Dikira Landasan, Ternyata Pilot Daratkan Pesawat di.....

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 24 Mei 2016 18:15
Dikira Landasan, Ternyata Pilot Daratkan Pesawat di.....
"Dua pilot tersebut mengira jalan yang sejajar dengan landasan adalah landasan sehingga mereka mendarat di sana."

Dream - Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan India, IndiGo mendarat di jalan dekat bandara Jaipur. Ini lantaran sang pilot keliru mengira jalan tersebut adalah landasan pacu.

Sumber mengatakan pesawat yang menempuh penerbangan dari Ahmedabad menuju Jaipur dengan nomor penerbangan 6E-237 sebelumnya berada di ketinggian 900 kaki, atau kurang 1,5 menit dari landasan. Sistem keamanan sempat menyala lantaran posisi pesawat begitu dekat dengan tanah.

Pesawat itu kemudian turun di ketinggian 700 kaki. Sistem peringatan mendekati tanah menyala dengan begitu keras hingga mampu membangunkan pilot yang tertidur.

Pilot dan co-pilot segera mengambil alih kendali. Mereka mematikan autopilot, kemudian mendaratkan pesawat secara manual.

Tanpa mereka sadari, pesawat mendarat di jalan sekitar bandara. Ini lantaran jalan tersebut terletak di posisi sejajar dengan landasan hingga mereka salah kira.

" Dua pilot tersebut mengira jalan yang sejajar dengan landasan adalah landasan sehingga mereka mendarat di sana. Ini merupakan insiden yang sangat serius," ujar pejabat Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil (DCGA).

Para pilot kemudian dinyatakan non-aktif sementara waktu untuk menjalani pemeriksaan.

" IndiGo 6E-237 telah mendapat peringatan terlalu rendah ketika pesawat mendekati ujung landasan 27 di Bandara Jaipur," ujar juru bicara IndiGo.

Pihak maskapai menegaskan tidak ada satu poin keselamatan pun yang bisa dikompromikan.

Sumber: hindustantimes.com

Beri Komentar