Tampilan Busana Nusantara di Pernikahan Kahiyang-Bobby

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 8 November 2017 09:07
Tampilan Busana Nusantara di Pernikahan Kahiyang-Bobby
Para saksi yang bukan berasal dari Jawa mengenakan busana adat masing-masing.

Dream - Pernikahan Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu hari ini, 8 November 2017, dilangsungkan secara meriah di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah. Sebelum memasuki gedung tempat akad nikah, pasangan yang bertemu di kampus IPB ini diarak dengan kereta kencana dan dikawal oleh sejumlah polisi yang berpakaian adat.

Sesampainya di gedung, keduanya langsung bersiap untuk melangsungkan prosesi sakral Ijab Kabul. Pembawa acara pun langsung memandu acara dengan bahasa Jawa.

Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang didaulat sebagai saksi juga sudah siap di meja akad. Uniknya, beliau tak mengenakan pakaian adat Jawa, tapi menggunakan pakaian ala Bugis.

Saksi dari pihak Bobby, Darmin Nasution yang merupakan Menko Perekonomian, menggunakan pakaian adat Sumatera Utara. Pasangan pengantin sendiri menggunakan busana Jawa Klasik, berupa beludru warna hitam.

Busana Kahiyang sendiri dibuat oleh perancang asli Solo, Hanif Aisyah. Untuk dandanan akad nikah kali ini, Kahiyang tampil dengan Solo Putri. Sang mempelai memakai tata rias warna hitam pekat pada dahi.

Diletakkan sebuah aksesori yang disebut Melati Tibo Dodo yang dironce dan dilengkapi dengan hiasan cunduk sisir serta cunduk mentul. Sementara tata rias wajah dan rambut pengantin pria terinspirasi dari Raja Keraton Kasunanan Surakarta.

Di atas kepala, pengantin pria mengenakan Kuluk Kanigoro (semacam topi) dengan garis-garis berwarna kuning yang disebut Tarak. Perhiasan yang ada di atas Kuluk disebut Nyamat.

Pengantin pria juga mengenakan bunga yang disebut Sumping yang terbuat dari bunga melati setengah mekar dan ditusuk dengan lidi. Sumping tersebut dikenakan pengantin pria dengan cara diselipkan pada telinga kiri dan kanan. (ism)

Beri Komentar