Bahrumsyah, WNI Komandan ISIS Asia Tenggara Tewas

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 15 Maret 2017 11:12
Bahrumsyah, WNI Komandan ISIS Asia Tenggara Tewas
Bahrumsyah tewas saat akan melancarkan serangan bom bunuh diri ke tentara Suriah.

Dream - Militan ISIS asal Indonesia, Bahrumsyah, dilaporkan tewas. Pria yang menduduki posisi penting sebagai komandan ISIS regional Asia Tenggara ini tewas akibat ledakan bom bunuh diri pada Senin, 13 Maret 2017 kemarin.

Saat tewas, Bahrumsyah berada di dalam mobil yang telah dipasangi bom. Rencananya, Bahrumsyah akan meledakkan bom mobil itu di basis tentara Suriah Arab.

Belum sampai pada target yang dituju, bom mobil itu meledak secara prematur, dilaporkan Al Masdar News.

The Straits Times melaporkan ISIS lewat akun sosial medianya membenarkan kabar tewasnya Bahrumsyah pada Selasa, 14 Maret 2017. Tetapi, ISIS mengklaim serangan yang dilancarkan Abu Muhammad Al Indonesi, nama lain Bahrumsyah, berhasil menghancurkan tentara Suriah Arab.

Nama Bahrumsyah mencuat ke publik pada 2014 silam setelah muncul dalam video ajakan bergabung menjadi militan ISIS. Dia mengajak warga lokal Indonesia, Malaysia, dan negara-negara di regional Asia Tenggara bergabung dengan ISIS.

Video itu muncul setelah Bahrumsyah diangkat menjadi pimpinan pasukan ISIS Asia Tenggara oleh Abu Bakar Al Baghdadi.

Pemerintah Amerika Serikat memasukkan Bahrumsyah dalam daftar teroris yang paling dicari.

Menurut laporan Kepolisian Indonesia, istri ketiga Bahrumsyah, NK, sempat dideportasi dari Turki. Penyebabnya, NK berusaha memasuki Suriah akhir bulan lalu.

NK kini ditempatkan di pusat program deradikalisasi, Jakarta Timur.

Sementara pada 14 Januari 2016, Indonesia diserang kelompok ISIS. Bom meledak di kawasan perbelanjaan Sarinah, MH Thamrin, Jakarta Pusat. Beberapa analis mengatakan Bahrumsyah diduga terlibat komunikasi dan memerintahkan serangan dari pusat komando ISIS untuk menyerang Jakarta.

(Sah)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik