Geger Belatung dalam Makanan Kemasan

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 26 Januari 2016 18:03
Geger Belatung dalam Makanan Kemasan
Bahkan belatung itu masih bergerak meski sudah digoreng.

Dream - Tak semua makanan cepat saji yang dikemas apik jaminan sehat. Seorang netizen mengaku kaget saat menemnukan belatung di dalam ayam yang baru saja dimasak.

Seperti foto dan cerita yang diunggah lewat akun Path yang bernama Nabila pada Senin, 25 Januari 2016 kemarin.

Geger Belatung dalam Makanan Kemasan© Path

Sumber: Merdeka.com

Awalnya, pemilik akun itu merasa tidak ada yang janggal pada spicy chicken yang dibelinya. Namun, ia terkejut ada sesuatu yang bergerak di tangannya.

Bahkan, belatung tersebut masih bergerak-gerak di dalam daging ayam yang sudah digoreng. Simak cerita akun Nabila saat menemukan belatung di dalam ayam yang hendak disantapnya itu di sini. (Ism, Sumber: Merdeka.com) 

1 dari 4 halaman

Gatal Tak Tertahan, Ternyata Tubuh Pria Ini Dipenuhi Belatung

Dream - Kejadian mengerikan dialami oleh pria asal Guangzhou, China. Pria bermarga Ma itu awalnya mengeluh gatal tak tertahankan pada bagian perut dan paha kanannya. Bagian kulit pun terlihat bercak-bercak merah.

Menurut laman Asia One, Rabu 5 November 2014, Ma menghabiskan waktu enam bulan di Afrika. Dia sudah mendatangi dokter lokal di Afrika, tapi rasa gatal tetap saja mengusik, bahkan semakin menjadi.

Akhirnya Ma memutuskan pulang ke China dua pekan silam. Dia segera pergi ke Rumah Sakit Shenzhen Nanshan untu memeriksakan bagian tubuhnya yang digerayangi rasa gatal tak tertahankan itu.

Hasil pemeriksaan dokter kulit sungguh mengejutkan. Dokter menemukan kulit Ma bernanah. Setelah diperiksa, dokter mendiagnosa ada belatung di bawah jaringan kulit Ma.

Diagnosa ini diperkuat dengan hasil pemeriksaan darah Ma. Dokter menemukan sel darah putih Ma meningkat dengan signifikan. Sel darah putih memang berfungsi melawan infeksi dan parasit.

Ma akhirnya disarankan menjalani bedah minor. Dokter pun akhirnya berhasil mengangkat 20 belatung hidup dan juga menggeliat-geliat dari bawah jaringan kulit Ma.

Dokter mengidentifikasi belatung itu sebagai belatung tumba terbang, tipe lalat hijau yang larvanya dikenal memakan jaringan hidup pada manusia. Kawasan Afrika memang rawan penyakit semacam ini.

Namun tak dijelaskan bagaimana proses masuknya larva itu ke dalam tubuh Ma. Selama ini, wisatawan ke Afrika memang disarankan melakukan tindakan pencegahan terhadap serangga.

Sejumlah penyakit aneh yang disebabkan oleh masuknya binatang ke dalam tubuh juga terjadi di tempat lain. Berikut beberapa kasus masuknya binatang ke dalam tubuh manusia.

2 dari 4 halaman

Ngeluh Suara Mendengung, Ratusan Belatung Bersarang di Telinga

Dream - Seorang dokter di India bekerja keras mengeluarkan ratusan belatung yang bersarang di telinga pasiennya.

Dalam video yang diunggah di YouTube, Dokter Vikram Yadav mengeluarkan satu-persatu belatung dari telinga seorang pasien dengan menggunakan pinset.

Yadav mengatakan ratusan belatung tersebut berasal dari telur-telur yang ditinggalkan lalat rumah yang hinggap di telinga pasiennya itu saat tidur.

Dia mengatakan jika pasien tersebut tidak segera memeriksakan telinganya, ratusan belatung itu akan makan jaringan hidup inangnya. Dan jika belatung itu bisa mencapai otak, pasien tersebut akan mati.

Serangan infeksi belatung sangat umum terjadi di negara-negara subtropis dan tropis. Dalam dunia kedokteran, infeksi tersebut biasa disebut myasis oral. Penderita biasanya mengeluhkan suara mendengung di telinga disertai cairan berbau tak sedap. Tingkat bahaya penyakit ini mencapai rata-rata 8 persen.

Myasis oral biasanya diderita oleh anak-anak 10 tahun ke bawah atau orang dewasa yang tidak menjaga kesehatan. Cara terbaik untuk menghindari myasis oral adalah melindungi bagian berlubang di wajah yang disukai lalat.

" Jika ada yang tidur dan melihat ada lalat berterbangan di sekitarnya, maka lindungi wajahnya dengan kain atau beri kelambu pada tempat tidurnya. Hal itu mencegah lalat masuk dan bertelur di mulut dan lubang hidung atau telinga."

3 dari 4 halaman

Menyeramkan! 50 Belatung Bersarang di Dalam Hidung

Dream - Menyeramkan. Puluhan belatung bersarang di dalam hidung seorang pria di India.

Kejadian itu terungkap setelah seorang pria 55 tahun asal India menjalani operasi untuk mengeluarkan 50 ekor belatung dari hidungnya. Beruntung, larva-larva lalat itu belum menggerogoti wajah dan matanya.

Jika tidak segera dikeluarkan, kata dokter, belatung-belatung akan terus memakan daging inangnya dan bisa mengakibatkan kematian.

Pria itu mengalami miasis nasal. Suatu kondisi di mana hidung dan rongga sinus pasien menjadi penuh dengan larva lalat atau belatung.

Belatung-belatung yang bisa memiliki panjang hingga 1 cm itu bertahan hidup dengan makan daging dan tulang inangnya.

Dan jika dibiarkan, maka dapat menghancurkan jaringan dan tulang wajah dan mata. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada mata dan otak, dan kadang-kadang menyebabkan meningitis, bahkan kematian.

Dengan menggunakan endoskop, dokter Meenesh Juvekar bisa melihat dan mengeluarkan belatung-belatung tadi.

Proses itu memakan waktu dua jam karena beberapa belatung bersembunyi lebih jauh ke dalam rongga sinus, begitu sinar endoskop mengenai mereka.

Menurut dokter Juvekar, miasis nasal sangat sering terjadi di negara tropis macam India. Kondisi itu bisa terjadi pada orang yang tidak menjaga kebersihan dan nutrisinya.

Juga bisa terjadi pada orang yang suka minum minuman beralkohol. Miasis nasal juga bisa terjadi pada orang yang menderita Atrophic rhinitis (hidung beringus) sehingga mengundang lalat.

Orang dengan kondisi miasis nasal kadang tidak menyadari ada belatung di hidung mereka. Tapi mereka sering mengeluh iritasi, bersin-bersin, keluar air mata terus-terusan dan kepala pusing. Kadang juga disertai darah merembes dari lubang hidung. Kelopak mata dan bibir menjadi bengkak.

Dokter menyarankan untuk menutupi tempat tidur dengan kelambu untuk menghindari kontak dengan lalat, yang dapat suka hinggap di tempat-tempat berlubang di wajah.

(Ism, Sumber: Daily Mail)

4 dari 4 halaman

120 Belatung Hidup di Dalam Hidung dan Mata Wanita Ini

Dream - 120 belatung dikeluarkan dari hidung dan mata seorang wanita di Kanada. Ratusan belatung itu diyakini berasal dari telur-telur yang ditinggalkan lalat yang ada di ruangan ICU sebuah rumah sakit.

Sebelumnya, seorang pasien wanita berusia 65 tahun masuk ruang ICU sebuah rumah sakit di Kanada karena komplikasi penyakit yang dideritanya.

Tiga hari kemudian, saat dokter memeriksa wanita itu. Dokter terkejut karena menemukan beberapa belatung sedang 'jalan-jalan' di kelopak mata dan kemudian di dalam hidung si pasien.

Diduga, seekor lalat, yang terlihat terbang di dalam ruang ICU sebelumnya, telah bertelur di sekitar kelopak mata dan rongga hidung pasien tersebut, jurnal medis Canadian Medical Association di Kanada melaporkan, dikutip Mirror.co.uk.

Dokter akhirnya berhasil mengeluarkan 100 ekor belatung dari hidung pasien dan 20 ekor lainnya dari kelopak matanya.

Pasien itu berada di sebuah kamar ICU tak berjendela yang memiliki satu pintu terbuka. Kemungkinan lalat masuk ke ruang itu melalui bagian lain dari rumah sakit.

Kasus tersebut terjadi pada 2007 silam, tapi menjadi heboh setelah laporan jurnal tersebut dijadikan artikel digital. (Ism) 

Beri Komentar