Persiapkan Hal-hal Ini Sebelum Konsultasi Virtual dengan Dokter

Reporter : Sandy Mahaputra
Jumat, 13 November 2020 14:54
Persiapkan Hal-hal Ini Sebelum Konsultasi Virtual dengan Dokter
Supaya konsultasi bisa berjalan lebih lancar, dan pasien juga maksimal menyampaikan berbagai keluhannya.

Dream - Dahulu, konsultasi dengan dokter hanya bisa dilakukan secara manual. Datang ke tempatnya, antre jika pengunjungnya banyak, biaya sangat mahal dan bahkan terkadang dokter yang dituju sedang tidak ada di tempat.

Namun sekarang sudah sangat mudah jika ingin melakukan konsultasi. Teknologi memungkinkan para pasien untuk terhubung dengan dokter secara virtual.

Apalagi pada musim pandemi sekarang ini, tawaran konsultasi virtual dengan dokter semakin banyak. In merupakan pilihan yang aman bagi kedua belah pihak. Sudah banyak sekali aplikasi konsultasi dokter terpercaya yang bisa dipilih. Salah satu rekomendasinya adalah Okadoc.

Bagi yang kurang familiar dengan Okadoc, ini merupakan perusahaan teknologi di bidang kesehatan yang memiliki tujuan memberikan pengalaman kesehatan yang lebih baik untuk banyak orang.

Konsultasi virtual dokter© shutterstock.com

Okadoc sudah didirikan sejak tahun 2018 dan sekarang telah memiliki beragam layanan. Termasuk juga konsultasi virtual dokter. Bahkan harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp.30 ribu saja sudah bisa booking dokter secara online. Ada banyak fitur lainnya yang ditawarkan Okadoc, mulai dari melihat profil dokter secara terperinci, mencari dokter berdasarkan lokasi sampai dengan mendapat pengingat janji dengan dokter.

Namun sebelum melakukan konsultasi virtual dengan dokter, ada baiknya untuk mempersiapkan hal-hal berikut ini. Supaya konsultasi bisa berjalan lebih lancar, dan pasien juga maksimal menyampaikan berbagai keluhannya.

1 dari 3 halaman

Tentukan Dokter Terlebih Dahulu

Hal pertama sebelum booking mau konsultasi yang perlu dipersiapkan adalah siapa nanti dokternya. Jika sudah memiliki dokter langganan akan sangat gampang. Namun bagi yang pertama kali melakukan konsultasi virtual, pastinya perlu mencari-cari dokter yang sesuai dengan keluhan yang dirasakan.

Konsultasi virtual dokter© shutterstock.com

Misalnya saja memiliki keluhan penyakit jantung, bisa mencari dokter dengan background spesialis ilmu penyakit jantung. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ini menjadi salah satu kemudahan dari Okadoc, Kamu bisa melihat latar belakang dokter dengan gamblang langsung di aplikasi. Tidak perlu bertanya-tanya kepada yang tidak jelas. Rekam jejaknya juga sudah ada di database, jadi tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan.

2 dari 3 halaman

Catat Keluhan yang Dirasakan

Dokter tidak akan serta merta tahu apa penyakit yang Kamu derita. Maka dari itulah biasanya mereka akan bertanya terlebih dahulu mengenai keluhan apa yang dirasakan. Maka dari itulah untuk mempermudah proses konsultasi virtual, baik itu lewat chat, video call, catat terlebih dahulu hal-hal yang dirasakan. Lebih bagus lagi jika keluhan yang disampaikan secara terperinci.

Konsultasi virtual dokter© shutterstock.com

Jika sudah ada rekam medis, bisa juga diserahkan kepada dokter. Bisa filenya atau farus besarnya. Tidak hanya itu saja, untuk mengantisipasi Kamu lupa, jika lewat video call bisa direkam ya. Kalau lewat chat tentunya sudah ada dengan jelas apa yang disampaikan. Jika tidak, ambil notes dan catat hal-hal yang sekiranya penting disampaikan ke dokter.

3 dari 3 halaman

Tentukan Jadwal Konsultasi

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah menentukan jadwal konsultasi. Carilah sekiranya jadwal yang paling longgar dari beragam kesibukan. Dengan begini Kamu tidak akan terburu-buru juga. Kemudian jika sudah menentukan jadwal, lihat juga tanggal-tanggal dokter yang available sesuai dengan keluhan.

Biasanya, jadwal dokter akan tersedia dengan jelas di aplikasi. Apakah bisa sesuai dengan tanggal, apa dokter sedang libur. Pastikan sama-sama sedang tidak memiliki jadwal lainnya. Inilah juga kemudahan dari lebih memilih konsultasi virtual, Kamu tidak perlu telpon langsung ke rumah sakit untuk bertanya jadwal dokter.

Persiapkan hal-hal itu supaya konsultasi virtual yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar ya. Mungkin awal konsultasi masih canggung menyesuaikan semuanya, cara-cara baru dengan menggunakan teknologi. Namun nanti jika sudah terbiasa melakukan konsultasi secara online, akan lebih mudah. Sudah tidak perlu macet di jalanan hanya untuk konsultasi dengan dokter. Bisa dilakukan di mana saja sesuai jadwal yang telah dipilih. Dengan syarat, ada gadget dan koneksi internet tentunya.

Beri Komentar