10 Jurusan Kuliah yang Bisa Bikin Kamu Miskin (2)

Reporter : Sandy Mahaputra
Sabtu, 27 Desember 2014 18:00
10 Jurusan Kuliah yang Bisa Bikin Kamu Miskin (2)
Tidak semua jurusan punya masa depan yang 'cerah'.

Dream - Saat ini pendidikan di universitas sangat mahal. Kendati demikian, guru, orangtua dan masyarakat berharap generasi muda untuk kuliah dan memilih jurusan yang tepat. Jurusan yang nantinya, saat lulus, bisa mendatangkan peluang kerja dan gaji yang bagus.

Namun tidak semua jurusan punya masa depan yang 'cerah'. Berikut ini beberapa jurusan dengan rata-rata gaji tahunan terendah. Cek halaman berikut!

(Ism, Sumber: therichest.com)

1 dari 5 halaman

5. Jurusan Kesejahteraan Sosial

Dream - Jurusan ini menyiapkan lulusannya untuk bekerja di bidang sosial, menjadi pekerja sosial. Mungkin ini satu-satunya jurusan yang tidak bisa menghasilkan uang banyak.

Siswa jurusan ini mempelajari psikologi dan komunikasi sambil belajar membantu orang-orang dengan situasi yang rapuh. Meskipun bayarannya tidak besar, karir di bidang sosial umumnya sangat memuaskan bagi yang memiliki empati yang besar.

2 dari 5 halaman

4. Jurusan Pelayanan Masyarakat

Dream - Seperti jurusan kesejahteraan sosial, pelayanan masyarakat fokus untuk memberi bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Jurusan ini dapat membawa lulusannya ke bidang yang lebih khusus, seperti kerja sosial, perawatan anak dan konseling. Gaji yang didapat setelah lulus memang rendah, tapi profesinya layak dipertahankan.

3 dari 5 halaman

3. Jurusan Agama dan Teologi

Dream - Sama seperti jurusan kesejahteraan sosial, siswa jurusan teologi lebih mengincar pelayanan masyarakat daripada setumpuk harta.

Mereka kuliah jurusan teologi atau agama pada akhirnya akan mendedikasikan hidupnya untuk masyarakat dan Tuhan. Sudah bisa ditebak, urusan duniawi adalah nomor dua.

4 dari 5 halaman

2. Jurusan Guru Taman Kanak-kanak

Dream - Kecintaan kepada anak-anak adalah syarat wajib bagi yang memilih jurusan ini. Setelah lulus, dia akan menjadi guru taman kanak-kanak atau pra-TK.

Mestinya gaji mereka tinggi karena menyiapkan anak-anak untuk menjadi orang yang berguna. Tapi kenyataannya, gaji mereka ternyata rendah.

5 dari 5 halaman

1. Jurusan Psikologi dan Konseling

Dream - Mengejutkan, jurusan psikologi dan konseling ternyata menghasilkan lulusan yang nantinya mendapat gaji paling rendah. Tidak hanya mendapat gaji rendah, lulusan jurusan ini juga menyumbang tingkat pengangguran yang tinggi.

Ada lebih banyak kesempatan di bidang konseling berbasis sekolah dari jenis konseling lainnya, tapi sekali lagi, tingkat pengangguran lulusan ini sangat tinggi

Beri Komentar