Disdik DKI Buka PPDB Jalur Bina RW Sekolah

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 30 Juni 2020 15:50
Disdik DKI Buka PPDB Jalur Bina RW Sekolah
Jalur ini diperuntukkan bagi siswa yang tinggal dalam satu wilayah RW dengan sekolah negeri.

Dream - Dinas Pendidikan DKI Jakarta memperluas kesempatan bagi calon peserta didik untuk masuk ke sekolah tujuan. Mulai tahun ini, Disdik DKI membuka jalur penerimaan Bina RW Sekolah.

Kepala Disdik DKI, Nahdiana, mengatakan, minat peserta didik yang ingin bersekolah di sekolah negeri sangat tinggi. Jalur Bina RW Sekolah dapat dimanfaatkan calon peserta didik untuk mendaftar di sekolah yang lokasinya satu RW dengan tempat tinggalnya.

" Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat Dinas Pendidikan membuka jalur zonasi Bina RW Sekolah," ujar Nahdiana dalam webinar pada Selasa, 30 Juni 2020.

Nahdiana mengatakan, Dinas Pendidikan DKI juga menambah kuota kelas di tiap sekolah dari 36 menjadi 40 siswa. Pembukaan jalur ini, tambah dia, telah dikoordinasikan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

" Ini akan kami buka di 4 Juli dan lapor diri (siswa dan orangtua siswa sudah terdaftar) 6 Juli," kata dia.

1 dari 2 halaman

Syarat Usia Digunakan Jika...

Apabila peminat jalur ini sangat tinggi, kata dia, maka tetap akan diberlakukan proses seleksi yang sebelumnya berlaku yaitu PPDB berbasis usia. Tetapi jika peminatnya tidak tinggi, maka syarat usia tidak dipergunakan.

" Dalam setiap RW jumlah penduduknya berbeda-beda, sehingga kalau ada jumlah pendaftar yang cukup banyak melebihi kuota pada jalur ini akan diberlakukan syarat seleksi yang sama, yakni usia," kata dia.

Nahdiana meyakinkan jalur ini tidak akan mengganggu sistem penerimaan jalur prestasi dengan porsi sebanyak 20 persen. Sebab, kuota yang ditetapkan pada jalur bina RW sekolah berbeda.

" Ini tidak mengganggu porsi jalur prestasi yang 20 persen," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

"Jangan Sampai Menutup Sekolah Swasta"

Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud, Hamid Muhammad, mengatakan penambahan jumlah siswa yang akan diterima pada suatu sekolah boleh dilakukan. Selama ada alasan yang bisa diterima.

" Kalau tidak, sebagian masyarakat tidak tertampung," kata dia.

Meski demikian, Hamid mengingatkan penambahan tersebut jangan sampai menutup peluang sekolah swasta menerima peserta didik baru.

" Saya ingatkan penambahan jumlah ini tidak menutup sekolah swasta," ucap Hamid.

Beri Komentar