Tenggorokan Kering dan Sakit Saat Puasa? Jangan Dulu Berbuka

Reporter : Glugut Hari Pamungkas
Rabu, 21 Juni 2017 11:15
Tenggorokan Kering dan Sakit Saat Puasa? Jangan Dulu Berbuka
Agar tetap dapat menjalankan ibadah puasa, coba deh lakukan beberapa kiat jitu ini.

Dream - Membatasi asupan makanan dan minuman selama puasa membawa dampak yang kurang baik bagi tubuh, salah satunya tenggorokan kering dan sakit. Kurangnya cairan dalam tubuh memicu gejala panas dalam dan menurunkan sistem daya tahan tubuh, sehingga rentan mengalami gangguan kesehatan. Agar tetap dapat menjalankan ibadah puasa, coba deh lakukan beberapa kiat jitu ini.

Pilih Makanan yang Tepat

Peradangan di tenggorokan dapat terjadi akibat serangan virus, luka, atau naiknya asam lambung akibat panas dalam. Supaya tidak bertambah parah, pilih menu makanan yang mudah ditelan dan mampu meredakan rasa sakit, seperti sup ayam.

Sebisa mungkin, hindari gorengan yang bertekstur kering dan tajam, yang justru dapat menambah luka. Selain itu, batasi konsumsi makanan berlemak tinggi dan bersantan kental yang akan menurunkan kekebalan tubuh dan menunda proses penyembuhan.

Banyak Minum

Saat berbuka, paling enak meminum minuman dingin dan manis. Eits, jika sedang mengalami sakit tenggorokan, redam dulu keinginanmu untuk mengonsumsi minuman dingin.

Lebih baik, awali dengan meminum air hangat yang dicampur madu dan jeruk, untuk meredakan tenggorokan yang kering dan sakit. Cara ini dapat mengurangi radang dan membantu mengembalikan daya tahan tubuh. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, dengan meminum total 8 gelas air saat sahur maupun berbuka puasa.

Berkumur dengan Air Garam

Air garam terbukti dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Cukup campurkan air hangat dan garam secukupnya, lalu kumur saat sahur, buka puasa, dan sebelum tidur.

Lakukan beberapa detik sambil menengadahkan kepala, tapi jangan menelannya. Pastikan cairan garam menyentuh tenggorokan dan buang airnya.

Menggunakan Ramuan Alami Terpercaya

Jika ingin meredakan sakit tenggorokan yang sering terjadi saat berpuasa, minum saja ramuan tradisional dari bahan alami yang sudah terpercaya. Seperti Larutan Penyegar Cap Badak yang khasiatnya sudah terbukti turun temurun untuk meredakan gejala panas dalam.

Terbuat dari bahan herbal Gybsum Fibrosum dan Galcareus Spar, serta diproses dengan teknologi modern asal Jerman, menghasilkan produk yang terjamin halal dan aman.

Larutan Penyegar Cap Badak© Larutan Penyegar Cap Badak

Facebook.com/larutanpenyegar

Larutan Penyegar Cap Badak dari Sinde ini bisa diperoleh dalam bentuk botol, kaleng, maupun sachet untuk mengatasi tubuh kurang fit, bau mulut, sariawan, bibir pecah-pecah, sembelit, dan radang tenggorokan. Pilihan rasanya pun bervariasi, mulai dari original hingga buah-buahan yang dapat menyegarkan tubuh.

Banyak Istirahat

Agar tetap dapat berpuasa walau sedang mengalami radang tenggorokan, istirahat jadi kunci untuk menjaga daya tahan tubuh. Pastikan tidur selama 7-9 jam sehari dan kurangi bekerja lembur atau terlalu banyak berbicara.

Jika perlu, pasang pelembap udara dan hindari memakai kipas angin. Apabila memakai pendingin ruangan, atur agar suhunya tidak terlalu dingin dan berhembus kencang ke arahmu, agar peradangan di tenggorokan tidak bertambah parah.

Jangan langsung berbuka saat alami kering dan sakit di tenggorokan. Atasi dengan kiat-kiat jitu ini agar puasa tetap lancar.

Beri Komentar