Pandemi Covid-19 Diprediksi Akan Jadi Endemi, Tak Akan Lenyap!

Reporter : Putu Monik Arindasari
Selasa, 2 Maret 2021 11:00
Pandemi Covid-19 Diprediksi Akan Jadi Endemi, Tak Akan Lenyap!
Covid-19 disebut berpotensi menjadi penyakit 'normal' dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Dream - Penelitian terbaru menunjukan 90 persen dari 100 imunologis, peneliti penyakit menular serta ahli virus (virologis), meyakini SARS-COV-2 akan menjadi endemik atau penyakit yang menetap 'permanen' di suatu wilayah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada Februari 2021, Covid-19 disebut berpotensi menjadi penyakit 'normal' dalam kehidupan manusia sehari-hari hingga beberapa tahun ke depan.

Profesor La Jolla Institute for Immunology, Erica Ollman Saphire mengatakan, Covid-19 akan menjadi bagian dari kehidupan manusia.

" Jika Covid menjadi endemik, orang akan hidup lebih baik secara keseluruhan dan tidak sakit karena virus," ujar Saphire dikutip dari laman CNBC, Selasa 2 Maret 2021.

Perubahan Covid-19 menjadi endemik bakal memberikan pengaruh signifikan. Kata Saphire, Covid-19 bisa menjadi virus yang tetap ada dan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker akan menjadi budaya baru dalam mencegah penularan virus tersebut.

1 dari 1 halaman

Penyebaran Covid-19 yang berkelanjutan kemungkinan tidak akan memberikan efek parah. Tubuh akan mengembangkan respons imun yang lebih kuat dengan setiap infeksi berikutnya. Tentunya dengan gencar melakukan vaksinasi.

Pada akhirnya, cukup banyak dari kita yang akan divaksinasi atau bertahan, sehingga bakal ada kekebalan kelompok yang akan memperlambat penyebaran.

Namun yang dikhawatirkan, sambung Saphire, jenis virus Covid-19 terus bermutasi sehingga vaksin harus terus-menerus diperbaharui.

Sementara itu, Dr. Scott Gottlieb, mantan komisaris Food and Drug Administration (FDA) berpendapat, ketika orang-orang terus mendapatkan vaksinasi, tingkat infeksi akan turun secara dramatis selama musim semi dan musim panas.

Menurutnya jika Covid-19 terus menyebar, kemungkinan tidak akan separah sebelum adanya vaksinasi.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar