Kala Mendikbud Tunduk Aturan Tak Boleh Ganggu Peserta UNBK

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 3 April 2018 15:01
Kala Mendikbud Tunduk Aturan Tak Boleh Ganggu Peserta UNBK
"Kan peraturannya memang enggak boleh. Menteri sendiri juga enggak boleh,"

Dream - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memastikan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berjalan lancar. Muhadjir mengaku bersyukur dengan pelaksanaan UNBK tahun ini.

" Alhamdulillah sampai saat ini belum ada laporan yang kurang menggembirakan, semuanya sangat menggembirakan mulai dari pelaksanaannya juga sudah sesuai dengan prosedur, antara lain ada pertukaran pengawas dari sekolah ke satu ke sekolah lain," ujar Muhadjir dikutip dari Merdeka.com, Selasa, 3 April 2018.

Muhadjir mengatakan sejauh ini belum ada laporan mengenai gangguan internet selama ujian berlangsung. Bahkan, kata Muhadjir, PLN memastikan aliran listrik lancar selama UNBK, terutama di daerah-daerah pelosok.

" Bahkan PLN menyediakan cadangan berupa genset untuk wilayah-wilayah yang dikhawatirkan jaringan listriknya mengalami (pemadaman) giliran. Jadi mudah-mudahan lancar semua," ucap Muhadjir.

Meski begitu, Muhadjir mengakui masih ada daerah yang belum melaksanaan UN. Ini karena daerah-daerah tersebut masih libur merayakan Paskah sehingga pelaksanaan UNBK harus ditunda.

" Ada yang ditunda berkaitan dengan Hari Raya Paskah. Saya lupa itu (daerahnya), ada beberapa daerah. Tapi itu permintaan masing-masing," terang dia.

Sidak dilakukan Muhadjir di dua SMKN di Jakarta yaitu SMKN 29 Penerbangan Jakarta dan SMKN 6 Jakarta. Dia sempat ingin masuk ke ruangan untuk melihat langsung bagaimana para siswa mengerjakan soal UNBK.

Meski sudah mendapat izin dari Kepala Sekolah, Muhadjir tak jadi masuk ruangan. Dia mengingatkan pelaksanaan UNBK tidak boleh diganggu, termasuk kunjungan menteri.

" Enggak boleh dibuka ini. Kan peraturannya memang enggak boleh. Menteri sendiri juga enggak boleh," ucap Muhadjir.

Sumber: Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara