Adu Kecerdasan `Di Bawah Naungan Alquran`

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 4 Maret 2015 21:02
Adu Kecerdasan `Di Bawah Naungan Alquran`
Para peserta unjuk kebolehan menjawab materi yang diperlombakan, yakni pengetahuan hafal Alquran, ilmu matematika, dan sains teknologi.

Dream - Ada yang menarik dalam penyelenggaraan Islamic Book Fair 2015 kali ini. Untuk pertama kalinya lomba cerdas cermat dilaksanakan. Lomba itu bertema 'Di Bawah Naungan Alquran'.

" Kami tidak ingin sekadar menampilkan pameran buku, tapi harus dilengkapi nuansa syiar Islam yaitu dengan lomba pengetahuan seputar Islam," jelas penyelenggara lomba cerdas cermat, Sukro Muhab, kepada Dream.co.id di Istora Senayan, Jakarta, Rabu 4 Maret 2015.

Cerdas cermat ini diikuti pesertda dari 32 sekolah dasar (SD) di Jabodetabek. Panitia memilih sekolah-sekolah dasar terbaik seluruh Jabodetabek. " Lalu kita adu di cerdas cermat ini. Kategori peserta diikuti kelas 4 dan kelas 5," tutur Sukro yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia ini.

'Kami memberikan kisi-kisi dahulu kepada setiap kontestan. Agar mereka memiliki bekal ketika lomba atas panggung," tambah Sukro.

Para peserta unjuk kebolehan menjawab materi yang diperlombakan, yakni pengetahuan hafal Alquran, ilmu matematika, dan sains teknologi. Para kontestas saling bekerja keras menjawab berbagai soal dari awal hingga akhir.

Selain adu ketangkasan, juga disuguhkan kompetisi dongeng agar mengasah kemampuan anak-anak di bidang seni dan kreatifitas mereka bercerita.

Setelah bergelut dengan materi yang diberikan, SD Rahmaniyah dari Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, menjadi juara pertama lomba cerdas cermat, menyingkirkan SD Nurul Fikri, Insan Mandiri, dan Darul Abidin. Kontingen SD Rahmaniyah menang tipis dari kandidat lainnya dengan mengumpulkan nilai 700.

" Anak-anak memang sudah sering menghafal Alquran. Karena metode pengajaran Alquran sudah diterapkan dalam kesehariannya," kata Guru SD Rahmaniyah, Zaenal Muttaqien.

Laporan: Bimo Putranto Prihandono

Beri Komentar