Perpanjangan Pengetatan Jawa-Bali, Operasional Mal dan Restoran Sampai 20.00

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 21 Januari 2021 19:00
Perpanjangan Pengetatan Jawa-Bali, Operasional Mal dan Restoran Sampai 20.00
Pada PPKM tahap satu, jam buka mall dibatasi hingga 19.00.

Dream - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, telah mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali. Perpanjangan berlangsung selama 14 hari, mulai 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

" Ini termasuk juga untuk pembatasan WNA di Indonesia. Jadi WNA di Indonesia juga dilakukan pelarangan tanggal 26 Januari sampai dengan 8 Februari," ucap Airlangga, disiarkan channel YouTube BNPB.

Airlangga mengatakan ada perubahan aturan pada PPKM tahap dua. Seperti, jam operasional mall dan restoran dibatasi hingga pukul 20.00 atau jam 8 malam.

" Mall dan restoran yang dalam pembatasan kemarin maksimal jam 7, karena agak flat, maka ini diubah menjadi sampai dengan jam 8 malam," ucap Erlangga.

Untuk restoran, kata Airlangga, kapasitas makan di tempat dibatasi maksimal 25 persen. Layanan take away atau bawa pulang tetap diizinkan.

1 dari 3 halaman

WFH Tetap 75 Persen

Kemudian, aktivitas perkantoran dan kegiatan belajar mengajar tetap dibatasi 75 persen Work From Home (WFH) dan lebih banyak dijalankan secara online. Sedangkan sektor esensial tetap beroperasi 100 persen.

" Kegiatan konstruksi tetap berjalan, kegiatan ibadah 50 persen, fasilitas umum ditutup, transportasi diatur oleh masing-masing pemda," kata Airlangga.

Menurut Airlangga, dari hasil evaluasi terdapat 73 daerah menerapkan PPKM. Masing-masing daerah berada dalam zonasi penyebaran tinggi, sedang, dan rendah.

" 73 kabupaten/kota masih berisiko tinggi, 41 kabupaten kota risiko sedang, dan 3 kabupaten/kota risiko rendah," terang Airlangga.

2 dari 3 halaman

Kasus Menurun Hanya di Banten dan Yogyakarta

Selain itu, perpanjangan PPKM dilakukan setelah memperhatikan kondisi lapangan dan kesesuaian dengan parameter yang telah ditetapkan pemerintah.

Hingga saat ini, kata Airlangga, masih ada lima dari tujuh provinsi dengan catatan kasus Covid-19 yang tinggi. Data mulai menurun hanya terjadi di Banten dan Yogyakarta.

" Berdasarkan parameter-parameter tersebut yaitu kasus mingguan itu ada 52 kabupaten kota masih mengalami kenaikan dan 21 menurun," ucap Airlangga.

Kemudian, kasus aktif di 46 kabupaten kota masih meningkat dan 24 menurun serta tiga tetap. Sedangkan tingkat kematian di 44 kabupaten kota masih mengalami kenaikan, 29 kabupaten kota turun.

" Kesembuhan 33 kabupaten kota mengalami penurunan dan 34 meningkat dan 6 tetap," ucap Airlangga.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 3 halaman

Pembatasan Ketat Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 8 Februari 2021

Dream - Pemerintah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dijadwalkan berakhir pada 25 Januari 2021. Keputusan tersebut diambil dalam rapat kabinet terbatas mengevaluasi semakin tingginya kasus Covid-19.

" Berdasarkan evaluasi tersebut, Bapak Presiden meminta agar pembatasan kegiatan masyarakat ini dilanjutkan dari tanggal 26 Januari hingga 8 Februari," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers virtual usai rapat bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Airlangga menjelaskan Menteri Dalam Negeri selanjutnya akan mengeluarkan instruksi yang diharapkan seluruh gubernur dapat mengevaluasi penanganan Covid-19 di daerahnya.

Dia juga berharap daerah dapat menaikkan tingkat kesembuhan agar di atas rata-rata nasional. Juga menekan tingkat kasus positif lebih rendah dari rata-rata nasional.

" Ini jadi parameter yang harus dievaluasi," kata dia.

Kasus Covid-19 di Indonesia dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan sangat tinggi. Kasus positif pernah mencapai 14 ribu pada Sabtu, kemudian sempat turun ke level 9.000 namun melejit kembali ke level 12 ribu.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar