Kala Gus Dur Ditanya Cara Damaikan Palestina-Israel

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 13 Juni 2018 10:01
Kala Gus Dur Ditanya Cara Damaikan Palestina-Israel
Apa jawaban Gus Dur?

Dream - Polemik kehadiran Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf di acara American Jewish Comittee (AJC) Global Forum di Yerusalem, terus bergulir. Tetapi, peristiwa ini sebetulnya bukan kali pertama seorang ulama NU menghadiri forum serupa.

Abdurahman Wahid (Gus Dur), juga pernah diundang di Forum Global AJC di Washington DC, Amerika Serikat, pada 2002. Gus Dur juga pernah jadi pembicara utama di forum tertinggi Kongres Yahudi.

Upaya Gus Dur berbicara di forum umat Yahudi bertujuan untuk diplomasi kultural guna mewujudkan perdamaian Palestina dan Israel.

Cara ini sempat membuat Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatul Muhibbin Caringin, Bogor, KH M. Luqman Hakim bertanya kepada Gus Dur tentang cara mendamaikan Palestina dan Israel.

Gus Dur tak memberikan menjawab detail bagaimana caranya mendamaikan dua negara yang terus berseteru itu. Namun cara yang sama dilakukan Gus Dur saat berupaya mendamaikan Serbia dan Bosnia.

" Cara yang Gus Dur lakukan untuk Palestina-Israel, sebagaimana saat Gus Dur mendamaikan Bosnia-Serbia tanpa disorot media, tetapi beres. Seorang wali tak butuh narsis," kata Luqman, diakses Dream dari laman NUOnline, Selasa, 12 Juni 2018.

Luqman mengatakan, akan mempersilakan bagi siapa saja untuk membaca kembali sejarah Islam agar memahami dengan benar.

" Jika masih ada yang kontra Gus Dur dan Gus Yahya, silakan saja. Paling keduanya hanya menjawab: Ya Allah hidayahi mereka, sesungguhnya mereka tidak mengetahui (berpengetahuan)" ujar dia.

Bagaimana sesungguhnya jawaban Gus Dur mengenai masalah Palestina? Simak selengkapnya di sini.

Baca Juga: Mengintip Hotel Tempat Kim Jong Un Menginap Serba Rahasia di Pertemuan Trump dan Kim Jong Un Besok Indonesia Terpilih Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB Koki Sahabat Barrack Obama Meninggal, Diduga Bunuh Diri Pilot Berkorban Nyawa Demi Selamatkan Warga Satu Desa

Beri Komentar