Iran Cambuk Warga yang Operasi Plastik Berlebihan

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 14 November 2018 10:00
Iran Cambuk Warga yang Operasi Plastik Berlebihan
Jika operasi plastik dinilai berlebihan siap-siap dihukum penjara dan cambuk.

Dream - Iran menerapkan hukum yang ketat bagi warga yang menjalani operasi plastik. Negeri para Mullah itu akan menjatuhkan penjara sepuluh hari hingga dua bulan dan 74 cambukan kepada warganya yang kedapatan melakukan oprasi plastik secara berlebihan.

Dikutip laman Al Arabiya, Juru Bicara Komite Hukum di Parlemen Iran, Hassan Norouzi, mengatakan, untuk warga yang ingin menjalani operasi ganti kelamin harus izin ke pemerintah.

Sementara itu, operasi yang mengubah bentuk tubuh, semisal `mata kucing` dan `telinga keledai` dianggap bertentangan dan akan mendapat hukuman karena melanggar ketentuan yang ada.

Kantor berita parlemen Iran, Icana, menulis, hukuman yang dikenakan pada ahli kecantikan dan orang-orang yang menjalani operasi plastik yaitu pelanggaran `moralitas publik`.

Operasi kosmetik sangat populer di Iran, terutama rinoplasti di kalangan wanita dan pria muda. Operasi bibir dan alis serta facelift dan botox juga menjadi tren di negara itu.

Praktik ini telah menjadi fenomena sosial yang akrab bagi banyak orang. Bahkan di kalangan kelas menengah, operasi plastik ditawarkan dengan harga kompetitif.

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-