Viral Dinyatakan Positif, Si Wanita Berniat Jalan-jalan ke Mal Tularkan Covid-19

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 21 September 2020 14:59
Viral Dinyatakan Positif, Si Wanita Berniat Jalan-jalan ke Mal Tularkan Covid-19
Hal itu terkuak setelah teman NA yang juga positif Covid-19, LS, mengunggah capture hasil percakapan mereka lewat WhatsApp ke media sosial.

Dream - Seorang wanita di Kota Semarang, Jawa Tengah, dengan inisial NA dinyatakan positif Covid-19. Tetapi, wanita itu justru berniat jalan-jalan ke mal dan menularkan Covid-19 kepada orang lain.

Hal itu terkuak setelah teman NA yang juga positif Covid-19, LS, mengunggah capture hasil percakapan mereka lewat WhatsApp ke media sosial. Dalam percakapan tersebut, NA mengajak LS jalan-jalan ke mal dengan niatan membuat orang lain tertular.

Percakapan itu ramai di media sosial. Apalagi setelah beberapa akun gosip mengunggah kembali capturan tersebut.

Tidak butuh waktu lama, kepolisian bersama Gugus Tugas Covid-19 Kota Semarang segera mengamankan NA. Saat ini, NA bersama keluarganya saat ini diisolasi di Rumah Dinas Wali Kota Semarang dengan penjagaan ketat.

" Sudah diamankan oleh Gugus Tugas Kota Semarang dan sudah dibawa ke rumah dinas untuk dilakukan isolasi," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam.

 

1 dari 5 halaman

Sengaja Tularkan ke Keluarga

Hakam mengatakan wanita tersebut berdomisili di Kelurahan Jerakah. Sementara LS saat ini melakukan isolasi mandiri di rumah.

Dinkes Kota Semarang belum dapat membawa LS karena masih merawat ibunya yang juga terkena Covid-19. Isolasi diawasi ketat oleh warga sekitar dan pemangku wilayah setempat.

Dari hasil pemeriksaan, NA mengaku sengaja menularkan Covid-19 kepada keluarganya. Suami dan anak NA saat ini sudah terkonfirmasi positif Covid-19.

" Iya, saat ini suami dan anaknya juga sudah dilakukan isolasi," kata Hakam.

Hakam mengatakan apa yang dilakukan NA sangat berbahaya. Tetapi, pihaknya masih perlu memeriksa psikologis NA.

Lebih lanjut, Hakam mengimbau masyarakat Kota Semarang untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, tidak keluar rumah jika tidak ada urusan mendesak.

Sumber: Liputan6.com.

2 dari 5 halaman

PNS Terobos Ruang Isolasi Temui Teman Positif Covid-19 hanya untuk Bikin Video

Dream - Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Di tengah upaya petugas medis dan pemerintah mengatasi pandemi Covid-19, ternyata masih ada saja oknum yang membuat gaduh. Seperti seorang PNS ini.

Baru-baru ini beredar di media sosial, sebuah video yang memperlihatkan seorang PNS nekat menerobos masuk ruang isolasi Covid-19 di Lampung Utara.

Akibat aksinya tersebut, pria itu langsung mendapat kecaman dari berbagai pihak.

3 dari 5 halaman

Terobos Ruang Isolasi Covid-19 Demi Bikin Video

Dilansir oleh kanal YouTube Indosiar, PNS di Lampung Utara menerobos ruang isolasi Covid-19. PNS itu berdinas di Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Lampung Utara.

Melalui unggahan video tersebut terlihat, PNS itu menerobos ruang isolasi Covid-19 lantaran ingin bertemu temannya dan membuat video bersama.

" Positif Covid ya, Pak Taufik ya, tapi saya sudah salaman kan. Coba salaman lagi," kata pria tersebut.

4 dari 5 halaman

Unggah Hasil Rekaman ke Facebook

Usai merekam, PNS tersebut langsung mengunggah videonya ke media sosial Facebook. Ia juga menuliskan keterangan dalam unggahan videonya.

" Pasukan berani mati lawan mafia Covid Lampura (MARKIBOOONG!) d tunggu jawaban dari kepala gugus covid-19 Lampura," tulisnya dalam keterangan video.

Unggahan Facebook© Merdeka.com/Youtube Indosiar

5 dari 5 halaman

Telah Diamankan

Pelaku Diamankan© Merdeka.com/Youtube Indosiar

Ketua Satgas Covid-19 Lampung Utara, Sunny Lumi, mengatakan, telah mengamankan PNS tersebut untuk dilakukan tes swab.

" Tadi malam sudah kita tidak lanjuti, yaitu yang pertama mengamankan yang bersangkutan dulu, kita isolasi untuk kita adakan pengecekan swab besok," terangnya.

" Terkait dengan itu juga, kita sudah koordinasi dengan pihak kepolisian dan akan ditindak lanjuti setelah mendapat konfirmasi bahwa yang bersangkutan tidak terpapar Covid-19," terangnya.

Akibat ulahnya, oknum PNS tersebut berisiko tertular covid-19 dan berpeluang menularkan virus ini ke keluarga dan orang lain. Dikarenakan melanggar pasal berlapis, pelaku terancam sanksi pidana 1 tahun penjara dan denda Rp100 juta.

Beri Komentar