Tren Kasus Menurun, Warga Jakarta Mulai Disiplin Protokol Kesehatan

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 13 November 2020 17:01
Tren Kasus Menurun, Warga Jakarta Mulai Disiplin Protokol Kesehatan
"Masyarakat sudah mulai bisa beradaptasi menghadapi pandemi Covid-19"

Dream - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, tingkat penurunan kasus Covid-19 di DKI Jakarta menunjukkan masyarakat telah cukup disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan 3M.

Hal itu disampaikan Wiku saat memberikan keterangan pers melalui konferensi virtual pada Kamis, 12 November 2020.

" Kami apresiasi pembelajaran yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat di Jakarta," kata Wiku.

Menurut Wiku, jika dalam minggu-minggu ke depan kasus terkonfirmasi positif tidak sebanyak sebeleum libur panjang, hal itu menandakan masyarakat sudah mulai bisa beradaptasi menghadapi pandemi Covid-19.

1 dari 4 halaman

Merujuk data dari Corona.jakarta.go.id, per 12 November 2020, kasus positif Covid-19 di provinsi DKI Jakarta tercatat secara total sebanyak 115.174 kasus dengan jumlah kematian sebanyak 2.414 orang.

Adapun pasien sembuh tercatat sebanyak 106.189 orang sehingga kasus aktif menjadi 6.571 orang.

Sementara untuk jumlah kasus harian per Kamis 12 November 2020, DKI Jakarta menjadi penyumbang kasus baru Covid-19 terbanyak hari ini dengan 831 kasus. Disusul Jawa Barat dengan 733 kasus dan Jawa Tengah 608 kasus baru.

Penambahan kasus baru Covid-19 hari ini di Indonesia bertambah sebanyak 4.173 kasus. Dari jumlah tersebut, terbanyak berada di DKI Jakarta

Adapun total kasus Covid-19 di Indonesia hari ini berjumlah 452.291 kasus.

 

 

2 dari 4 halaman

Mengapa Ciri dan Gejala Covid-19 Tiap Orang Berbeda? Ini Penjelasannya

Dream - Seseorang yang terinfeksi virus corona umumnya merasakan gejala tertentu. Namun belakangan gejala yang dirasakan penderitanya tak selalu sama, mulai dari tanpa gejala, diare, hingga hilangnya penciuman.

Pada orang dengan penyakit penyerta, Covid-19 bisa mengakibatkan kematian.

Dokter Spesialis Patologi Klinik, Theresia Novi, mengatakan, virus corona menggunakan tubuh kita untuk beranak-pinak atau memperbanyak diri dengan merusak sel kita. Hal ini kemudian akan merangsang tubuh bereaksi membentuk suatu respons imun yang terkadang berlebihan.

" Respons yang berlebihan menyebabkan kebingungan dalam imun kita, meyebabkan sel-sel yang seharusnya melindungi menjadi membabi buta bahkan merusak jaringan kita sendiri," ujar Theresia Novi dalam konferensi pers virtual, Rabu 11 November 2020.

 

 

3 dari 4 halaman

Pada tahap pertama individu terinfeksi Covid-19, gejala yang muncul biasanya ringan, seperti masuk angin atau meriang. Namun pada fase ini, sudah dapat dideteksi dengan metode PCR.

Theresa melanjutkan, virus corona bisa menimbulkan gejala atau kerusakan pada berbagai organ tubuh. Ketika virus sudah masuk ke paru, bisa menyebabkan batuk, jika masuk ke saluran pernapasan menimbulkan bersin-bersin, pneumonia dan sesak napas.

" Bisa juga gejalanya di penyakit jantung. Seperti sakit jantung atau nyeri jantung. Ada juga yang terkenal di bagian ginjal, menyebabkan gagal ginjal akut atau ada peningkatan enzim-enzim yang ada pada hati," paparnya.

 

4 dari 4 halaman

Dia menambahkan, banyak individu yang tidak sadar jika virus corona juga bisa menyerang pencernaan.

" Banyak pasien yang tidak waspada terhadap Covid-19 karena gejalanya di pencernaan, muntah, diare. Padahal itu bisa menjadi gejala Covid-19," paparnya.

Gejala lain yang mungkin dirasakan pasien yakni berkurangnya kepekaan indera penciuman.

Menurut Theresia, ini bisa terjadi ketika virus corona sudah mengenai susunan saraf.

" Kok ada gangguan penciuman? Itu karena virsu sudah mengganggu sistem saraf kita, saraf pengecap maupun saraf pembauan kita terganggu. Jadi bisa hilang rasa atu penciuman. Bisa juga gangguan pada mata," jelas dia.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar