5 Penyelenggara MTQ Kepri Positif Covid-19

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 21 September 2020 15:01
5 Penyelenggara MTQ Kepri Positif Covid-19
Tiga orang Dewan Hakim dan dua panitia terkena Covid-19.

Dream - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau menyatakan lima orang penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Provinsi Kepulauan Riau VIII positif Covid-19. Status itu diketahui berdasarkan hasil tes usap (swab) PCR.

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kepri, Tengku Said Arif Fadillah, mengatakan lima orang tersebut tidak semuanya anggota Dewan Hakim MTQ. Dewan Hakim bertindak sebagai juri yang melakukan penilaian atas kemampuan peserta MTQ.

" Memang ada lima orang yang positif Covid-19, tetapi tidak semua juri. Dua lainnya yang terkonfirmasi Covid-19 itu panitia MTQ," ujar Arif, dikutip dari Liputan6.com.

 

 

1 dari 3 halaman

Panitia Telusuri Tim MTQ

Kelima orang tersebut diketahui positif Covid-19 setelah Gugus Tugas menggelar tes usap kepada Dewan Hakim, pendamping, serta peserta MTQ dari daerah yang ditetapkan sebagai zona merah. Arif mengatakan saat ini mereka yang dinyatakan positif Covid-19 sudah ditangani tim medis Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib Tanjungpinang dan kondisinya cukup baik.

Sementara, tim juga melakukan penelusuran kontak erat pasien Covid-19. Pelacakan dijalankan secepat mungkin sehingga tidak mengganggu jalannya MTQ.

" Tim kita bergerak cepat sebagai upaya pencegahan sehingga MTQ tetap terlaksana secara maksimal dengan menegakkan protokol kesehatan," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Muhammad Ali

2 dari 3 halaman

Menteri Agama Fachrul Razi Positif Covid-19

Dream - Menteri Agama Fachrul Razi dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Tetapi, kondisi Fachrul saat ini baik dan fit.

" Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun, Alhamdulillah, kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," ujar Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, melalui keterangan tertulis.

Kevin mengatakan saat ini Fachrul menjalani isolasi. Ini sebagai wujud komitmen Fachrul menaati protokol kesehatan dan memutus penyebaran Covid-19.

" Kami mohon doa dari masyarakat, semoga prosesnya berjalan lancar serta Menag lekas sembuh, semoga hasil swab berikutnya negatif sehingga Menag dapat menjalankan tugas kembali," kata Kevin.

 

3 dari 3 halaman

Fokus ke Isolasi

Juru bicara Kemenag, Oman Fathurahman, menyatakan sementara ini Fachrul fokus menjalani isolasi dan pemulihan kesehatan. Terkait tugas, Fachrul telah berkooordinasi dan mendelegasikannya kepada Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi, dan sejumlah pejabat terkait.

" Pelaksanaan program Kemenag, utamanya dalam ikut mencegah penyebaran Covid-19 di lembaga pendidikan agama dan keagamaan serta lembaga keagamaan menjadi perhatian Menag. Beliau minta agar itu berjalan dengan baik. Bantuan yang disalurkan juga agar tepat sasaran dan akuntabel," kata Oman.

Selain itu, kata Oman, Fachrul juga meminta program dan layanan keagamaan tetap berjalan. Sementara koordinasi tetap berjalan melalui sistem dalam jaringan (daring/online).

Lebih lanjut, Oman mengatakan Fachrul juga mengimbau masyarakat mematuhi anjuran Pemerintah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

" Siapapun bisa terkena Covid-19 ini, tidak ada kecuali, mari kita saling berempati, saling menguatkan, dan berikhtiar dengan mematuhi protokol kesehatan. Semoga pandemi ini bisa segera teratasi," kata Oman.

Beri Komentar