Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pemerintah Tunisia Larang Penggunaan Niqab

Pemerintah Tunisia Larang Penggunaan Niqab © MEN

Dream - Perdana Menteri Tunisia, Youssef Chahed, memutuskan palarangan penggunaan niqab untuk perempuan. Youssef menyebut larangan itu dibuat karena alasan keamanan.

"Siapa pun dengan wajah tertutup dilarang mengaskes kantor administrasi dan institusi publik karena alasan keamanan," kata Youssef, dikutip dari Al Arabiya, Jumat 5 Juli 2019.

Larangan ini muncul sebagai respons atas pengeboman ganda pada 27 Juni di Tunis. Aksi teror tersebut menewaskan dua orang dan melukai tujuh orang.

Sejak Februari 2014, Menteri Dalam Negeri Tunisia telah menginstruksikan polisi untuk meningkatkan pengawasan bagi pengguna niqab. Langkah itu dilakukan untuk mencegah aksi teror dan penyamaran.

Niqab dan pakaian luar yang menunjukkan ketaatan menjalani syariah Islam sempat tidak ditoleransi saat rezim otokrat Zine El Abidine Ben Ali. Tapi, pasca revolusi Tunisia pada 2011, penggunaan niqab dan pakaian Muslimah lain kembali diizinkan.

Kritik Marvel, Hijaber Ini Desain Ulang Superhero Berniqab

Dream - Hijaber yang juga berprofesi sebagai ilustrator di Amerika Serikat, Sara Alfaqeeh, mengkritik penggambaran superhero wanita berniqab dalam serial X-Men. Dia menganggap sosok superhero bernama Dust itu tidak digambarkan selaiknya seorang wanita Muslim.

Dia menilai penggambaran Marvel tentang superhero wanita, terutama yang merepresentasikan wanita Muslim, sangat membosankan. Ini lantaran Marvel selalu merancang karakter superhero wanita dengan pakaian ketat dan bagian tubuh tertentu yang menonjol.

"Ini sebenarnya bukan masalah baru sama sekali untuk komik dan itulah yang menurut saya konyol," kata Alfaqeeh, dikutip dari sbs.com.au.

Dia menyatakan karakter Dust di komik Marvel bertolak belakang dengan anjuran wanita Muslim dalam berpenampilan. Gambaran Dust justru "terlalu menggoda."

"Dust adalah karakter minor, tetapi tidak ada alasan kurangnya inspirasi dan usaha (dalam menciptakan karakter itu), terutama sebagai salah satu dari sangat sedikit wanita Muslim yang terlihat di alam semesta yang menakjubkan," tegas dia.

Buat Sketsa Sendiri Karena Gemas

Merasa gemas, Alfaqeeh melakukan 'makeover' terhadap karakter Dust. Meski awalnya hanya celetukan ide, Alfaqeeh telah menghasilkan tampilan baru karakter Dust dan memajangnya di akun Twitternya.

"Hanya karena teringat saya bisa melakukannya. Jika kamu ingin sesuatu dilakukan dengan benar, lakukan saja sendiri," kata Alfaqeeh.

Dia mengaku segera membuat sketsa mengenai karakter Dust yang baru. Maka lahirlah Dust 2.0, yang justru mendapat banyak dukungan.

Wanita itu mengaku kewalahan menanggapi banyaknya dukungan tersebut. Dia mengklaim para pendukungnya juga berasal dari fans garis keras X-Men.

 

Lebih Merepresentasikan Wanita Muslim

Meski begitu, menurut Alfaqeeh, hal yang paling berharga adalah bagaimana gambaran itu selaras dengan penampilan sebenarnya dari seorang wanita Muslim.

"Seorang wanita Muslim yang tidak tahu apa-apa tentang komik berterima kasih pada saya karena sketsa yang saya buat tentang wanita berniqab," kata dia.

Bahkan ada yang mengaku terinspirasi dari sketsa Alfaqeeh. Mereka ingin tampil seperti superhero gambaran wanita itu.

"Itu benar-benar umpan balik yang sangat valid yang saya dapatkan," ungkap dia.

(Sah, Sumber: sbs.com.au)

Denmark Ikut Larang Penggunaan Burqa dan Niqab

Dream - Denmark memutuskan untuk melarang pemakaian niqab dan burqa di wilayah publik mulai 1 Agustus tahun ini. Keputusan itu diambil oleh legislatif negeri Skandinavia itu pada Kamis pekan lalu.

Keputusan ini didukung oleh anggota parlemen dari Partai Liberal, Konservatif, dan Partai Rakyat Denmark. Sementara, anggota parlemen dari kelompok oposisi menolak undang-undang ini.

Total, ada 75 anggota parlemen Denmark yang mendukung undang-undang ini, 30 lainnya menolak. Beberapa anggota parlemen tidak hadir dalam pengambilan keputusan ini.

Dalam penggodokan undang-undang ini, pemerintah telah menghapus ancaman hukuman penjara bagi yang melanggar aturan larangan penggunaan niqab dan burqa di wilayah umum ini.

Sebagai hukumannya, bagi mereka yang pertama kali melanggar aturan ini dikenakan denda sebesar 134 euro atau sekitar Rp2 juta. Sementara, bagi yang sudah melanggar sebanyak empat kali atau lebih, bakal didenda Rp17 juta.

Menteri Kehakiman Denmark, Soren Pape Poulsen, sebelumnya menyatakan, polisi negaranya tidak akan menanggalkan paksa niqab dan burqa dari wanita yang mengenakannya. "saya tidak ingin polisi menanggalkan pakaian masyarakat, burqa atau lainnya. Itu tidak akan etrjadi," kata dia, dikutip Dream dari laman thelocal.dk, Senin 4 Juni 2018.

"Bila mereka (orang yang mengenakan burqa dan niqab) kedapatan di tempat umum, mereka akan diminta untuk pulang," tambah Poulsen. Pilihan lain, wanita berburqa atau berniqab akan dibawa ke kantor polisi sampai keluarga menjemput dan membawanya pulang. 

Ulama Al Azhar Mesir Dukung Gerakan Islam Moderat Indonesia

Dream - Ulama Mesir sekaligus mantan rektor Universitas Al Azhar, Ibrahim Salah Elsayed Soliman Elhodhod, mendukung upaya Indonesia menjaga paham Islam moderat.

"Islam itu rahmat bagi semesta alam. Alam ini, mencakup semua hal. Tak hanya orang Islam. Semua umat manusia, binatang, dan tumbuhan juga harus merasakan rahmat Islam," kata Ibrahim, dilaporkan Liputan6.com, Rabu, 3 Juli 2019.

Ibrahim bercerita mengenai budaya di Universitas Al Azhar. Dia menyebut, sebagai pusat peradaban keilmuan Islam moderat, kampus tersebut tak menutup diri terhadap ilmuwan non-Muslim.

Dia mencontohkan, Al Azhar pernah menerima Musa bin Maimun, seorang rabbi Yahudi. Musa diberi keleluasaan mengajar di Al Azhar mengenai tema kedokteran.

"Sampai saat ini, banyak para orientalis yang riset dan keluar masuk masjid di Al-Azhar. Karena keramahan di Al-Azhar, tak sedikit dari mereka kemudian masuk Islam. Meski demikian, kita juga tidak mengusik mereka yang tak mau masuk Islam," kata dia.

Ibrahim meminta umat Islam tak beragama dengan ta'ashub atau fanatisme buta. Sebab, kata dia, Islam yang diajarkan Nabi Muhammad yaitu Islam yang damai.

"Pada dasarnya, Islam menolak ta'ashub. Apalagi hingga mengakibatkan perpecahan," ucap dia.

Sumber: Liputan6.com/Reza

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Awalnya Cengar-cengir, Pertemuan Pertama Tunangan Pria dengan Calon Istri Ini Endingnya Bikin Jantungan

Awalnya Cengar-cengir, Pertemuan Pertama Tunangan Pria dengan Calon Istri Ini Endingnya Bikin Jantungan

Wanita yang mengenakan pakaian muslimah itu keluar sambil menutupi wajahnya menggunakan hijab.

Baca Selengkapnya
Puasa Ramadan Terpanjang dan Terpendek di Berbagai Negara, Ini Penyebabnya

Puasa Ramadan Terpanjang dan Terpendek di Berbagai Negara, Ini Penyebabnya

Rata-rata lamanya durasi puasa antara 12-13 jam. Namun, ada negara yang bahkan berpuasa sampai 20 jam.

Baca Selengkapnya
Penderitaan Wanita di Gaza Terpaksa Pakai Potongan Kain Tenda sebagai Pembalut Saat Menstruasi

Penderitaan Wanita di Gaza Terpaksa Pakai Potongan Kain Tenda sebagai Pembalut Saat Menstruasi

Sejumlah perempuan pengungsi yang tinggal di Rafah menggunting kecil-kecil kain tenda mereka.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Anak Artis yang Putuskan Berhijab di Usia Belia, Ada yang Sudah Memulai Sejak Umur 6 Tahun

5 Anak Artis yang Putuskan Berhijab di Usia Belia, Ada yang Sudah Memulai Sejak Umur 6 Tahun

Anak-anak artis ini memutuskan berhijab sejak usianya masih muda. Bahkan ada yang baru berusia lima tahun sudah belajar memakai hijab sampai sekarang.

Baca Selengkapnya
Cuma Ada di Indonesia Jemaah Tarawih Pakai Mukena Motif Macan Tutul, Netizen: 'Malaikat Auto Kaget'

Cuma Ada di Indonesia Jemaah Tarawih Pakai Mukena Motif Macan Tutul, Netizen: 'Malaikat Auto Kaget'

Perekam video kaget dengan jemaah perempuan di mushola itu karena mukena yang mereka kenakan.

Baca Selengkapnya
Pesona Acha Septriasa Tampil Berhijab Kala Umroh, Intip Detail Outfitnya

Pesona Acha Septriasa Tampil Berhijab Kala Umroh, Intip Detail Outfitnya

Acha Septriasa membagikan momen perjalanan umrahnya bersama keluarga baru-baru ini.

Baca Selengkapnya
Jadi Waktu yang Mustajab, Inilah Dzikir dan Doa Menjelang Buka Puasa yang Baik Diamalkan, Lengkap dengan Sunah-sunahnya

Jadi Waktu yang Mustajab, Inilah Dzikir dan Doa Menjelang Buka Puasa yang Baik Diamalkan, Lengkap dengan Sunah-sunahnya

Saat berbuka menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa.

Baca Selengkapnya
3 Golongan Muslimah yang Tidak Wajib Berhijab, Siapa Sajakah Mereka?

3 Golongan Muslimah yang Tidak Wajib Berhijab, Siapa Sajakah Mereka?

Menurut ulama Syafi'iyah, aurat perempuan adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tes Kemistri Nama Buah

BUNGKUS! Tes Kemistri Nama Buah

Seberapa dekat hubungan dengan temanmu, kira-kira mereka bisa jawab nggak nama buah-buahan ini?

Baca Selengkapnya