Penipu Nigeria Dituntut Kembalikan Uang Orang Miskin Senilai Rp2 Triliun

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 20 Januari 2020 07:01
Penipu Nigeria Dituntut Kembalikan Uang Orang Miskin Senilai Rp2 Triliun
Punya jet hingga mobil-mobil mewah.

Dream - Mantan Gubernur Delta State, Nigeria, James Ibori, dituntut mengembalikan uang untuk orang-orang miskin yang diambilnya. Dia ditagih mengembalikan uang senilai 117 juta pound sterling atau setara Rp2 triliun.

Dilaporkan Metro.co.uk, James menghabiskan uang untuk membeli rumah mewah, jet pribadi sebesar 12,6 juta poundsterling, Rp2,2 triliun, sekolah anak-anaknya, dan perjalanan kelas satu.

Selain itu James juga memiliki mobil mahal Range Rovers seharga 600 ribu poundsterling (Rp10,6 miliar), mobil Bentley seharga 120 ribu poundsterling (Rp2,1 miliar), dan Marcedes Maybach seharga 340 ribu poundsterling (Rp6 miliar).

Dia mendapatkan uang itu dengan cara mencurangi bantuan pemerintah. Tak sendirian, aksi mencatut uang yang tak sepantasnya itu dibantu sang istri, saudara perempuan, dan pejabat korup lainnya.

Sebelum menjadi pejabat, James punya catatan yang buruk saat di Inggris. Dia pernah mencuri di toko pada 1990an.

 

1 dari 6 halaman

Pencucian Uang

Saat kariernya naik tajam catatan kejahatan itu disembunyikan. James mengatakan, dia menjadi konsultan Presiden Nigeria Sani Abacha.

Akibat kasus korupsi ini, keluarga James dipenjara. Istrinya, Theresa, ibunya, Onuigbo dan saudarinya, Christine Christine Ibori-Idie, masing-masing dipenjara selama lima tahun pada 2012 karena pelanggaran pencucian uang.

Mantan bankir Goldman Sachs Ellias Preko dihukum empat setengah tahun pada 2013 karena mencuci uang kotor milik James.

James dipenjara selama 13 tahun di Inggris pada 2012, namun masih belum mengembalikan satu sen pun uang yang dia kembalikan. Dia dibebaskan pada Desember 2016 dan kembali ke Nigeria. Tetapi dia menghadapi proses persidangan kejahatan di Pengadilan Southwark Crown.

2 dari 6 halaman

Ketahuan Korupsi, Miliarder Ini Punya Istri dan 100 Kekasih

Dream - Seorang mantan pimpinan perusahaan pengelola keuangan di Tiongkok ditangkap polisi karena kasus korupsi. Selain tindak kriminal tersebut, publik terkejut dengan kehidupan pribadi pengusaha bernama Lai Xiaomin ini.

Mengutip laman Asia One, Kamis 26 Desember 2019, Lai Xiaomin ternyata menjalin hubungan cinta dengan 100 wanita.

Dia menghadiahi istri dan para kekasihnya dengan properti dan perumahan di lingkungan Zhuhai, Tiongkok.

Ternyata, Lai dan mantan-mantan pasangannya (beserta anak-anak mereka) tinggal di daerah yang sama tanpa banyak masalah. Dia juga diduga memberikan posisi kepada kekasih-kekasihnya sebagai manajer, eksekutif, dan direktur di perusahaan.

Lai ditangkap pada April 2019. Dikabarkan pihak berwenang menemukan lebih dari 100 properti dengan namanya dan uang tunai senilai 270 juta yuan (Rp537,54 miliar) seberat 3 ton di rumah Lai.

Investigasi juga mengungkapkan ibu Lai juga menerima suap sehingga 300 juta yuan (Rp597,27 miliar). Terungkap juga total aset yang diperoleh dengan buruk diperkirakan lebih dari 2 miliar yuan (Rp3,98 triliun).

Sekadar informasi, Lai merupakan delegasi Partai Komunis Tiongkok dari Kongres Rakyat Nasional pada 2013-2018. Dia diusir dari partai. Lai juga tercatat sebagai pemimpin partai pertama yang didakwa di pengadilan untuk bigami.

3 dari 6 halaman

Pengakuan Pelakor Berantai yang Tiduri 100 Pria, Selingkuh adalah...

Dream - Jika Sahabat Dream pernah mendengar pembunuh berantai, maka ada seorang wanita Inggris yang mendapat julukan sebagai pelakor berantai.

Bagaimana tidak, janda cantik bernama Gweneth Lee itu mengaku telah tidur dengan lebih dari 100 pria yang sudah menikah dalam satu dekade ini.

 © Dream

Gweneth mulai 'gemar' menggoda pria beristri sejak dia kehilangan suaminya, Robert, yang meninggal karena kanker 11 tahun lalu.

Perempuan asal Chelsea, London Barat, Inggris, itu bahkan punya pendapat yang mencengangkan soal perselingkuhan dengan para 'korbannya'.

4 dari 6 halaman

Perilaku Selingkuh adalah Turunan

Menurut wanita 48 tahun itu, perselingkuhan tersebut 'sudah mendarah daging' pada dirinya. Artinya, perselingkuhan sudah jadi gen dalam keluarganya.

Tidak hanya dirinya, Gweneth mengklaim bahwa gen perselingkuhan tersebut juga diturunkan kepada para pria yang menjadi pasangannya.

" Anak-anak lelaki atau perempuan yang selingkuh tidak merasa malu dengan perilaku mereka. Karena mereka tahu orang tua mereka juga melakukan hal yang sama," jelas Gweneth.

" Salah satu pria yang aku kencani adalah seorang bankir kaya raya dari Cambridge. Ibu dia menikah tiga kali," tambahnya.

Gweneth mengatakan teman kencannya itu tumbuh bersama para pria yang jadi suami ibunya, dan itu memengaruhi perilakunya seiring bertambahnya usia.

5 dari 6 halaman

Didukung Penelitian

Gweneth mengaku bahwa dia mendapatkan semua kekasihnya dari situs kencan di luar nikah bernama Illicitencounters.com.

Yang mengejutkan, klaim Gweneth bahwa perselingkuhan itu sudah mendarah daging dalam keluarga, dibenarkan oleh penelitian.

Sebuah penelitian dari Illicitencounters.com menemukan bahwa sepertiga pelaku merasa perselingkuhan ibu mereka seolah sebuah 'izin' untuk melakukan hal yang sama. Sementara lebih dari 50 persen pria yang selingkuh memiliki ayah yang juga tidak setia pada ibunya.

6 dari 6 halaman

Dengan Beberapa Pria Sekaligus

Menurut Gweneth, hubungan dengan para pria yang jadi pasangannya berlangsung beberapa hari hingga tahun.

Terkadang Gweneth kencan dengan beberapa pria sekaligus. Tapi dia bisa mengatur semua kencannya tanpa diketahui satu sama lain.

Di antara deretan pria yang jadi pasangan selingkuhnya bukan pria sembarangan. Mereka rata-rata pria kaya, seperti pedagang perhiasan, pialang saham, dan bos perusahaan teknologi.

Sumber: The Sun

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak