5 Jenis Kucing Peliharaan, Lucu dan Bersahabat

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Kamis, 29 Oktober 2020 17:03
5 Jenis Kucing Peliharaan, Lucu dan Bersahabat
Siapa sih yang enggak gemas dengan tingkah laku kucing? Kalian pada merasa gemas kan? Yuk kenali jenis kucing peliharaan yang bisa kalian rawat di rumah.

Dream – Memelihara hewan peliharan yang lucu dan menggemaskan merupakan salah satu hiburan yang sangat menyenangkan. Semua orang terutama bagi para pecinta hewan sangat bisa memiliki hewan peliharaan di rumah.

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Tingkah lucu dan menggemaskan yang dilakukan oleh kucing merupakan salah satu daya tarik yang membuat kucing sangat disenangi.

Selain itu, ada satu hal yang paling penting dan utama yaitu kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang halal untuk dipelihara oleh umat muslim.

Dalam ajaran agama Islam, kucing merupakan hewan kesayangan Rasulullah. Hal ini tertuang di dalam salah satu hadis, Rasulullah bersabda “ seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang ia ikat dan tidak diberikan makan, bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai” (HR. Bukhari).

Kucing sendiri memiliki berbagai macam jenis yang sesuai dengan bentuk dan ras. Pada umumnya, kucing yang memiliki bulu yang lebat dan indah itulah yang paling banyak dipelihara oleh sebagian besar orang.

Berikut informasi mengenai 5 jenis kucing peliharaan yang bisa kalian pelihara di rumah:

1 dari 11 halaman

Jenis Kucing: Anggora

5 Jenis Kucing Peliharaan, Lucu dan Bersahabat© pixabay.com

Jenis kucing angora merupakan salah satu kucing tertua di dunia loh Sahabat Dream. Jenis ini memiliki ciri fisik seperti relative berbadan sedang, bulu yang panjang dan catik serta bentuk kepala seperti segitiga.

Tidak hanya itu saja, kucing angora kabarnya sering dikaitkan dengan mitos legenda di wilayah Turki. Bagi kalian yang telah memiliki jenis kucing angora sebaiknya untuk rajin dimandikan agar si kucing tampak lebih anggun, lincah, energik, dan aktif.

2 dari 11 halaman

Jenis Kucing: Persia

5 Jenis Kucing Peliharaan, Lucu dan Bersahabat© pixabay.com

Jenis kucing Persia lebih identic dengan sebutan si hidung pesek berbulu lebat. Kucing Persia merupakan salah satu jenis kucing yang paling populer sebab bulu yang panjang, lebat, berwajah bulat dan berhidung pesek.

Kucing Persia pertama kali ditemukan di Persia atau Iran, sesuai dengan nama jenis kucing ini.

Kucing Persia ternyata juga masih memiliki golongan lainnya loh Sahabat Dream. Golongan ini berdasarkan bentuk hidung si kucing.

Golongan kucing Persia yaitu Persia Peaknose, Persia Flatnose, Persia Himalaya dan Persia Medium. Kucing Persia memiliki sifat yang cenderung pendiam, penyayang, tidak terlalu aktof dan tentu saja setia.

3 dari 11 halaman

Jenis Kucing: Sphynx

5 Jenis Kucing Peliharaan, Lucu dan Bersahabat© pixabay.com

Siapa nih yang dulu benci dengan wujud dari kucing ini? Memang kucing jenis Sphynx ini populer baru beberapa tahun belakangan ini. Di Indonesia, kucing ini menjadi populer karena salah satu artis Raditya Dika memilih memelihara kucing dengan jenis ini. Tahukah kalian kalau kucing Sphynx termasuk ke dalam barang mewah?

Kucing sphynx merupakan jenis kucing yang memiliki bulu sangat pendek hampir seperti tidak memiliki bulu. Namun, bila kalian lebih memperhatikannya lagi, ada beberapa bagian tubuh kucing Sphynx yang ditumbuhi rambut halus seperti di bagian telinga, kaki, organ vital dan ekornya.

4 dari 11 halaman

Jenis Kucing: Savannah

5 Jenis Kucing Peliharaan, Lucu dan Bersahabat© pixabay.com

Savannah merupakan salah satu jenis kucing yang dijuluki sebagai hewan termahal di dunia. Kucing jenis ini merupakan kucing yang memiliki penampilan liar dan buas.

Namun, jangan khawatir Sahabat Dream, kucing jenis Savvanah ini merupakan kucing tipe bersahabat, ramah dan baik loh. Kucing Savannah memiliki badan yang besar, tinggi, lentur, berbulu tebal, dan ramping.

5 dari 11 halaman

Jenis Kucing: Kucing Kampung

5 Jenis Kucing Peliharaan, Lucu dan Bersahabat© pixabay.com

Salah satu jenis kucing yang paling sering kita jumpai di jalan maupun disekitar rumah adalah jenis kucing yang satu ini. Sebenarnya, jenis kucing ini bukan memiliki nama kucing kampung melainkan memiliki nama ilmiah Felis sivestris Catus atau Felis catus.

Kucing jenis ini ternyata sudah ada paling tidak sejak 6.000 tahun SM loh Sahabat Dream. Untuk merawat jenis kucing ini juga tidak terlalu merepotkan dan memakan banyak uang kok Sahabat Dream.

Bagi kamu pecinta kucing, kini kamu bisa memberikan makanan kucing yang 100 persen halal untuk kucing kesayangan kamu di Muezza Cat Food 

 

(ism, Sumber: Liputan6.com)

6 dari 11 halaman

Muezza, Kucing Kesayangan Rasulullah

Dream – Kucing adalah salah satu hewan yang istimewa dalam Islam. Banyak yang menyukai dan memelihara hewan lucu ini. Rasulullah bahkan memiliki seekor kucing kesayangan bernama Muezza.

Selain itu, kucing juga memiliki keistimewaan lain. Seperti jauh dari sifat najis. Bahkan kucing adalah salah satu hewan suci.

Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa, " Ketika Nabi Muhammad akan berwudu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum di bejana tempat beliau wudhu. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudhu." (HR. Muslim)

7 dari 11 halaman

Kisah Muezza, Kucing Kesayangan Nabi

 

 

Kucing© Pexels.com

Suatu hari Nabi hendak berangkat shalat. Ia pun mempersiapkan diri serta berpakaian yang rapi. Akan tetapi, Nabi Muhammad menemukan Muezza tidur beralaskan jubahnya.

Alih-alih membangunkan peliharaannya, beliau justru memilih memotong sebagian jubahnya dan meninggalkan Muezza yang masih terlelap dalam tidur.

Lalu, sepulangnya dari sholat, Nabi mendapati Muezza sudah terbangun dan bersujud padanya. Ia lalu membalas dengan mengelus tubuh sang kucing sebanyak tiga kali.

Nabi Muhammad selalu berpesan kepada para sabahat untuk menyayangi kucing. Jika memelihara kucing maka harus dirawat dengan baik. Jangan biarkan mereka kelaparan.

Dalam sebuah hadist shahih Al Bukhori, dikisahkan tentang seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucingnya, dan tidak pula melepas kucingnya untuk mencari makan sendiri. Nabi Muhammad pun menjelaskan bahwa hukuman bagi wanita ini adalah siksa neraka.

Betapa berat hukuman bagi mereka yang suka menyiksa kucing dan binatang peliharaan lainnya.

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang begitu istimewa. Beberapa diantaranya adalah:

8 dari 11 halaman

Kucing Bukan Hewan Najis

Dari Abu Qotadah, Rasulullah SAW. bersabda:

“ Kucing ini tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan peliharaan yang sering kita temui dan berada disekeliling kita.” (HR. At-Tirmidzi)

Dan dalam riwayat Abu Daud diceritakan dari Kabsyah binti Ka’ab bin Malik. Wanita ini mengatakan bahwa Abu Qotadah pernah masuk ke rumah, lalu dituangkanlah air wudhu padanya.

Kemudian tiba-tiba datanglah kucing. Bejana air wudu lantas dimiringkan, lalu kucing itu minum dari bejana tersebut. Abu Qotadah pun melihat wanita tadi merasa heran padanya.

Abu Qotadah pun mengatakan, “ Apa kau heran dengan tingkahku, wahai anak saudaraku?” Wanita tersebut lalu menjawab iya.

Lalu Abu Qotadah menyebutkan hadits diatas, tentang kucing yang bukan binatang najis.

9 dari 11 halaman

Kucing sebagai Obat Terapi Mental

Kucing© Pexels.com

Kucing sudah biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Sifat kucing yang setia dan tingkahnya yang lucu, ternyata dapat menjadi salah satu terapi untuk mengobati mental dan emosi.

10 dari 11 halaman

Sebagai Sarana Bersedekah

Sedekah bukannya kepada sesama manusia. Sedekah juga dapat dihitung dari perbuatan baik yang dilakukan kepada makhluk hidup lainya. Salah satunya adalah hewan peliharaan yaitu kucing.

Seperti yang dikatakan dalam hadits berikut:

“ Pada setiap sedekah terhadap makhluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan mendapatkan pahala kebaikan. Seorang musllim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

11 dari 11 halaman

Mengikuti Teladan Rasulullah

 

 

Kucing© Pixabay.com

Telah banyak diceritakan bahwa Rasulullah sangat menyukai kucing. Bahkan beliau juga memelihara seekor kucing.

Untuk itu, dengan memelihara kucing juga sebagai salah satu teladan yang dicontohkan Rasulullah. Namun tak hanya kucing, menyanyangi hewan lain juga harus dilakukan. Jangan pernah menyakiti hewan atau makluk hidup lain.

Hukum memelihara kucing memang diperbolehkan, namun hal tersebut tetap ada batasan-batasannya. Karena segala sesuatunya telah diberikan ketetapan dan ilmunya masing-masing.

Sahabat Dream juga memiliki kucing di rumah? Bagi pecinta kucing, kini kamu bisa memberikan makanan kucing yang 100 persen halal untuk kucing kesayangan di Muezza Cat Food.

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar