Aksi Prabowo Berjoget Usai Dilarang Menjawab Ira Koesno

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 18 Januari 2019 14:14
Aksi Prabowo Berjoget Usai Dilarang Menjawab Ira Koesno
Berawal dari pertanyaan mengenai caleg mantan koruptor.

Dream - Debat calon presiden dan wakil presiden semalam menyisakan sorotan warganet terhadap aksi masing-masing calon. Salah satu yang menjadi sorotan yaitu, aksi calon presiden nomor 02 Prabowo Subianto.

Prabowo sempat mengeluarkan gerakan yang membuat warganet terhibur. Dia menari dengan gerakan tangannya.

Kejadian itu dapat disimak pada materi debat mengenai dicalonkannya mantan koruptor sebagai calon legislatif. Jokowi, mengutip data ICW, menyebut, Gerindra merupakan partai dengan caleg mantan koruptor terbanyak. Jumlahnya enam orang.

" Yang saya tahu caleg itu yang tanda tangan adalah ketua umumnya, dan sekjen, berarti bapak yang tanda tangan, bagaimana bapak menjelaskan ini?" ujar Jokowi, Kamis, 17 Januari 2019.

Prabowo melontarkan jawaban, bahwa dia belum mendapat data dari ICW tersebut. Dia menyebut telah menyeleksi caleg pilihannya.

" Itu sangat subjektif, saya tidak setuju, saya seleksi caleg-caleg tersebut, kalau ada bukti silakan laporkan kepada kami," ujar Prabowo.

1 dari 4 halaman

Berjoget

Tetapi, jawaban Prabowo itu tampaknya tak memuaskan Jokowi. Petahana itu menyebut, data yang dia ajukan merupakan data valid karena enam caleg tersebut telah telah melalui proses persidangan.

" Jadi yang saya maksud adalah mantan korupsi atau mantan napi korupsi," ucap Jokowi.

Waktu yang diberikan ke Jokowi masih berjalan. Di detik ke-34 Prabowo kemudian ingin segera menjawab pertanyaan Jokowi itu.

" Boleh menjawab?" kata Prabowo.

" Tidak boleh. Apakah waktunya sudah selesai untuk bertanya, untuk memberikan tanggapan," kata moderator, Ira Koesno.

Sesaat setelah itu, tawa seisi ruang debat bergemuruh. Bebarengan dengan itu, Jokowi menjelaskan dia tak menuduh partai Gerinda korupsi.

Saat ucapan Jokowi dibuat, di detik ke-24, Prabowo berjoget. Aksi itu kemudian dilanjutkan dengan adegan Sandiaga memijit bahu Prabowo.

2 dari 4 halaman

Pijitan Spontan Sandiaga ke Bahu Prabowo Subianto

Dream - Debat Capres 2019 semakin memanas. Lontaran-lontaran pertanyaan yang semakin menajam dari para calon membuat pasangan calon pemimpin Indonesia itu mengeluarkan gerak tubuh cukup menghibur.

Salah satunya terjadi kala Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno secara spontan memijit bahu Capres, Prabowo Subianto.

Aksi spontan ini berlangsung saat Capres nomor urut 01 Joko Widodo melontarkan pertanyaan soal data Indonesian Corruption Watch (ICW) yang menyatakan Partai Gerindra banyak mencalonkan calon legisltasi berstatus mantan pelaku korupsi.

" Padahal pencalonan Caleg ditandatangani ketua umum," tanya Jokowi dalam Debat Capres, di Hall Bidakara, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019.

Mendapat pertanyaan tersebut, Prabowo mengatakan belum mengetahui informasi yang disampaikan Capres Jokowi. " Tudingan tersebut sangat subyektif. Saya tidak setuju," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Jokowi Diperingkatkan Ira Koesno Sampai Dua Kali

Dream - Saat menjadi moderator debat, Ira Koesno dikenal sebagai orang yang tegas. Dia tak segan-segan menegur dan mengingatkan siapa saja yang tidak tertib pada jalannya debat.

Dalam debat pertama Calon Presiden (Capres) 2019, saat membuka perhelatan, Ira Koesno memberi kesempatan pertama untuk pasangan nomor urut 01, menyampaikan visi misinya.

" Kami persilakan Pak Jokowi untuk menyampaikan visinya dalam debat segmen pertama," kata Ira di Hall Birawa, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan dikutip dari Merdeka.comKamis 17 Januari 2019.

Jokowi diberi waktu dua menit dalam menjabarkannya. Namun, Jokowi menjabarkan hal itu lebih dari dua menit, langsung diperingatkan Ira Koesno.

" Waktunya habis pak, (masih melanjutkan pemaparan visi) waktunya habis Pak Jokowi," kata Ira Koesno.

Jokowi tak memberhentikan meski telah ditegur sekali. Sampai Ira kembali memberikan peringatan kedua.

" Pak Jokowi, Pak Jokowi waktunya sudah habis. Terima kasih," kata Ira.

Usai pasangan 01, giliran Ira memberikan kesempatan untuk pasangan 02, Prabowo-Sandiaga menyampaikan visi misi dalam debat capres.

4 dari 4 halaman

Gaya Prabowo dan Megawati Foto Bareng

Dream - Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berfoto bersama Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri sambil menunggu debat perdana.

Foto itu diambil putri Megawati, Puan Maharani Kiemas yang juga ikut berswafoto. Puan tampak tersenyum ke arah kamera. Sandiaga Uno tersenyum lebar di belakang Puan.

Berdiri di barisan belakang Prabowo dan Megawati. Keduanya terlihat berdekatan. Ada juga istri Sandiaga, Nur Asia, yang berdiri di sisi kiri Megawati.

Megawati terlihat memakai kemeja kotak-kotak berwarna merah muda. Sementara Prabowo-Sandiaga yang hadir memakai setelan jas dan peci. Puan memakai jaket hitam dan Nur Asia mengenakan setelan blazer dengan hijab hijau toska.

Foto itu kemudian diunggah oleh Seskab RI Pramono Anung di akun Twitter resminya.

"  Silahkan memilih, persaudaraan tetap jalan #kerjakerja #01JokowiAmin," cuit Pramono dalam caption foto.

Seperti diketahui, debat perdana capres dan cawapres 2019 digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Moderator dalam debat kali ini adalah Imam Priyono dan Ira Koesno. Tema yang diangkat yakni Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Panelis dalam debat perdana ini yaitu Guru Besar Hukum UI, Hikmahanto Juwana, mantan Ketua MA Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, ahli Tata Negara Bivitri Susanti, ahli Tata Negara Margarito Kamis. Sedangkan Ketua KPK Agus Rahardjo dipastikan tidak hadir demi menjaga independensi KPK.(Sah)

Beri Komentar