Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Alam (4): Terkuaknya Misteri Danau yang Hilang di Oregon

Alam (4): Terkuaknya Misteri Danau yang Hilang di Oregon Lost Lake Di Oregon, Amerika Serikat (Sumber Foto: Modernreaders.com)

Dream - Di sebuah pegunungan kawasan Negara Bagian Oregon, Amerika Serikat, ada sebuah danau. Danau seluas 35 hektar ini dikelilingi hutan pinus di sekitarnya. Ukurannya tidak terlalu besar dibandingkan dengan Great Lakes atau Midwest. Danau itu berada  290 kilometer arah selatan Portland.

Penduduk asli Amerika menyebut tempat ini dengan istilah ‘Kwoneksamach’ yang berarti misterius. Nama itu dipakai hingga orang-orang Amerika Eropa mendokumentasikan kunjungan mereka di situ di tahun 1870-an.

Salah seorang penyair, Samuel Taylor Coleridge, mengabadikan danau tersebut dalam salah satu puisi berjudul “Lost Lake” atau Danau yang Hilang. Judul puisi itu menjadi nama danau tersebut hingga sekarang.

Mengapa nama tersebut yang dipilih? Di sinilah letak keanehannya. Ketika musim gugur dan salju terjadi, danau ini penuh dengan air. Penduduk kerap memanfaatkan danau itu untuk kebutuhan air dan wisata. Banyak penduduk yang mengayuh kano atau perahu kecil di atas danau ini.

Namun, tatkala musim semi dan panas tiba, jangan berharap air dapat ditemukan. Yang ada hanya padang rumput yang begitu luas. Air yang berlimpah itu mendadak menghilang begitu saja, tanpa ada satupun orang yang tahu apa sebabnya.

Peristiwa aneh itu berulang setiap tahun. Saat musim gugur dan salju, air berlimpah. Sementara ketika musim semi dan panas, yang ada hanya padang rumput. Danau itu menghilang.

“Danau itu terisi penuh di musim dingin, ketika datang musim panas, danau itu kering dan menjadi padang rumput,” ujar juru bicara Taman Nasional Willamette Jude McHugh, kepada Bend Bulletin, dilansir washingtonpost.com.

Keanehan itu baru terjawab sekarang. Saat pergantian menuju musim panas, rupanya air menyusut dalam beberapa hari karena tersedot dua lubang yang terletak di dasar danau. Ada dua lubang di sana dengan ukuran diameter diperkirakan sebesar 5 meter.

Lalu, bagaimana dua lubang tersebut bisa muncul? Hal itu terus menjadi misteri yang sulit terpecahkan selama berpuluh tahun. Juga membuat semua orang tertarik untuk memecahkan misteri tersebut.

***

Fenomena Lost Lake menarik perhatian...

Lorong Lava Jadi Saluran Pembuangan

Lorong Lava Jadi Saluran Pembuangan

Fenomena Lost Lake menarik perhatian dunia ilmu pengetahuan. Sejumlah pakar geologi pun turun dan membuat penelitian untuk menelusuri apa penyebab lubang tersebut bisa muncul.

Lubang itu diperkirakan sudah terbentuk sejak 3.000 tahun lalu. Di bawah danau itu ditemukan terowongan yang diperkirakan merupakan jalur lava. Lokasi tempat Lost Lake memang berada di dekat gunung berapi berusia sekitar 12.000 tahun.

Proses pembentukan lubang ini bermula ketika lava mengalir dari gunung berapi. Lava tersebut begitu banyak sehingga meluap kemudian menjadi dingin dan menimbulkan beberapa lapisan di sepanjang aliran. 

Selama berhari-hari, lava meleleh dan mengalir ke bawah dan meninggalkan bekas berupa retakan tanah. Melalui retakan tersebut gas di dalam lava mencoba keluar menuju atmosfir. Hal itu membuat retakan yang mengarah ke danau tersebut semakin melebar karena tekanan kuat dari gas. 

Karena terlalu kuat tekanan gasnya, maka retakan tersebut menjadi lubang. Ketika lava sudah tidak mengalir, maka jalur tersebut kosong dan meninggalkan bekas berupa terowongan panjang. 

Terowongan lava sebenarnya merupakan hal baru bagi Oregon. Sebab, sebagai kawasan yang memiliki banyak gunung berapi, belum pernah ada kasus lava mengalir lewat dalam tanah. Lazimnya, lava gunung berapi selalu mengalir di atas tanah. 

Hal itu membawa akibat air danau mengalir masuk ke dalam lubang tersebut. Air menyusuri jalur lava yang ada di bawah danau. Tapi, tidak ada seorang pun yang tahu ke mana air yang begitu banyak jumlahnya tersebut mengalir.

Lubang tersebut menjadi semacam saluran pembuangan alami. Warga sekitar percaya air yang masuk lubang tersebut mengalir mengikuti jalur aliran air tanah. Air tersebut menjadi cadangan air tanah yang begitu bermanfaat bagi kehidupan ketika musim semi dan panas.

***

Lost Lake sudah menjadi rumah bagi...

Hampir Rusak Akibat Ulah Manusia

Hampir Rusak Akibat Ulah Manusia

Lost Lake sudah menjadi rumah bagi sebagian besar organisme. Danau ini memiliki peran sangat penting bagi jutaan makhluk. Air di danau ini menjadi sumber cadangan air bersih bagi penduduk sekitar.

Selain itu, keberadaan danau ini menjadi primadona bagi masyarakat sekitar. Mereka kerap menghabiskan waktu santai dengan sejumlah kegiatan di danau ini. Kegiatan tersebut antara lain seperti bermain kano, memancing dan sebagainya.

Kegiatan itu kerap dilakukan ketika musim gugur. Ini karena danau itu berisi air hanya ketika musim itu sedang terjadi. Sehingga, keringnya danau membuat warga sekitar tidak lagi bisa menikmati panorama danau Lake Sake.

“Di sini, di Oregon Barat, kebutuhan air minum penting bagi manusia, ikan dan segala macam spesies. Ada beberapa anak yang akan lahir dan akan minum air di danau ini ketika mereka berusia 10 tahun,” kata McHugh.

Hal itu membuat para warga frustasi saat air menyusut dan kering di musim panas. Mereka pun pernah berencana menutup lubang itu. Mereka memasukkan sampah hingga bangkai mobil agar lubang tersebut tertutup rapat.

Upaya itu sudah mereka jalankan selama bertahun-tahun. Tetapi, hasilnya tetap saja lubang tidak dapat ditutup dan upaya mereka menjadi sia-sia.

Sebagai petugas taman nasional, McHugh melarang warga terus melakukan itu. Dia menilai, hal itu justru dapat menimbulkan dampak buruk ke depannya. Salah satunya seperti menimbulkan banjir sampai jalan tol. 

Bagi McHugh, upaya tersebut juga sebagai langkah menentang kondisi alam. Dia kemudian meminta seluruh penduduk untuk mengikuti proses alam dan bersabar.

“Kami tidak ingin mengganggu proses alami dan kami berusaha mencegahnya,” kata McHugh.

Kasus Lost Lake juga terjadi pada danau Fish Lake. Letaknya hanya beberapa kilometer dari Lost Lake. Lebih tepatnya di dekat perbatanan US Highway 20 dan Negara Bagian Highway. 

Sama halnya dengan kasus lubang di Lost Lake. Lubang di Fish Lake juga mendapat perhatian dari penduduk sekitar. Padahal, danau tersebut begitu diandalkan lantaran menjadi sumber pasokan air minum bagi ribuan warga. Para warga pun kerap memasukkan sampah ke lubang tersebut.

“Jika ada orang yang mengaku berhasil (memasukkan sampah untuk menutup lubang), kami tidak yakin mereka bisa melakukannya. Itu hanya akan membuat danau banjir, sampai ke jalan. Ini merupakan bagian terpenting bagaimana jalan itu dirancang,” kata McHugh. 

Misteri Lost Lake karenanya adalah fenomena keajaiban alam. Bagaimana sebuah danau bisa mengering di saat musim panas. Setelah menjadi misteri puluhan tahun, kali ini sains lagi-lagi memecahkan satu lagi teka-teki alam…. (eh)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Fenomena Alam yang Mengejutkan, Danau Muncul di Dataran Garam Lembah Kematian yang Terkenal Tempat Terkering di Bumi, Petanda Apa?

Fenomena Alam yang Mengejutkan, Danau Muncul di Dataran Garam Lembah Kematian yang Terkenal Tempat Terkering di Bumi, Petanda Apa?

Lembah Kematian yang terletak di California, AS, itu menjadi saksi munculnya danau di Badwater Basin, sebuah tempat yang biasanya dipenuhi oleh dataran garam.

Baca Selengkapnya
Orangtua Tak Hadir, Momen Mahasiswi Rantau Wisuda Tanpa Pendamping Ini Bikin Air Mata Menetes

Orangtua Tak Hadir, Momen Mahasiswi Rantau Wisuda Tanpa Pendamping Ini Bikin Air Mata Menetes

Kedua Orangtua Tak Hadir, Momen Anak Rantau Wisuda Tanpa Pendamping Ini Penuh Haru

Baca Selengkapnya
Asik Amati Arus Bawah Laut, Ilmuwan Kaget Temukan Gunung Berapi Kuno yang Mematikan

Asik Amati Arus Bawah Laut, Ilmuwan Kaget Temukan Gunung Berapi Kuno yang Mematikan

Kejutan melanda para ilmuwan saat menemukan gunung sehebat ini.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Inilah 10 Bencana dan Fenomena Alam Dahsyat Paling Misterius, Sebagian Masih Misteri Hingga Kini

Inilah 10 Bencana dan Fenomena Alam Dahsyat Paling Misterius, Sebagian Masih Misteri Hingga Kini

Dalam sejarahnya, manusia sudah beberapa kali mengalami bencana dahsyat yang sulit untuk dilupakan.

Baca Selengkapnya
Di Luar Nalar! Meski Tanpa Ekor dan Separuh Badannya Hilang, Ikan Ini Tetap Hidup: Jadi Binatang Sirkus Dadakan

Di Luar Nalar! Meski Tanpa Ekor dan Separuh Badannya Hilang, Ikan Ini Tetap Hidup: Jadi Binatang Sirkus Dadakan

Ikan duri perut emas ini kehilangan separuh badan dan ekornya setelah mencoba melarikan diri dari tangki di pasar.

Baca Selengkapnya
Misteri Jasad Terkubur Separuh: Ketika Hasrat Memancing Berubah Menjadi Kengerian di Tanah Laut

Misteri Jasad Terkubur Separuh: Ketika Hasrat Memancing Berubah Menjadi Kengerian di Tanah Laut

Bayangan pemuda mendapatkan ikan besar langsung buyar dan berubah jadi kengerian saat memancing di sebuah kampung di Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Baca Selengkapnya
8 Arti Mimpi Melihat Orang yang Sudah Meninggal Tersenyum, Pesan untuk Merelakan Kepergiannya

8 Arti Mimpi Melihat Orang yang Sudah Meninggal Tersenyum, Pesan untuk Merelakan Kepergiannya

Terdapat pesan penting di balik tersenyumnya orang yang sudah meninggal.

Baca Selengkapnya