Merokok Saat Berkendara Motor, Denda Rp750 Ribu atau 3 Bulan Penjara

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 2 April 2019 08:01
Merokok Saat Berkendara Motor, Denda Rp750 Ribu atau 3 Bulan Penjara
Aturan ini sudah berlaku sejak 11 Maret 2019

Dream - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menindak tegas pengedara sepeda motor yang ketahuan merokok saat berkendara. Penindakatan itu berdasarkan aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Permenhub RI Nomor 12 Tahun 2019, tentang pelindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir mengatakan, aturan itu sudah resmi diterapkan pada 11 Maret 2019.

" Penindakan pengendara merokok di sepeda motor di Jakarta sudah berjalan. Begitu peraturan itu keluar kami langsung melakukan penindakan," ujar Nasir, Senin 1 April 2019.

Ia menjelaskan, dalam Permen nomor 12 tahun 2019 ini mencakup turunan aturan Pasal 283 pelanggaran Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman penjara tiga bulan atau denda Rp750 ribu.

Menurutnya, para pengemudi diwajibkan menjaga konsetrasinya sesuai dengna Pasal 106 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 ayat (1) yang bunyinya, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

" Merokok sambil mengendarai sepeda motor ini dapat mengurangi konsentrasi. Jika, konsentrasi berkurang akan berakibat fatal. Mengancam keselamatan pengemudi dan orang lain," ucap dia.

1 dari 4 halaman

Setahun Berhenti Merokok, Pria Ini Bisa Nabung Rp27 Juta

Dream – Bagi Anda yang ingin berhenti merokok, kisah pria asal taiwan ini bisa jadi bahan inspirasi. Dia bisa menyisihkan uang puluhan juta setelah berhenti merokok.

Dikutip dari World of Buzz, Kamis 21 Februari 2019, pria yang tak disebutkan namanya ini berhenti merokok setelah anak pertamanya lahir. Selain hidup sehat, dia juga ingin menciptakan lingkungan kondusif untuk anaknya.

Tak hanya itu, lelaki yang tengah menjadi viral ini juga ingin punya tabungan untuk mengajak anak dan istrinya berlibur. Uang yang biasa dipakai memebeli rokok, dia simpan sebagai tabungan.

" Saya menyisihkan uang yang digunakan untuk membeli rokok," kata sang pria di akun Facebooknya.

 Uang koin yang biasa digunakan untuk membeli rokok.Uang koin yang biasa digunakan untuk membeli rokok. © World of Buzz

(Sumber: World of Buzz)

Tak mudah memang lepas dari rokok. Pria itu juga mengaku kerap merasakan 'sakau'. " Saban merasa kecanduan, saya selalu menyimpan uang 50 dolar (Taiwan)--setara Rp23 ribu," kata dia.

Dan, tekat yang bulat telah mengalahkan rasa ingin merokok. Setiap rasa ingin merokok datang, dia simpan uangnya. " Sekarang saya terbiasa menabung 50 dolar Taiwan setiap kali ingin merokok," kata pria itu.

2 dari 4 halaman

Cara Berhenti Merokok yang Efektif, Mudah dan Cepat Tapi Hasilnya Permanen

Dream - Merokok telah terbukti menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit paru kronik, kanker paru-paru, serangan jantung, serta beragam penyakit lainnya.

Rokok diketahui mengandung bahan kimia berbahaya seperti nikotin, tar, sianida, benzene, cadmium, metanol, amonia, arsenik, serta karbon monoksida.

Melihat dampaknya yang mematikan, membuat sebagian perokok ingin berhenti merokok secara total. Mereka bahkan berusaha mencari cara berhenti merokok yang efektif, mudah dan cepat tapi hasilnya permanen.

Banyak sekali cara berhenti merokok yang mudah dan cepat yang bisa dilakukan. Namun, kunci utama cara berhenti merokok yang efektif itu tergantung pada kesadaran si perokok untuk meninggalkan kebiasaan berbahaya ini.

Jika tidak ada kesadaran dan niat tulus, apapun cara yang digunakan untuk berhenti merokok secara efektif, mudah dan cepat ini tidak akan berhasil.

Cara berhenti merokok yang efektif, mudah dan cepat ini tidak memerlukan obat-obatan. Kamu cukup mengikuti saran dan tips yang diberikan.

Tapi ada cara berhenti merokok dengan permen karet nikotin, tablet isap atau tablet sublingual. Ini adalah cara berhenti merokok dengan produk pengganti nikotin.

Cara berhenti merokok dengan produk pengganti nikotin ini disebut Nicotine Replacement Therapy atau NRT. Namun produk ini agak susah didapatkan secara bebas.

Masalahnya, untuk menggunakan cara berhenti merokok dengan produk pengganti nikotin, perokok perlu datang ke sesi terapi oleh seorang psikiater atau profesional di bidangnya.

Cara berhenti merokok dengan produk pengganti nikotin yang bisa didapatkan perokok berat di antaranya adalah permen karet nikotin dan tablet isap yang dikonsumsi dengan meletakkannya di bagian dalam pipi.

Perokok berat juga bisa menggunakan cara berhenti merokok dengan inhaler pengganti nikotin, atau mengonsumsi tablet sublingual yang diletakkan di bawah lidah.

Cara berhenti merokok dengan produk pengganti nikotin lainnya adalah transdermal atau 'koyo' nikotin yang ditempel di punggung atau tubuh bagian atas, serta obat semprot hidung atau mulut.

Sayangnya, perokok terkadang merasa susah harus berhenti merokok secara total. Jika demikian, dia bisa menggunakan cara berhenti merokok secara bertahap.

Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas cara berhenti merokok yang efektif, mudah dan cepat tapi hasilnya permanen yang bisa diterapkan di rumah.

Cara Berhenti Merokok Yang Efektif, Mudah dan Cepat Tapi Hasilnya Permanen

Berikut adalah beberapa cara berhenti merokok yang efektif, mudah dan cepat tapi hasilnya permanen yang dirangkum Dream dari berbagai sumber.

Cara Berhenti Merokok Secara Alami

Beberapa tips berikut ini bisa kamu terapkan sebagai cara berhenti merokok secara alami.

  1. Cari hobi baru yang sesuai dengan passion. Hal ini akan membantu mengalihkan pikiran agar tak tergoda rokok.
  2. Cari kata-kata yang bisa jadi " sugesti otomatis" ketika akan tergoda rokok. Misalnya " Kalau aku tergoda, kapan aku berhenti merokok?" atau sesederhana, " Aku tidak merokok" .
  3. Kurangi asupan kafein, seperti dari kopi. Pasalnya kafein akan dua kali lebih efektif ketika nikotin berkurang. Nah, efek kafein membuat kamu terjaga sehingga tergoda untuk merokok.
  4. Hindari orang-orang yang merokok dan dengarkan nasihat orang-orang yang tidak suka merokok.
  5. Mencari bantuan profesional seperti psikiater, karena kecanduan rokok biasanya adalah kecanduan psikologis. Ini adalah kecanduan di mana kamu telah terbiasa dengan perilaku merokoknya, lebih dari sekedar kecanduan nikotin namun kebiasaan sehari-hari yang ada rokok di dalamnya. Hal ini harus ditangani secara profesional untuk mengetahui pemicu dan dorongan untuk merokok.

3 dari 4 halaman

Cara Berhenti Merokok Secara Bertahap

Untuk berhenti merokok, ada dua metode yang bisa digunakan, yakni cara berhenti merokok tiba-tiba atau disebut " Cold Turkey" . Ada juga cara berhenti merokok secara bertahap.

Berikut ini tips dan cara berhenti merokok secara bertahap yang bisa dilakukan di rumah.

  1. Tentukan berapa lama kamu menggunakan cara berhenti merokok secara bertahap ini, dan berkomitmenlah dengan keputusan tersebut. Misalnya kamu ingin berhenti merokok secara bertahap dalam 3 minggu, maka tandai kalender dan jangan merokok di tanggal di mana kamu seharusnya telah berhenti.
  2. Mulailah di hari yang tidak terlalu sibuk, tidak berpotensi stres, atau ketika libur. Jika kamu mulai berhenti merokok secara bertahap di hari Senin yang penuh tumpukan deadline, kamu akan tergoda lagi untuk merokok.
  3. Tentukan secara spesifik berapa banyak rokok yang kamu kurangi. Penentuan ini cukup sederhana. Misalnya satu batang rokok dalam satu hari, atau satu batang dua hari. Jumlah rokok tentu harus berkurang dari waktu ke waktu, di mana di akhir deadline berhenti merokok, kamu harus benar-benar berhenti. Contoh, minggu pertama 7 batang seminggu, minggu kedua 3 batang, minggu ketiga 1 batang, minggu berikutnya berhenti total.
  4. Kombinasikan cara berhenti merokok bertahap ini dengan konseling ke pskiater profesional, atau ke teman dekat kamu yang kontra dengan kebiasaan merokok kamu. Hal ini akan memberi dorongan lebih untuk makin semangat berhenti merokok total.

4 dari 4 halaman

Cara Berhenti Merokok dengan Vape

Vape atau Vaporizer adalah rokok elektrik yang diciptakan sebagai salah satu alternatif untuk berhenti merokok secara total.

Rokok elektrik ini menggunakan cairan beraroma yang nantinya akan menjadi uap yang menyerupai asap yang dihasilkan rokok konvensional.

Pada awalnya, Vape merupakan alternatif menarik untuk berhenti merokok. Namun lama kelamaan, terungkap kalau nge-vape ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Para pengguna vapor ternyata berisiko mengidap penyakit paru-paru, jantung, dan juga kanker. Terlebih lagi nge-vape juga membuat kecanduan seperti rokok.

Jadi, cara berhenti merokok dengan vape sebenarnya tak terlalu efektif. Apabila kamu tetap ingin menempuh cara berhenti merokok dengan vape, sepertinya kamu harus menggunakannya saat terpaksa.

Cara berhenti merokok dengan vape harus dianggap hanya untuk menggantikan sensasi asap rokok.

Selebihnya, tetap jalani cara berhenti rokok secara alami yakni berhenti total atau mengurangi secara bertahap.

Demikianlah berbagai cara berhenti merokok yang mudah, efektif dan cepat tapi hasilnya permanen. Ingat, merokok itu membunuhmu.

Kecanduan atau ketagihan rokok hanya bisa dihentikan jika kamu punya niat kuat dan kesadaran diri untuk tidak merokok. Semoga bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak