Rezky Aditya Bersedia Jalani Tes DNA, Berapa Biayanya di Indonesia?

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 31 Mei 2022 06:48
Rezky Aditya Bersedia Jalani Tes DNA, Berapa Biayanya di Indonesia?
Beberapa rumah sakit di Indonesia memiliki layanan tes DNA.

Dream - Kasus hukum Rezky Aditya yang digugat oleh Wenny Ariani, berujung pada kesediaannya untuk tes DNA. Rezky dengan lewat Youtube channel pengacaranya, Ana Sofia Yuking, mengungkap akan melakukan tes DNA untuk mengetahui status anak dari Wenny.

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi Banten memutuskan secara hukum kalau putri dari Wenny adalah anak biologis Rezky tanpa hasil tes DNA. Setelah sempat bungkam, akhirnya Rezky berbicara kalau dirinya akan menjalani tes DNA.

Penasaran seperti apa tes DNA dilakukan dan biayanya? Berikut ulasannya.

Tes DNA (deoxyribonucleic acid) merupakan tes yang sering dilakukan untuk membuktikan secara genetik terkait garis keturunan. DNA (deoxyribonucleic acid) atau asam deoksiribonukleat, terdapat pada inti sel dan mitokondria sel manusia.

DNA, dikutip dari KlikDokter, membentuk suatu kesatuan untaian yang disebut kromosom di dalam inti sel. Setiap manusia memiliki setengah pasang kromoson dari ayah dan setengah pasang kromosom dari ibu.

Hal inilah yang berdampak pada setiap individu membawa sifat yang diturunkan baik dari ibu maupun ayah. Dengan melakukan Tes Paternitas ataupun Tes Maternitas, dapat dilakukan pembandingan pola DNA pemilik DNA yang diselidiki dengan DNA kedua orangtua.

 

1 dari 4 halaman

Sampel DNA

Hampir semua sampel biologis dapat dipakai untuk tes DNA. Mulai dari sel mukosa di pipi bagian dalam, darah, kuku, sampai rambut. Sampel yang paling efektif adalah darah karena terdapat banyak DNA.

Proses pengambilan sampel kini sudah sangat canggih. Berkat kehadiran teknologi yang dapat menggandakan sampai jutaan kali fragmen suatu DNA yang akan diperiksa, sampel dapat diambil dari fragmen sampel terkecil sekalipun.

DNA juga bisa ditemukan di dalam yaitu bagian dari sel yang menghasilkan energi yakni mitokondria. Keunikan pola pewarisan DNA mitokondria menyebabkan DNA ini dapat digunakan sebagai penanda untuk mengidentifikasi hubungan kekerabatan secara maternal/garis ibu. Jika dikerjakan dengan standar operasi prosedur yang sistematis tepat dan benar. Tes DNA memberikan hasil lebih dari 99,99 persen probabilitas akurat.

 

2 dari 4 halaman

Konsultasi dan Izin

Sebelum seseorang menjalani tes genetik, penting untuk memahami prosedur pengujian, manfaat, dan batasan tes, serta kemungkinan konsekuensi dari hasil tes. Mereka yang ingin melakukan tes DNA hrus melakukan konsultasi lebih dulu.

Proses edukasi tentang tes DNA harus dilakukan secara komprehensif. Ini termasuk perizinan dalam persetujuan yang diinformasikan dan etika. Terkait hasil tes DNA, waktunya bisa menghabiskan beberapa minggu hingga bulan untuk mendapatkan hasil.

Tes DNA memang memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi untuk bisa sampai mendapatkan hasilnya. Diperlukan ketelitian luar biasa supaya hasilnya tidak salah. Untuk proses tes DNA ini memerlukan waktu bisa hitungan minggu atau bulan.

 

3 dari 4 halaman

Bisa untuk skrining Penyakit

Sebagian besar orang menganggap kalau tes DNA hanya untuk mengonfirmasi garis keturunan, padahal fungsinya jauh lebih banyak. Tes ini punya beragam tujuan yang berhubungan dengan hal medi.
Tes DNA juga sering digunakan untuk mengetahui risiko penyakit keturunan. Selain itu, bisa menilai dan menganalisis segala kemungkinan pada bayi yang belum lahir.

" Tes DNA bisa untuk mengetahui penyakit turunan, risiko berkembangnya penyakit menurun, dan identifikasi relatif yang belum diketahui,” ujar dr. Adeline Jaclyn, dikutip dari KlikDokter.com

Bisa juga menilai kemungkinan masalah dalam rencana kehamilan atau bayi yang belum lahir. Termasuk menilai risiko penyakit tertentu seperti diabetes.

 

 

4 dari 4 halaman

Biaya Tes DNA di Indonesia

Untuk harga, ternyata berbeda-beda tergantung detail pemeriksaan DNA yang diinginkan. Dikutip dari Lifepal.co.id, untuk tes genetik secara menyeluruh, harga yang ditawarkan untuk satu kali tes DNA adalah Rp8 juta.

Untuk harganya ada yang mematok Rp6,5 juta hingga Rp10 juta. Berikut harga tes DNA di rumah sakit besar di Indonesia.

Harga tes DNA© LIfepal

Beri Komentar