CONNECT WITH US!

Anies Ingin Jadikan Sunda Kelapa Pelabuhan Heritage

Reporter : Maulana Kautsar | Senin, 20 Maret 2017 17:24
Anies Baswedan Saat Berdialog Dengan Warga Jakarta Utara (Sumber: Istimewa)
Anies ingin peninggalan sejarah jadi peninggalan bagi generasi penerus.

Dream - Sebagai kota yang hampir memasukiusia 490 tahun, Jakarta memiliki banyak bangunan peninggalan sejarah. Sayangnya, banyak bangunan bersejarah dari kota yang pernah bernama Batavia ini justru kini terlantar.

Kondisi tersebut membuat Anies Baswedan ingin menjaga sejarah yang tersimpan di bangunan bersejarah itu. 

" Kami ingin agar peninggalan-peninggalan bersejarah di Jakarta itu nampak," kata Anies, di acara Doa Bersama Merajut Asa Warga Jakarta, di Restoran Sunda Kelapa Batavia, Jakarta Utara, Minggu, 19 Maret 2017.

Diantara berbagai peninggalan sejarah di Jakarta, satu yang tak boleh dilupakan adalah keberadaan Pelabunan Sunda Kelapa.

Seorang warga luar Batang, Mansur Amin, mengatakan kondisi pelabuhan Sunda Kelapa telah luntur karena pengembangan hanya dilakukan dari sisi komersial. Padahal, keberadaan pelabuhan itu menjadi cikal bakal berdirinya Jakarta.

" Mohon Pak. Pelabuhan Sunda Kelapa ini dijadikan pelabuhan heritage," kata Mansur.

Mendengar keluhan warga tersebut, Anies berencana menjadikan beberapa peninggalan sejarah sebagai pusat wisata dan budaya. Dia ingin tempat-tempat bersejarah itu menjadi pusat pembelajaran bagi generasi penerus.

" Kami berencana merawat dan menjadikan tempat ini menjadi salah satu pusat kebudayaan, pusat tujuan wisata, sekaligus juga pusat pembelajaran bagi anak anak kita," ucap dia.

Anies berharap nantinya dia bisa merawat dan menjadikan bukan hanya pelabuhan Sunda Kelapa saja melainkan juga seluruh tempat bersejarah lainnya di Jakarta.(Sah)

Ketika Ario Bayu Nggak Ganteng Lagi