Data Terbaru Sebaran Virus Corona, 2.118 Orang Terinfeksi

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 27 Januari 2020 12:00
Data Terbaru Sebaran Virus Corona, 2.118 Orang Terinfeksi
Pemerintah terus antisipasi.

Dream - Virus baru Corona tak hanya mewabah di Wuhan, China. Virus yang disebut dengan novel Coronavirus (2019-nCov) itu telah menyebar ke sejumlah negara.

Menurut peta penyebaran yang dibuat oleh John Hopkins University Center for Systems Science and Engineering (JHU CSSE), virus novel Coronavirus telah menginfeksi 2.118 orang.

Orang yang terinfeksi paling banyak berada di China, yaitu berjumlah 2.062. Di Thailand dan Hong Kong masing-masing 8 orang, sementara di Macau dan Amerika Serikat masing-masing 5 orang.

Australia, Jepang Malaysia, Singapura, dan Taiwan, masing-masing 4 orang. Prancis dan Korea Selatan masing-masing 3 orang, Vietnam 2 orang, Kanada dan Nepal masing-masing satu orang.

Menurut data, hingga pukul 11.01 WIB, Senin 27 Januari 2020, sudah ada 56 orang meninggal akibat terpapar virus Corona. Sementara itu, 52 orang dapat disembuhkan.

 Data sebaran virus Corona

Data sebaran virus Corona novel (Foto: Istimewa)

Saat ini, Kementerian Kesehatan terus memastikan antisipasi penyebaran virus novel Coronavirus di Indonesia.

1 dari 5 halaman

Kondisi Warga China

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, memastikan turis China yang melakukan perjalanan wisata ke Sulawesi Utara (Sulut) dalam kondisi sehat.

" Pemerintah China ketika warganya akan melakukan perjalanan ke luar negeri sudah memastikan bahwa kondisi kesehatannya baik," ujar Terawan dilaporkan Liputan6.com.

Dia percaya, China memastikan kondisi kesehatan warganya yang bepergian ke negara lain. " Kita semua saling percaya. Jangan sampai karena kegundahan hati, hanya karena prasangka waduh bagaimana nanti ekonomi kita ke depan, bagaimana hubungan negara kita?" ujar dia.

2 dari 5 halaman

Viral Video Warga Wuhan Berjatuhan di Jalan kena Virus Corona, Mirip Kota Zombie

Dream - Di tengah kekhawatiran merebaknya virus Corona baru di Wuhan, China, beredar video yang bikin geger jagat maya. Dalam video itu terlihat sejumlah orang berjatuhan karena diduga terjangkit virus Corona.

Belum ada konfirmasi resmi apakah foto dan video yang viral di media sosial itu benar-benar terjadi di Wuhan, kota yang kini tengah diisolasi katena virus Corona.

Namun yang jelas, beberapa unggahan itu menyertakan Wuhan sebagai lokasi unggahan. Kini, sebagaimana dilaporkan laman Daily Star, Wuhan dijuluki " kota zombie" .

Tak hanya orang-orang yang tergeletak tak berdaya, pada video yang beredar itu juga menunjukkan petugas medis yang berpatroli mengenakan jas Hazmat dan masker. Mereka sibuk memberikan pertolongan.

Pada sebuah unggahan menunjukkan seorang pria tergeletak di lantai tidak sadarkan diri. Banyak orang di sekitarnya memperhatikan pria yang tergeletak tersebut.

3 dari 5 halaman

Pria yang pingsan itu diduga sedang antre mengurus dokumen. Dia juga terlihat mengenakan masker pelindung. Petugas medis yang berpakaian serba putih kemudian datang untuk menolong pria tersebut.

Menurut Daily Star, peristiwa itu disaksikan setidaknya oleh enam orang. Video lain tentang peristiwa tersebut juga diunggah oleh netizen lain.

4 dari 5 halaman

Akun @badiucao mengunggah video tak kalah memprihatinkan. Pada video itu terlihat seorang pria yang tergeletak di atas jalan. Sebuah ambulans terlihat datang.

Beberapa petugas medis yang berjaket dan masker serba putih keluar dan segera memberi pertolongan kepada pria yang tengkurap tak berdaya di atas aspal tersebut.

5 dari 5 halaman

Pada video lain yang diunggah ke Twitter @bosstandswithhk menunjukkan seorang pria yang tergeletak di lantai kereta. Akun itu menyebut peristiwa itu terjadi di dalam kereta di Wuhan.

Dalam kereta itu, sejumlah orang, yang mengambil jarak dari pria tergeletak itu, terlihat panik. Mereka berusaha menjauhi pria yang meringkuk di atas lantai tersebut.

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair