Rincian Utang Rp10 Miliar Istri Muda Pembunuh Suami dan Anak Tiri

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 29 Agustus 2019 15:01
Rincian Utang Rp10 Miliar Istri Muda Pembunuh Suami dan Anak Tiri
Pembunuhan itu dilakukan karena Aulia Kesuma memiliki utang. Totalnya, Rp 10 miliar.

Dream - Polisi telah menangkap pelaku pembunuhan Edi Chandra Purnama alias ECP (54) alias Pupung Sadili dan M Adi Pradana alias Dana alias D (23).

Pelakunya tak lain adalah Aulia Kesuma alias AK dan Kevin merupakan istri dan anak tirinya. Pembunuhan ini diduga dilakukan karena Edi enggan menjual rumahnya di Lebak Bulus 1, Kav 129 B Blok U 15, RT 3 RW 05, Jakarta Selatan.

Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi mengatakan, pembunuhan itu dilakukan karena Aulia Kesuma memiliki utang.

Aulia ingin menggunakan uang hasil penjualan rumah tersebut untuk membayar utangnya di bank. Lalu, berapa total utang istri muda yang diduga menjadi otak pelaku pembunuhan berencana ini?

1 dari 5 halaman

Rincian Total Utang Aulia Kesuma

" (Total utang) Rp10 miliar, 7 miliar di Danamon, 2,5 miliar di BRI dan 500 juta di kartu kredit," kata Nasriadi saat dikonfirmasi, Rabu (28/8/2019).

Lalu, mengapa Aulia ikut membunuh anak dari Edi? Nasriadi mengatakan, Aulia ingin hak waris keluarga Edi terputus dan jatuh ke tangannya.

Menurut mantan Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara ini, Aulia harus menyiapkan ratusan juga per bulan untuk membayar cicilan utangnya tersebut.

" Utangnya berjalan beberapa tahun itu, jadi per bulan itu sekitar Rp 200 jutaan," ujar Nasriadi.

 

2 dari 5 halaman

Dihabisi di Lebak Bulus, Dibakar di Sukabumi

Aulia telah ditahan kepolisian untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Edi dan anaknya Dana dihabisi di rumahnya di Lebak Bulus 1 Kav 129 B Blok U 15 Rt 3 Rw 05, Jakarta Selatan.

Setelah dibunuh, korban dibawa ke SPBU Cirendeu. Para eksekutor lalu meminta Aulia mengambil mobil berisi jenazah tersebut.

Kemudian pada Minggu 25 Agustus, pukul 07.00 WIB, Aulia dan anak kandungnya KV mengambil mobil Calya B 2983 SZH dan membawanya ke Kampung Bondol, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Di sana Aulia membeli satu botol bensin lalu menyuruh anaknya membakar mobil tersebut.

Setelah itu Aulia balik ke Jakarta, langsung membawa KV ke Rumah Sakit Pertamina, Kebayoran Baru. Saat ini dua orang eksekutor juga sudah diamankan di Polda Metro Jaya.

Barang bukti diamankan polisi berupa mobil Calya, selimut berbau bensin serta telepon genggam tersangka. Dua eksekutor juga sudah diamankan. (Sumber: Merdeka.com)

3 dari 5 halaman

Istri Muda yang Bunuh Suami dan Anak Tiri di Sukabumi Terancam Hukuman Mati

Dream - Aulia Kesuma, wanita yang membunuh suami dan anak tirinya serta membakar jasad mereka di mobil terancam hukuman mati. Polisi sampai saat ini masih terus mencari alat bukti untuk memperkuat peran Aulia dalam kasus tersebut. 

Bersama KV, Aulia Kesuma (AK) tega menghabisi nyawa suaminya, Edi Chandra Purnama alias Pupung Sadili dan anak tirinya, M. Adi Pradana. Aksi mereka dilakukan di Cidahu, Sukabumi.

" Ya kalau sudah terbukti kami kenakan Pasal 338 dan 340 KUHP," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono  di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu 29 Agustus 2019.

Selain Aulia da KV, Argo mengatakan, polisi telah menangkap dua tersangka dalam kasus ini yakni A dan S. Tersangka AK saat ini masih ditahan di Mapolres Sukabumi, Jawa Barat. Adapun, A dan S ditahan di Mapolda Metro Jaya.

Sementara, KV dirawat di rumah sakit karena menderita luka bakar ketika membakar jasad Pupung dan Pradana.

Untuk pendalaman penyidik, penyidik Polda Metro Jaya masih menunggu pelimpahan penahanan AK dari Polres Sukabumi.

" Kami masih menunggu tersangka yang dari Sukabumi, kami sudah komunikasi kan nanti akan dilimpahkan ke Jakarta," kata dia.

4 dari 5 halaman

Fakta di Balik Istri Bunuh Suami dan Anak Tiri di Sukabumi

Dream - Warga Kampung Bondol, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat digegerkan dengan temuan dua mayat yang terbakar di dalam mobil Toyota Cayla, dengan nomor polisi B 2983 SZH.

Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi mengatakan, kedua mayat yang terbakar itu bernama Edi Chandra Purnama alias Pupung Sadili dan anaknya, Pradana.

Setelah polisi melakukan penyelidikan, terdapat beberapa fakta mengejutkan terkait temuan mayat terbakar dalam mobil. Berikut di antara fakta pembunuhan tersebut,

5 dari 5 halaman

Otak Pembunuhan


Polisi mengungkap, otak pembunuhan kasus ini tak lain istri dari Pupung berinisia AK.

" Tersangka utama kasus pembunuhan dua pria yang jasanya hangus adalah istri dan ibu tiri korban," ujar Nasriadi.

Suruh Orang Lain untuk Membunuh

Untuk menghabisi nyawa suami dan anak tirinya, AK menyuruh orang lain. Pembunuh bayaran itu terlebih dahulu mengulik kedua korban CDI runahnya di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Beri Komentar