Gelar Pesta Nikah di Tengah Wabah Corona, Kapolsek Kembangan Dimutasi

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 2 April 2020 09:16
Gelar Pesta Nikah di Tengah Wabah Corona, Kapolsek Kembangan Dimutasi
Fahrul dianggap melanggar maklumat Kapolri.

Dream - Pernikahan Kapolsek Kembangan, Kompol Fahrul Sudiana dan selebgram Rica Andriani berbuntut panjang. Fahrul dimutasi dari jabatannya karena melanggar Maklumat Kapolri mengenai kebijakan penanganan penyebaran virus corona.

" Berdasarkan perintah Kapolda Metro Jaya sejak hari ini yang bersangkutan dimutasikan ke Polda Metro jaya sebagai analis Kebijakan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Kamis, 2 April 2020.

Yusri mengatakan, keputusan mutasi muncul setelah Fahrul menjalani pemeriksaan oleh Propam Polda Metro Jaya. Fahrul dinyatakan telah melanggar disiplin dan maklumat Kapolri.

" Dalam hal ini maklumat Kapolri tidak hanya berlaku untuk masyarakat saja, tapi berlaku juga untuk anggota Polri dan keluarganya, jadi kalau ada yang tidak menaati maka siapapun itu harus siap dengan segala konsekuensinya," kata dia.

1 dari 5 halaman

Pesta Nikah Perwira Polisi dan Selebgram, Ini Kata Polda Metro

Dream - Pernikahan selebgram cantik Rica Andriani dengan seorang perwira polisi Fahrul Sudiana menjadi pembicaraan warganet.

Di saat banyak anggota polisi lain membubarkan resepsi pernikahan dengan banyak tamu undangan, Fahrul dan Rica menggelar pesta pernikahan. 

Foto-foto pernikahan Fahrul juga muncul di akun Instagram @ricafahrulstry_. Foto resepsi pernikahan itu tampak diunggah pada tanggal 22 Maret 2020.

" Alhamdulillah semua acara berjalan dengan lancar. Semoga semua doa baik yang dipanjatkan untuk kalian berdua semua dijabah oleh Allah SWT dan kalian menjadi keluarga yang samawa. Amin," tulis akun tersebut.

 Pernikahan Fahrul© Istimewa

 

Ijab kabul pernikahan keduanya sempat diunggah akun @lambe_turah dan ramai dibahas netizen. 

 

      View this post on Instagram

. Selamat yaaa mba rica andriani dan suami udah saaaah . Semoga samawa ya mbak Langgeng selalu ????????

A post shared by OFFICIAL LAMBE TURAH ENTRNT (@lambe_turah) on

Dari komentar warganet, banyak yang mencaci dan mengkritik mengapa menggelar pernikahan di tengah wabah corona. Tapi ada pula yang membela.

2 dari 5 halaman

Tanggapan Polda Metro

Seperti diketahui, tiga hari sebelum pernikahan ini digelar, Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan maklumat tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona, Covid-19. 

Dia meminta, kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum dan di lingkungan sendiri ditiadakan. Maklumat bernomor Mak/2/III/2020 ini diteken langsung oleh Idham pada Kamis, 19 Maret 2020.

 Pernikahan Fahrul© Istimewa

Idham memerintahkan kegiatan sosial, budaya, keagamaan, aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan sejenisnya ditiadakan. 

Perintah ini termasuk pelarangan kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan resepsi keluarga. 

Menanggapi pesta pernikahan perwira polisinya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengaku akan memeriksa kembali informasi ini. " Saya cek dulu ya," kata Yusri kepada Dream.co.id.

3 dari 5 halaman

Polisi Setop Resepsi Nikah, 4 Bus Tamu Undangan Dicek Kesehatan

Dream - Imbauan pemerintah untuk menjaga jarak nyatanya masih kerap dilanggar. Baru-baru ini Polresta Banyumas menemukan gelaran hajatan yang masih digelar di wilayah hukumnya.

Untuk menghindari penyebaran corona, Polresta Banyumas menyetop gelaran pernikahan di Gang 4, Jalam Overste Isdiman, Purwokerto, Jawa Tengah.

Upaya penghentian itu untuk menindaklanjuti laporan warga karena ada rombongan tamu sebanyak empat bus dari Wonogiri dan Solo, yang berjumlah 200 orang.

Polisi segera melarang tamu lain masuk ke lokasi hajatan dan tamu di lokasi hajatan dilarang ke luar sebelum sterilisasi selesai.

" Alhamdulillah, hasil pemeriksaan suhu badan, tamu sehat semua," kata Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Whisnu Caraka, diakses dari Liputan6.com, Senin,23 Maret 2020.

Sterilisasi dilakukan oleh pihak kepolisian, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI). Selain itu, tamu undangan juga mendapat pengecekan kesehatan dari tim medis.

" Kita semua tahu Solo daerah epidemis. Kita lakukan penyemprotan terhadap bus, para pengunjung, dan wilayah sekitar," ujar dia.

Sebelum melakukan penyemprotan pihak kepolisian memberikan pengertian dan edukasi kepada tuan rumah dan tamu undangan. Upaya itu bukan tindakan tegas kepolisian, namun sebagai langkah waspada agar terhindar dari wabah virus Corona Covid-19.

Usai hajatan selesai, Polresta Banyumas mengawal rombongan tamu undangan ke daerah perbatasan. Pengawalan dilakukan berantai oleh petugas kepolisian di masing-masing kabupaten yang dilewati.

" Kita antar sampai perbatasan, kemudian dikawal berantai oleh kepolisian masing-masing wilayah dari Kebumen sampai wonogiri. Sehingga diharapkan tidak ada pemberhentian-pemberhentian lain," kata dia

Sumber:  Liputan6.com/Galoeh Widura

4 dari 5 halaman

Hadiri Pernikahan, 31 Tamu Terinfeksi Virus Corona

Dream - Pernikahan Scott Maggs dan Emma Metcalf menjadi ajang penularan virus corona baru, Covid-19. Sebanyak 31 tamu dilaporkan positif terjangkit virus corona, termasuk wanita hamil dan anggota parlemen.

Scott Maggs dan Emma Metcalf mengundang 140 tamu ke pernikahan mereka di Tumbling Waters Retreat, Sydney, Australia, pada 6 Maret 2020. Selama 14 hari sejak hari istimewa itu, muncul 31 kasus corona yang dikaitkan dengan pesta pernikahan itu.

Pasangan itu mengetahui bahwa dua tamu mereka dinyatakan positif Covid-19 ketika mereka sedang berbulan madu di Maladewa.

Di antara orang yang positif terinfeksi virus corona adalah Andre Bragg, senator liberal untuk New South Wales. Ada pula Sally Hawach, putri pemilik perusahaan iklan John Singleton.

Sally saat ini sedang mengandung anak ke tiga. Dia khawatir menularkan penyakit ini kepada anak-anaknya, usia 2 dan 1.

" Anak saya yang berumur satu tahun juga menunjukkan tanda-tanda COVID dan sangat sakit," ucap Hawach dilaporkan The Daily Star.

5 dari 5 halaman

Isolasi Mandiri

" Bayi perempuan saya menderita demam tinggi dan saya sangat lelah dengan sesak napas dan detak jantung yang cepat," ucap dia.

" Saya sangat sedih memikirkan kemungkinan telah menginfeksi siapa pun. Saya telah menghubungi semua orang yang telah berhubungan. Tapi tolong jika kamu telah berinteraksi dengan saya sejak 6 Maret atau kamu menunjukkan tanda-tanda sakit. Tolong mengisolasi diri," ucap dia.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengenalkan kebijakan menjaga jarak sosial.

Protokol baru menyerukan agar semua pertemuan antar orang per oranganan dibatasi. Scott juga telah menutup perbatasan untuk semua non-penduduk Australia.

Beri Komentar