Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo Donor Plasma Konvalesen

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 2 Maret 2021 12:00
Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo Donor Plasma Konvalesen
Doni melakukan donor di 17 hari paska dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Dream - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, melakukan donor plasma konvalesen, Senin 1 Maret 2021. Doni menjalani donor setelah 17 hari dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Doni melakukan donor di Kantor Palang Merah Indonesia DKI Jakarta di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, diterima Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat Linda Lukitari Waseso. Proses pengambilan plasma berlangsung sekitar 30 menit.

" Sebagai penyintas, mendonorkan plasma konvalesen merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah sembuh. Mudah-mudahan apa yang saya lakukan ini bisa meringankan pasien yang tengah berjuang untuk sembuh," ujar Doni dalam siaran tertulis diterima Dream.

Doni dinyatakan positif Covid-19 pada 23 Januari 2021 usai memimpin penanganan korban gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan. Dia menjalani perawatan intensif selama 20 hari dan dinyatakan negatif atas hasil uji usap PCR pada 12 Februari 2021.

Penyintas Covid-19 sangat dianjurkan untuk melakukan donor plasma konvalesen guna membantu pasien lain yang berjuang supaya sembuh. Syaratnya, penyintas sudah sembuh selama 14 hari hingga 3 bulan.

" Terapi plasma ini menjanjikan kesembuhan tinggi, saat ini sulit mencari pendonor dari para penyintas Covid-19. Oleh karena itu bersama PMI, Satgas telah menjadikan donor konvalesen sebagai gerakan nasional," kata dia.

 

 

1 dari 1 halaman

Pemerintah dan PMI telah mencanangkan gerakan nasional donor plasma konvalesen yang bisa diikuti lewat laman plasmakonvalesen.covid19.go.id, aplikasi Ayo Donor PMI, atau menghubungi call center 117 ekstensi 5.

Gerakan ini diharapkan dapat mendorong para penyintas Covid-19 yang memenuhi persayaratan untuk siap sedia secara sukarela menjadi pendonor plasma konvalesen, untuk bersama mengakhiri pandemi.

Sejak pendaftaran pendonor secara online plasmakonvalesen.covid19.go.id dibuka 8 Februari 2021, minat penyintas ikut serta relatif rendah. Data Satgas Penanganan Covid-19, sebanyak 1.274 orang menelpon, 146 orang mendaftar dan 70 orang di antaranya memenuhi syarat.

Sementara data PMI Pusat menunjukkan hingga 28 Februari 2021, sudah 21.130 kantong plasma konvalesen yang terpenuhi dan didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia. Kebanyakan pendonor mendaftar melalui aplikasi Ayo Donor.

" Jumlah stok yang tersedia, sejauh ini masih jauh lebih rendah daripada permintaan yang masuk. Jadi diperlukan pendonor plasma konvalesen lebih banyak lagi," kata Ketua Bidang Donor Darah PMI Pusat, Linda Lukitari Waseso.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar