzani, Fitri Salhuteru.

Ia tampil memikat dengan jumpsuit dan turban berwarna merah menyala.

 Fitri Salhuteru

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

3 dari 5 halaman

Parade Fashion Upcycling Ramah Lingkungan JFW 2020

Dream - Upcycling merupakan salah satu langkah dalam fashion circular economy, barang yang sudah ada akan dimodifikasi dan didesain ulang sehingga menjadi baru dan menarik lagi.

Layaknya memberikan kesempatan ke dua kepada setiap produk fashion, Tinkerlust mengadakan fashion show bertajuk " A Story of Second Chances" di Jakarta Fashion Week (JFW 2020).

  Tinkerlust

Foto: Deki Prayoga/Dream

Tinkerlust menggandeng tiga merek lokal yaitu Alexalexa, Jenahara by Jenahara Nasution, serta brand anyar garapan fotografer Hakim Satriyo dan desainer Riyam Dayani, Sebe11as (Sebelas Sebelas).

" Sampah fashion merupakan terbesar ke dua setelah industri minyak dan gas. Koleksi ini kemudian terinspirasi dari keinginan kita untuk mengurangi sampah fashion tersebut dengan melakukan upcycling," kata Aliya Amitra, COO dan Co-Founder Tinkerlust, di Senayan City, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019. 

  Tinkerlust

Foto: Alfi Salima Puteri/Dream

4 dari 5 halaman

Kurasi Busana

Pada kesempatan ini, ketiga desainer tersebut mengolah beberapa ​preloved ​items dari website dan featured seller.

" Barang-barang ini kemudian didesain ulang sesuai ciri khas masing-masing desainer dan diinkorporasikan ke dalam koleksi. Sehingga barang-barang tadi tidak akan menjadi tumpukan sampah, namun dapat menjadi warna baru dalam koleksi ​wardrobe ​kita," kata Samira Shihab, CEO dan Co-Founder Tinkerlust.

  Tinkerlust

Foto: Deki Prayoga/Dream

5 dari 5 halaman

Kreasi Jenahara

Menurut Jenahara Nasution, tingginya minat konsumen mendorong desainer dan brand fashion untuk mengeluarkan koleksi terbaru. Namun sayangnya, banyak orang yang lupa akan sampah yang dihasilkan dari proses produksi fashion.

  Tinkerlust

Foto: Deki Prayoga/Dream

Selain melakukan teknik ​upcycling, Jenahara juga menggunakan kain sisa dari koleksi-koleksi sebelumnya. Bukan sembarang baju, Jenahara melakukan ​upcycling dari busana milik ​influencers seperti Lizzie Parra, Andra Alodita, Ucita Pohan, Anissa Aziza, Kalula, dan Agla Artalidia.

  Tinkerlust

Foto: Deki Prayoga/Dream

Sebagian besar koleksi " A Story of Second Chance" juga akan tersedia untuk dibeli melalui website Tinkerlust.com usai perhelatan JFW 2020. Sebagian dari hasil penjualan tersebut akan disumbangkan melalui yayasan amal Sekolah Kami.

Laporan: Alfisalima Puteri

Beri Komentar
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?