Beredar Video Yahya Stafuq Saat di Israel, Ini Pengakuannya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 17 Juni 2018 09:42
Beredar Video Yahya Stafuq Saat di Israel, Ini Pengakuannya
Kedatangannya ke Yerussalem, Israel, sempat menuai kritik.

Dream – Katib Aam Pengurus Besar Nahdatul Ulama (NU), KH. Yahya Cholil Stafuq, sempat menuai kritik saat dia menghadiri acara American Jewish Committee (AJC) Global Forum. Yahya menegaskan kehadirannya di acara tersebut untuk membela Palestina.

Setelah sempat memicu polemik, kini muncul video Yahya Cholil saat berpidato di dalam forum yang digelar di Truman Institute tersebut. Video itu diunggah di Facebook dengan pemilik akun Yaqut Cholil Coumas pada Kamis, 14 Juni 2018 lalu. 

Dalam video berdurasi 4 menit 50 detik, Yahya mengatakan banyak pihak mengkritik kehadirannya di acara itu. Di depan hadirin AJC Global Forum, Yahya menegaskan kunjungannya ke Yerussalem, Israel, untuk membela Palestina.

“ Saya adalah Muslim, saya ulama, dan saya mengabdi di jajaran kepemimpinan di salah satu organisasi Muslim terbesar di Indonesia. Anda semua bisa melihat track record dari organisasi kami dalam hal pembelaan terhadap Palestina. Jadi, jelas bahwa saya di sini untuk Palestina,” kata dia.

Yahya juga mengatakan dia datang ke Yerussalem karena mencemaskan koflik Palestina—Israel. Dia takut semua usaha untuk mendamaikan kedua belah pihak sirna.

“ Walaupun saat ini maupun ketegangan mengalami peningkatan, tapi, ketika saya tiba di sini, bertemu, dan berkomunikasi dengan banyak orang, saya masih melihat bahwa masih ada harapan untuk perdamaian,” kata dia.

 

1 dari 1 halaman

Lihat Pidato Yahya Stafuq

Dengan undangan tersebut, Yahya menilai masih ada beberapa pihak yang mengharapkan adanya perdamaian di tanah Palestina yang telah berkonflik selama puluhan tahun tersebut.

“ Orang-orang ini menginginkan solusi untuk masalah yang berlangsung saat ini,” kata dia.

 

Beri Komentar