PBNU: Vaksin AstraZeneca Mubah, Karena Tak Berbahaya dan Suci

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 30 Maret 2021 15:02
PBNU: Vaksin AstraZeneca Mubah, Karena Tak Berbahaya dan Suci
Lembaga Bahtsul Masail PBNU menyatakan vaksin AstraZeneca dapat digunakan baik dalam kondisi normal maupun darurat.

Dream - Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, menerbitkan fatwa terkait status hukum penggunaan vaksin AstraZeneca.

Dalam fatwa Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pandangan Fikih Mengenai Penggunaan Vaksin AstraZeneca yang terbit pada 29 Maret 2021, LBM PBNU menyatakan vaksin tersebut mubah atau boleh digunakan.

" Vaksin AstraZeneca adalah mubah (boleh) digunakan bukan hanya karena tidak membahayakan melainkan juga karena suci," demikian bunyi fatwa tersebut, dikutip dari NU Online.

Fatwa tersebut juga menyatakan vaksin AstraZeneca dapat digunakan untuk berbagai kondisi. Baik dalam kondisi normal apalagi dalam keadaan darurat.

Penerbitan fatwa ini didasarkan pada hasil kajian LBM PBNU melibatkan sejumlah pihak terkait yang digelar pada Kamis, 25 Maret 2021.

Kajian itu menghadirkan Kepala BPOM Penny K Lukito, Direktur AstraZeneca Indonesia Rizman Abudaeri, serta tim ahli dari AstraZeneca yang diberikan kesempatan memberikan keterangan.

 

1 dari 1 halaman

Dibuat dari Bahan Non-Hewani

Rais Syuriah PBNU, KH Ahmad Ishomuddin, menyatakan berdasarkan keterangan dari tim ahli, vaksin AstraZeneca dibuat dari bahan-bahan non-hewani. Proses pembuatannya juga tidak menggunakan bahan berunsur babi maupun produk turunan babi ataupun hewan lain hingga menjadi vaksin siap pakai.

" Vaksin AstraZeneca menggunakan bahan protein berupa enzim trypsin selec yang berasal dari jamur. Dapat disimpulkan, vaksin Astrazeneca berasal dari bahan-bahan yang halal dan suci, dapat digunakan untuk vaksinasi," kata Kiai Ishomuddin.

Karena itu, LBM PBNU mengimbau masyarakat tidak perlu meragukan kemubahan vaksin AstraZeneca. Masyarakat dinilai perlu membantu Pemerintah memberikan informasi yang benar, khususnya terkait vaksin dan vaksinasi.


Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar