Prabowo Siap Beli 3 Kapal Selam Baru Gantikan KRI Nanggala-402

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 30 April 2021 15:00
Prabowo Siap Beli 3 Kapal Selam Baru Gantikan KRI Nanggala-402
Kemenhan ternyata telah melakukan uji coba untuk mengetahui kemampuan kapal selam yang akan dibeli.

Dream - Karamnya kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan laut Bali menyisakan duka mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya bagi TNI Angkatan Laut (AL) dan keluarga 53 awak personel on board yang ditinggalkan.

Insiden tenggelamnya kapal selam ini membuat Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, mengambil langkah cepat. Dia segera membeli tiga uniit kapal selam baru untuk TNI AL.

" Kita baru ada ngadakan tiga kapal selam baru, dari Korea Selatan," ucap Prabowo Subianto dikutip dari merdeka.com, Jumat 30 April 2021.

1 dari 5 halaman

Tak hanya itu, Kemenhan ternyata telah melakukan uji coba untuk mengetahui kemampuan kapal selam yang akan dibeli.

" Masih terus diadakan uji coba," jelas mantan Danjen Kopassus itu.

Prabowo juga membenarkan bahwa Indonesia memiliki rencana untuk menambah kapal selam. Hal tersebut dilakukan sejak insiden KRI Nanggala 402 mengalami subsunk ketika beroperasi di perairan laut Utara Bali.

" Dan terus memang kita rencananya akan tambah kapal selam. Rencana kita memang terus mengadakan penambahan kapal selam," ungkap dia.

Sumber: merdeka.com

2 dari 5 halaman

KRI Nanggala 402 Tenggelam, Menhan Prabowo: Selamat Berlayar Menuju Keabadian

Dream - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan duka mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI AL dalam insiden tenggelamya KRI Nanggala-402. Kapal selam tersebut dinyatakan tenggelam setelah dilakukan selama 72 jam namun tak ada hasil.

" Seluruh prajurit yang telah gugur adalah putra putra terbaik bangsa," ujar Prabowo di akun Instagram.

KRI Nanggala-402 dikabarkan mengalami retak sebelum berlayar. Akibatnya, kapal itu tidak mampu menahan tekanan air hingga akhirnya terpecah.

Tidak ada satupun prajurit TNI AL dapat diselamatkan dari insiden tersebut. Prabowo yakin pengorbanan para prajurit tersebut tidak sia-sia.

3 dari 5 halaman

Berlayar Menuju Keabadian

Prabowo juga berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Dia menyatakan negara berutang budi terhadap perasaan yang dirasakan para keluarga korban.

" KRI Nanggala 402, kami titipkan kedaulatan laut Indonesia kepada kalian, selamat jalan, selamat berlayar menuju keabadian," kata Prabowo.

      View this post on Instagram      

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo)

 

4 dari 5 halaman

Innalillahi, Menhan Prabowo Subianto Berduka

Dream - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, berduka atas tenggelamnya KRI Nanggala-402. Salah satu dari 53 prajurit TNI AL di kapal selam tersebut ternyata adalah keponakan Prabowo.

" Salah satu dari Putra Terbaik Bangsa, Letda Laut (T) Rhesa Tri Sigar, saudara saya yang gugur bersama KRI Nanggala 402, berkorban demi Sang Merah Putih," tulis Prabowo di akun Instagramnya.

Letda Rhesa adalah putra dari Letnan Kolonel Godfried Sigar, Kepala Seksi Operasi Korem 164/Wira Dharma Dili, yang merupakan sepupu Prabowo. Letkol Godfried gugur di Timor Timur pada 4 Juni 1998.

Prabowo sempat mengunjungi ibu dari Letda Rhesa, Indah Wahyu Arini Retno Utami dan kakaknya, Kapten Inf Julius Sigar di kediaman mereka di Surabaya. Dia menegaskan segenap keluarga tidak akan pernah melupakan jasa Rhesa.

" Engkau akan selalu hidup di dalam semangat kami," kata dia.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar