4 Program Ramadan TV Kena Semprit KPI

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 16 Juni 2017 19:25
4 Program Ramadan TV Kena Semprit KPI
Ada program sama di jam tayang berbeda yang sampai kena semprit.

Dream - Merupakan sebuah kebiasaan stasiun televisi membuat program khusus saat Ramadan, terutama waktu sahur dan berbuka. Sayangnya, masih ada saja program siaran televisi yang tayang tak sesuai ketentuan yang berlaku. 

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memantau tiap program siaran televisi. Pemantauan tersebut berlangsung sejak awal Ramadan.

" Jadi ini dilakukan pemantauan yang dilaksanakan selama 15 hari Ramadan," kata Komisioner KPI Pusat, Dewi Setyani di kantor KPI, Jakarta, Jumat, 16 Juni 2017.

 KPI

Dewi mengatakan terdapat empat program siaran Ramadan yang berpotensi melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS). Keempat program tersebut yaitu Sahurnya OVJ (Trans7), Pesbukers Ramadan (ANTV), Sahurnya Pesbukers (ANTV), dan Keluarga Gunarso (Indosiar).

Dewi menjelaskan secara umum keempat program itu melanggar Pasal 9 P3&SPS KPI tentang Penghormatan Terhadap Norma Kesopanan dan Kesusilaan, Pasal 15 tentang Perlindungan Anak dan Remaja serta Pasal 17 tentang Perlindungan Kepada Orang Tua dan Masyarakat Tertentu.

" Selain tiga pasal itu, KPI juga melihat adanya pelanggaran atas penggolongan program siaran dengan klasifikasi remaja," ucap dia.

Lebih lanjut, kata Dewi, keempat program siaran tersebut masih menyajikan dialog berupa celaan, makian dan hinaan.

" Hal itu tidak sepatutnya pada program acara yang dikaitkan dengan bulan Ramadan, namun justru diisi dengan candaan dan lawakan yang merendahkan martabat manusia," ujar dia.(Sah)

[crosslink_1]

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal