Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pasien Pertama Covid-19 di Indonesia Sembuh: 'Jangan Panik.. Ada Gusti Allah'

Pasien Pertama Covid-19 di Indonesia Sembuh: 'Jangan Panik.. Ada Gusti Allah' Menkes Terawan Dan Pasien Kasus Covid-19 Yang Telah Dinyatakan Sembuh

Dream - Tiga orang pasien positif virus corona yang diperkenalkan ke masyarakat sebagai ksus 1, 2 dan 3, dinyatakan telah sembuh sepenuhnya. Hasil tes terakhir menyatakan ketiganya negatif dari virus corona baru, Covid-19.

Pasien kasus-1 mengaku bersyukur bisa menjalani karantina di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Sebab, tim medis memberikan layanan perawatan yang sangat cekatan.

"Saya bersyukur diisolasi di Rumah Sakit Sulianti Saroso, baik dokter, perawat, pekerja lab telah melayani saya," ujar pasien kasus 1 dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Senin 16 Maret 2020.

Pasien tersebut juga bangga kepada tim medis RSPI. Dia merasakan betul bagaimana layanan yang diberikan selama 24 jam penuh.

"Saya berharap pemerintah memberikan penghargaan, insentif, untuk mereka yang telah 24 jam bekerja sebagai garda terdepan," kata dia.

Tak hanya itu, dia juga mengaku bangga dengan kekompakan masyarakat yang tinggal di Perumahan Studio Alam Indah. Terutama ketua RT yang turut berusaha menenangkan publik.

"Warga Depok jangan panik. Kalau kita panik, imun akan turun. Karena kita ada Gusti Allah," kata dia.

Jubir Kasus Corona Usut Wanita PDP Unggahan Deddy Corbuzier

Dream - Juru bicara penanganan Covid-19, Achmad Yurianto memberikan tanggapannya terkait video unggahan Deddy Corbuzier di akun instagramnya tentang Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 

Dalam video yang diunggah Deddy, wanita itu mengaku statusnya PDP (pasien dalam pengawasan), tapi tidak mendapatkan pengawasan dari rumah sakit setelah periksa.

Pasien itu mengaku hanya mendapatkan rujukan ke empat rumah sakit besar tanpa adanya pendampingan.

unggahan deddy

Yuri mengaku belum melihat video yang diunggah Deddy Corbuzier. Jadi Yuri belum bisa memastikan kebenaran dari video yang diunggah itu hoaks atau bukan.

"Saya belum melihat videonya. Kalau itu belum bisa dibuktikan, saya tidak bisa bilang video itu hoax atau bukan kan?" kata Achmad Yurianto saat berbincang dengan Dream, Senin 16 Maret 2020.

Kendati begitu, Yuri akan menindaklanjuti kebenaran kasus itu. Dia siap memeriksa ke rumah sakit terkait pasien PDP yang mengaku tidak mendapatkan pengawasan dari rumah sakit yang disebutkan.

achmad yuri jubir corona

foto : Faizal Fanani/Liputan6.com

"Rumah sakitnya mana? Kita cek pasiennya siapa namanya saja. Kalau ini nggak benar juga ngapain saya komentari?" tuturnya.

Setelah menemukan bukti valid tentang video itu barulah langkah selanjutnya akan dilakukan untuk si pasien.

"Kita buktikan dulu kalau ada buktinya, kita akan tindaklanjuti seperti apa. Makanya ada videonya, nanti ketemu rumah sakit apa? Dia dirawat dimana? kan selesai," imbuhnya.

Unggah Video PDP, Deddy Corbuzier: This is Bad...

Dream - Selebgram Deddy Corbuzier mengunggah video pernyataan dari seorang warga yang mengaku Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait corona virus Covid-19. Dalam video, wanita itu mengaku dilepas begitu saja oleh pihak rumah sakit. 

Jangan sakit dan jangan kena. Ini aku PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan rumah sakit itu nggak tahu mau ngapain dan mau gimana dan kita bisa dilepas begitu saja, diminta rujuk ke empat rumah sakit besar tanpa pengawasan," kata wanita bermasker yang diunggah akun @mastercorbuzier. 

Wanita itu mengaku pihak rumah sakit tidak bisa berbuat apa-apa. Hanya meminta dirinya memeriksa lebih lanjut ke rumah sakit rujukan kasus virus corona.

Dari video yang diunggah itu, Deddy mempertanyakan kepada Kementerian Kesehatan.

 unggahan deddy© Khidr Al-Zahrani

 

Dilepas tanpa pengawasan!! Untung orang ini masih baik.. dia bisa share vidio ini.," tulis Deddy Corbuzier dikutip Dream, Senin 16 Maret 2020.

Bakal Bertemu Kemenkes

Ayah satu anak ini menduga, banyak di luar sana kasusnya sama seperti wanita yang ada pada video unggahannya itu. Tidak diisolasi tanpa adanya pengawasan.

" Supaya kita lebih waspda, banyak orang yang sudah kena corona tapi MUNGKIN masih bertebaran di luar sana tanpa isolasi!!! Itulah gunanya lebih baik kita tetap DIRUMAH BEBERAPA PEKAN KE DEPAN," ucapnya.

Untuk itu, karena keresahannya itu, Deddy bakal bertemu langsung dengan pihak Kemenkes dan Gubernur DKI Anies Baswedan untuk langkah selanjutnya. Terhadap contoh kasus wanita yang ada di video tersebut.

" Malam ini saya akan podcast dengan kemenkes menanyakan apa yg sebenarnya terjadi.. Are we ready or not.. Is this hoax or not.. And if not.. This is Bad. Gw juga akan bertemu dgn Pak Anies menanyakan apa langkah kita selanjutnya.. Hope all well... God with u," tuturnya. 

Komentar Warganet

Warganet pun langsung membanjiri unggahan Deddy dengan berbegai komentar mereka. Ada yang kecewa ada juga yang mempertanyan kinerja kemenkes.

" Tanpa ada pengawasan?, rumah sakit santuy banget ya, kayak emang pengen gitu virus ini menyebar dengan cepat, sangat cerdas," tulis akun @zexx0001.

" Mana nih pemerintah Indonesiaaaaaaa, menteri kesehatan, dokter indonesia, pengawas rumah sakit...??? Where are you???? Katanya standar WHO penanganan dll," tulis akun @bp2_febrian.

" @aniesbaswedan @jokowi @kemenkes_ri, Pak presiden, pak gubernur, pak mentri kesehatan, kondisi di lapangan apakah seperti ini," tulis akun @iwantrisila.

Konten Podcast YouTube Dicuri, Deddy Corbuzier Geram

Dream - Deddy Corbuzier sangat geram karena merasa konten podcast kanal YouTubenya dicuri oleh startup asal Vietnam, Wavestalk. Menurut dia, perusahaan itu semula menghubunginya untuk membeli konten podcast, namun tidak terjadi kesepakatan.

" Beberapa bulan lalu sempat menghubungi manajemen saya buat beli konten saya. Saya tidak deal dengan mereka," kata Deddy Corbuzier di Jakarta, Rabu 26 Februari 2020.

Deddy mengatakan, startup Vietnam tersebut mengontak manajemennya setelah konten podcastnya diambil. Konten itu bahkan telah dipublikasikan perusahaan Vietnam tersebut selama sebulan. " Jadi, di-publish dulu baru nego," imbuhnya.

Ayah Azkanio Nikola Corbuzier itu menolak tawaran pembelian konten tersebut. Apalagi, startup Vietnam itu tidak menjawab keberatan Deddy Corbuzier.

" Pertanyaan saya enggak pernah terjawab. Saya tanya, kenapa (mencuri konten)?. Yang dijawab, 'iya, nanti kita take out'. Yang saya tanya kan kenapa harus dicuri," tegas dia.

  deddy corbuzier© Khidr Al-Zahrani© Khidr Al-Zahrani

Pria yang mempopulerkan metode diet OCD itu merasa dirugikan. Deddy mengatakan, perusahaan Vietnam tersebut telah mengeruk keuntungan dari kontennya. Deddy juga geram karena tidak ingin kontennya beredar di platform manapun selain Youtube agar bisa mengetahui jumlah penontonnya.

Sebab, tambah dia, akhir-akhir ini penontonnya berkurang. Dia menduga karena kontennya tersebar ke platform lain. " Belakangan penontonnya berkurang, oh ternyata kepecah ke Spotify, Apple Music, yang mecah perusahaan ini. Berarti saya dirugikan dong. Penonton saya dikit, mereka dapat penonton," tuturnya

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Peringatan Darurat WHO: Virus yang Pertama Kali Muncul Tahun 1700an Ini Kembali Hantui Indonesia, Bisa Sebabkan Lumpuh Layu

Peringatan Darurat WHO: Virus yang Pertama Kali Muncul Tahun 1700an Ini Kembali Hantui Indonesia, Bisa Sebabkan Lumpuh Layu

WHO mengumumkan bahwa enam kasus baru pada pasien yang sudah vaksin telah ditemukan di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Fakta-Fakta Pasien Covid-19 JN.1 di Batam Meninggal Dunia

Fakta-Fakta Pasien Covid-19 JN.1 di Batam Meninggal Dunia

Diketahui, varian JN.1 pertama kali dilaporkan di Indonesia pada bulan November lalu.

Baca Selengkapnya
Pria Suaranya Tiba-tiba Parau dan Muntah Darah, Dikira Flu Biasa, Pas Diperiksa Ternyata Ada Lintah Hidup Nempel di Tenggorokan

Pria Suaranya Tiba-tiba Parau dan Muntah Darah, Dikira Flu Biasa, Pas Diperiksa Ternyata Ada Lintah Hidup Nempel di Tenggorokan

Lintah biasanya dapat masuk ke dalam tubuh manusia disebabkan kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Viral Kondisi Tersangka Pembunuhan 5 Orang Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Viral Kondisi Tersangka Pembunuhan 5 Orang Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Viral Keadaan Junaedi Mendekam di Penjara, Remaja Tega Bunuh Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Baca Selengkapnya
Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Penyakit X adalah virus “penampung” hipotetis yang belum terbentuk, namun para ilmuwan mengatakan penyakit ini bisa 20 kali lebih mematikan daripada COVID-19.

Baca Selengkapnya
Fakta-fakta  Vaksinasi Covid-19 yang Mulai Berbayar di 2024

Fakta-fakta Vaksinasi Covid-19 yang Mulai Berbayar di 2024

Sempat gratis, vaksin keempat Covid-19 akan ditawarkan secara berbayar di tahun depan, kecuali untuk kelompok rentan.

Baca Selengkapnya
Ilmuwan Dibuat Keheranan oleh Pria yang Mendapat Vaksinasi Covid-19 Sebanyak 127 Kali Selama 2 Tahun Lebih

Ilmuwan Dibuat Keheranan oleh Pria yang Mendapat Vaksinasi Covid-19 Sebanyak 127 Kali Selama 2 Tahun Lebih

Jika dihitung harian, maka pria tersebut rata-rata mendapatkan empat dosis suntikan vaksin Covid-19 per hari.

Baca Selengkapnya
Bukan Demam dan Anosmia, Ini Gejala Covid-19 Sub Varian JN1

Bukan Demam dan Anosmia, Ini Gejala Covid-19 Sub Varian JN1

Varian covid-19 memiliki gejala yang berbeda. Ini menjadi penyebab vaksin lama tidak efektif digunakan kembali.

Baca Selengkapnya
Mulai Berbayar, Ini Daftar Harga Vaksin Covid-19 Tahun 2024

Mulai Berbayar, Ini Daftar Harga Vaksin Covid-19 Tahun 2024

Vaksin Covid-19 keempat mulai berbayar tahun ini. Masing-masing merek ditawarkan dengan harga berbeda.

Baca Selengkapnya