Ma'ruf Amin Usul MUI Data Kembali Ormas Islam Anggota

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 21 Desember 2020 07:02
Ma'ruf Amin Usul MUI Data Kembali Ormas Islam Anggota
Dengan data yang jelas, MUI bisa membuat keputusan yang mewakili berbagai ormas.

Dream - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengarahkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk melakukan kembali pendataan keanggotaan organisasi massa Islam. Langkah tersebut sebagai salah satu cara agar MUI dapat merangkul semua ormas Islam.

" Ormas-ormas ini kita list (data) kembali supaya jumlahnya jelas dan organisasi apa saja. Sebab nanti apabila kita melakukan rapat pleno, kita harapkan ormas-ormas ini bisa mengambil keputusan bersama yang menjadi keputusan ormas-ormas Islam," ujar Ma'ruf.

Dengan data yang jelas, Wapres berharap MUI dapat mengambil keputusan yang tidak sepihak. Karena ke depan, dia yakin banyak hal yang harus dikerjakan bersama.

Ma'ruf mengatakan rumusan pokok atas suatu masalah memang berada di Dewan Pertimbangan. Tetapi, kewenangan eksekusi secara detail ada pada Dewan Pengurus Harian.

" Saya ingin membuat situasi yang baru, saling mengisi sesuai fungsinya jangan melewati seperti yang digariskan Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga (PDPRT)," kata Ma'ruf.

1 dari 1 halaman

Kuatkan Sinergisitas

Pernyataan ini disampaikan Ma'ruf saat menghadiri silaturahmi Pimpinan Dewan Pertimbangan MUI periode 2020-2025. Dalam kepengurusan baru MUI, Ma'ruf terpilih sebagai Ketua Wantim.

Dalam pertemuan tersebut, Ma'ruf mengimbau kepengurusan MUI yang baru terbentuk untuk saling mengenai. Hal itu untuk memantapkan sinergisitas.

" Taaruf tentu saling mengenal, karena kita semua sebenarnya sudah hampir saling kenal semua, tetapi untuk lebih memantapkan saja, lebih mengenal dalam posisinya baik sebagai wakil ketua maupun sekretaris atau wakil sekretaris," ucap dia.

Sumber: Liputan6.com/ Muhammad Radityo Priyasmoro.

Beri Komentar