Pasangan Dokter Muslim Ciptakan Vaksin Covid-19, Diklaim 90 Persen Efektif

Reporter : Sugiono
Jumat, 13 November 2020 10:02
Pasangan Dokter Muslim Ciptakan Vaksin Covid-19, Diklaim 90 Persen Efektif
Memberi harapan baru kepada dunia yang memerlukan vaksin yang sangat ditunggu-tunggu tersebut.

Dream - Saat dunia masih mencari-cari penawar untuk menyembuhkan Covid-19 yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2, sepasang dokter Muslim dari Turki ini menjadi sorotan. 

Keduanya mengklaim berhasil membuat vaksin yang dipercaya memiliki tingkat efektivitas 90 persen dalam mengobati penyakit Covid-19.

Mereka yakni Dr Ugur Sahin, 55 tahun, dan Dr Ozlem Tureci, 53 tahun. Keduany disebut-sebut memberi harapan baru kepada dunia yang memerlukan vaksin yang sangat ditunggu-tunggu tersebut.

1 dari 3 halaman

Vaksin yang Dihasilkan 90 Persen Efektif Mengobati Covid-19

Dengan membentuk tim peneliti yang terdiri dari perusahaan farmasi Pfizer dan BioNTech, mereka mengklaim vaksin yang dihasilkan itu 90 persen efektif dan sudah tersedia untuk digunakan.

Perkembangan terbaru ini dinilai sebagai satu keberhasilan di dunia medis. Dilahirkan di Turki dan dibesarkan di Jerman, Ugur termasuk dalam keluarga pendatang yang bekerja di sebuah perusahaan Ford.

Dia bergelar dokter dengan kepakaran dalam bidang imunoterapi.

Dr Ugur Sahin dan istrinya, Dr Ozlem Tureci.© Muslim Mirror

Sementara sang istri, Ozlem Tureci adalah anggota dewan di BioNTech, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Ugur. Ozlem adalah putri seorang dokter Turki yang juga beremigrasi ke Jerman.

2 dari 3 halaman

Keluarga Imigran dari Turki di Jerman

Ugur dilahirkan di Iskenderun, Turki. Pada usia empat tahun, dia berhijrah ke Jerman bersama orangtuanya.

Ayahnya bekerja di sebuah perusahaan Ford, sementara Ugur sendiri kuliah kedokteran di University of Cologne, Jerman.

Dia lulus pada tahun 1990 dan meraih gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) tiga tahun kemudian. Ugur menghabiskan delapan tahun berikutnya dengan kuliah di Rumah Sakit Universitas Saarland.

Setelah menamatkan kuliah di Rumah Sakit Saarland University, Ugur bergabung dengan University of Mainz pada tahun 2000. Dia kemudian dilantik sebagai profesor pada tahun 2008.

Ugur menikahi Ozlem pada tahun 2002, dan dikaruniai seorang anak perempuan yang kini sudah remaja.

3 dari 3 halaman

Ilmuwan Sekaligus Miliarder Rendah Hati

Seperti dikutip dari muslimmirror.com, pasangan dokter ini sangat tertarik untuk melakukan penelitian, dan mendirikan perusahaan untuk mengembangkan alat imunoterapi kanker.

Yayasan Bill & Melinda Gates mengucurkan dana US$55 juta ke dalam perusahaan yang didirikan Ugur dan istrinya itu.

Mereka termasuk ilmuwan yang rendah hati, dan menjalani kehidupan sederhana walaupun berada di antara 100 orang terkaya di Jerman.

Sumbangan mereka terhadap vaksin Covid-19 adalah peristiwa luar biasa dalam sejarah dunia. Hingga memberikan harapan kepada jutaan orang yang menderita penyakit tersebut.

Sumber: mStar.com.my

 

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar