Makna di Balik Tahun Baru Islam

Reporter : Vinda Prashita
Selasa, 4 Oktober 2016 06:02
Makna di Balik Tahun Baru Islam
Tahun baru Islam dimulai sejak Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkatul mukarramah ke Madinatul munawwarah.

Dream - Tahun baru Islam dimulai sejak hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekah ke Madinah. Nabi dan Sahabat hijrah karena Kota Mekah tak kondusif untuk berdakwah.

Kala itu, Mekah bukan lagi tempat yang aman untuk perkembangan dan kemajuan Islam, maka Allah, melalui Malaikat Jibril, memerintahkan agar Nabi bersama umat Islam untuk hijrah. Berikut Firman Allah:

" Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) malaikat bertanya: “ Dalam keadaan bagaimana kamu ini?” Mereka menjawab : “ Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah).” Para malaikat berkata: “ Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah dibumi itu?” Orang-orang itu tempatnya Neraka Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruknya tempat kembali. kecuali mereka yang tertindas baik laki-laki atau wanita ataupun anak-anak yang tidak mampu berdaya upaya dan tidak mengetahui jalan (untuk hijrah). Mereka itu, mudah-mudahan Allah mema’afkannya. Dan adalah Allah Maha Pema’af lagi Maha Pengampun.”(An-Nisaa’ : 97-99)

Bagaimana umat Islam memaknai dalam pergantian Tahun Islam? Berikut tiga pesan moral untuk menuju jalan dari Ridha Allah. Baca selengkapnya di sini...

Kirimkan blog atau website kamu ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin di-publish
2. Sertakan link blog/web
3. Foto dengan ukuran high-res (tidak blur)

Beri Komentar