Menhub Budi Karya Positif Corona, Menteri Lainnya Tes Kesehatan

Reporter : Sandy Mahaputra
Sabtu, 14 Maret 2020 23:22
Menhub Budi Karya Positif Corona, Menteri Lainnya Tes Kesehatan
Diketahui beberapa waktu lalu, Budi Karya sempat menghadiri rapat terbatas bersama sejumlah menteri.

Dream - Semua menteri kabinet akan melakukan tes kesehatan. Hal itu menyusul diumumkannya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif virus Corona atau Covid-19 dengan nomor kasus 76

Diketahui beberapa waktu lalu, Budi Karya sempat menghadiri rapat terbatas bersama sejumlah menteri.

" Menkes telah bertindak cepat untuk mengantisipasi mengenai hal ini, melakukan tracing dan segera melakukan tes bila diperlukan," ujar Mensesneg, Pratikno, di Kemensesneg, Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Sabtu 14 Maret 2020.

Ia kembali menegaskan banyak orang yang terkena Covid-19 tapi bisa sembuh. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat tak perlu panik.
Meski begitu, positifnya Covid-19 Menhub Budi Karya, telah menjadi catatan pemerintah.

" Ini jadi catatan kita. Tak perlu panik dan meminimalisir risiko. Namun tak perlu panik, banyak kasus yang sehat," imbuh Pratikno.

(Sumber: Liputan6/Rita Ayuningtyas)

1 dari 5 halaman

Kemendagri Bantah Tito Karnavian Positif Corona

Dream - Kementerian Dalam Negeri membantah kabar saat ini Menteri Dalam Negerti Tito Karnavian tengah dirawat di rumah sakit karena terinfeksi Covid-19.

" Tidak benar bila Pak Tito terkena virus corona dan dirawat di rumah sakit," kata Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga dalam siaran persnya.

Meski demikian Kastorius membenaran jika siang hari tadi Titi Karnavian berkunjung ke RS Persahabatan dengan mobil dinas Land Cruiser Bernomor Polisi B 21.

" Mendagri menginformasikan ke saya lewat wa bahwa beliau hendak " takziah" (mengunjungi jenasah) ke almarhum Ketua PPATK, Ki Agus Barudin. Almarhum adalah sahabat dan juga dipandang oleh Mendagri sebagai senior," kata dia.

Dalam rangka itulah, kata dia, mobil dinas Mendagri Tito tampak dan dipotret oleh wartawan sehingga muncul spekulasi Mendagri Tito di rawat di rumah sakit terkait Covid-19.

(Sumber: Liputan6/Nila Chrisna Yulika)

2 dari 5 halaman

Pemerintah Jawab Kabar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Positif Corona

Dream - Juru Bicara Penanganan Kasus Virus Corona Achmad Yurianto angkat bicara terkait kabar beredar menyebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga terjangkit virus corona atau Covid-19.

" Belum dinyatakan positif," kata Achmad Yurianto di kantor BNPB, Jakarta Timur, dikutip dari Liputan6.com, Sabtu 14 Marte 2020.

Ia juga memastikan Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Ahmad Badarudin negatif Covid-19. " Jam 2 negatif, bukan covid," tegas Yurianto.

Di tempat terpisah, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja juga membantah kabar tersebut. Ia memastikan kondisi Menteri PUPR sehat.

" Saya berkomunikasi dengan beliau dari pagi untuk berbagai urusan pekerjaan. Beliau ada di rumah dinas dalam keadaan sehat walafiat," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com)

3 dari 5 halaman

Kronologi Menhub Budi Karya Positif Corona

Dream - Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya mengungkapkan kronologi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hingga positif covid-19

Pada awalnya, Menteri Budi dirawat dengan penyakit penyerta di sebuah rumah swasta.

" Dengan perkembangan timbul sesak napas, selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dilakukan pemasangan beberapa alat medis supaya tertangani dengan baik. Saat ini beliau dirawat di RSPAD dan tadi sore tim yang merawat nyatakan ada perbaikan," ujar Albertus di Jakarta, Sabtu malam 14 Maret 2020.

Sebelumnya Budi Karya Sumadi harus dirawat di rumah sakit setelah menderita penyakit tifus. Menurut Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati, saat ini Menhub dalam kondisi stabil.

4 dari 5 halaman

Penuh Kegiatan

Namun, Adita tidak mengungkapkan sudah berapa lama Menhub Budi Karya menderita penyakit tersebut. Adita menilai Menhub kelelahan karena begitu padatnya kegiatan yang harus dijalani.

" Masih dalam perawatan dokter di RS," kata Adita ketika dihubungi Liputan6.com.

Dalam unggahannya di media sosial Instagram @aditairawati, Adita menyebut atasannya itu sebagai sosok pekerja keras. Dia juga menyebut bahwa Menhub Budi Karya selalu memantau progres di Kementerian Perhubungan walaupun kesehatannya belum pulih.

"  Bersama pak Menteri yang juga atasan saya...

Seorang pekerja keras yang tidak kenal hari libur, bahkan Sabtu dan Minggu pun beliau ada di lapangan, memastikan semua program dan proyek sektor perhubungan berjalan dengan baik.

Seperti di akhir Februari sampai awal Maret lalu, dua hari penuh memantau berbagai proyek kereta api, bandara dan pelabuhan di berbagai kota dan kabupaten di Sulawesi. Dilanjut di hari-hari berikutnya dengan serangkaian pertemuan untuk menbahas antisipasi virus Corona di sektor perhubungan. Eh masih lanjut lagi dengan meeting2 dan acara2 lainnya. Begitu padatnya kegiatan, kadang abai pada kesehatan sendiri. Alhasil beliau harus istirahat di rumah karena gejala tifus" .

(Sumber: Liputan6/Muhammad Ali)

 

   

5 dari 5 halaman

Tercatat Sebagai Pasien Positif Corona Kasus ke-76

Dream - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif Covid-19. Budi Karya tercatat sebagai pasien positif Corona kasus ke-76.

" Atas izin keluarga yang disampaikan Pak Wakil Kepala RSPAD tadi, pasien tersebut pak Budi Karya, Pak Menhub," ujar Mensesneg, Pratikno, di RSPAD, Jakarta, Sabtu malam 14 Maret 2020.

Albertus mengatakan hasil laboratorium pemeriksaan Budi Karya menyatakan positif COVID-19. Saat ini, Budi Karya sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto.

 (Sumber: Liputan6/Rita Ayuningtyas)

Beri Komentar