Tak Terasa Masjid Istiqlal Sudah Berusia 40 Tahun

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 23 Februari 2018 07:01
Tak Terasa Masjid Istiqlal Sudah Berusia 40 Tahun
Masjid Istiqlal menjadi titik tolak persatuan umat Islam.

Dream - Masjid Istiqlal merayakan milad ke-40 pada 22 Februari 2018 kemarin. Tak seperti tahun lalu, perayaan milad masjid penuh sejarah di Tanah Air tak terdengar gaungnya.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud Nadjamuddin Ramly mengatakan perayaan milad Istiqlal memang rencananya baru akan digelar pada Ramadan nanti.

" Perayaan Istiqlal dan lain-lain akan kami buat bulan Ramadan atau Mei 2018 nanti," kata Nadjamuddin kepada Dream, Kamis, 22 Februari 2018.

Milad masjid terbesar di Asia Tenggara itu akan diisi dengan kegiatan berupa pembersihan Masjid Istiqlal dan pameran kebesaran wali-wali di Jawa dan kesultanan Islam

" Serta ikut membantu ta’jilan di Masjid Istiqlal," ucap dia.

Saat perayaan milad ke-39, kondisi politik di Jakarta sedang menghangat. Kondisi ini muncul akibat Pilkada DKI Jakarta.

Di tengah kondisi tersebut, Najamuddin perayaan berdirinya masjid terbesar di Indonesia itu dapat menjadi pemersatu bangsa.

" Selama empat bulan ini negeri kita " agak ribut" . Terjadi polarisasi yang kuat di tengah masyarakat. Mudah-mudahan perayaaan milad (Masjid) Istiqlal menjadi solusi kebudayaan, menjadi kembalinya kehidupan yang harmoni," kata Najamuddin setahun lalu.

Perayaan milad Masjid Istiqlal pada 2017 memamerkan dokumentasi, gambar, dan foto-foto sejarah Masjid Istiqlal yang pernah dimuat di media manapun.

Panitia secara khusus juga akan mengundang keluarga arsitek keluarga, Friederich Silaban, perancang desain Masjid Istiqlal.

Selain itu, juga akan ditampilkan pementasan persinggungan kebudayaan nusantara dengan syiar Islam.

(Sah)

Beri Komentar
Belum Selesai, Pembangunan MRT Fase 2 Baru Dimulai