Menag Temui Menteri Haji Saudi Bahas Jalur Cepat dan Tenda

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 10 Desember 2018 13:01
Menag Temui Menteri Haji Saudi Bahas Jalur Cepat dan Tenda
Lukman tiba di Saudi pada Minggu malam waktu setempat.

Dream - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan bertemu dengan Menteri Urusan Haji dan Umroh Arab Saudi. Pertemuan ini akan membahas dua hal yaitu layanan fast track (jalur cepat) dan fasilitas tenda di Arafah, Mina dan Muzdalifah.

" Kebijakan fast track dirasa sangat membantu dan mengurangi tingkat kelelahan jemaah haji Indonesia, khususnya ketika proses antrean imigrasi di bandara Jeddah maupun Madinah," ujar Lukman, melalui keterangan tertulis diterima Dream, Senin 10 Desember 2018.

Layanan jalur cepat telah diberlakukan bagi sekitar 70 ribu jemaah haji, namun masih sebatas di Embarkasi Jakarta-Pondok Gede. Lukman berharap tahun ini layanan tersebut dapat diperluas di embarkasi seluruh Indonesia.

Masalah kedua yang dibahas adalah fasilitas tenda di Armina. Rencananya, tahun ini diterapkan penomoran tenda sesuai nomor kloter jemaah.

Menurut Lukman, dengan penomoran ini, para jemaah sudah mengetahui sejak awal posisi tendanya di Arafah dan Mina sehingga memudahkan mobilisasi. Di samping itu, untuk menghindari tenda ditempati oleh jemaah yang tidak seharusnya.

" Saya harap penomoran tenda di Arafah dan Mina akan dapat memberikan kepastian dan kenyamanan lebih bagi jemaah haji Indonesia," ucap Lukman.

Selain pertemuan, Lukman dijadwalkan menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) terkait penyelenggaraan haji dengan Menteri Haji dan Umroh Saudi. Usai pertemuan, Lukman akan meninjau calon Kantor Urusan Haji Indonesia di Jeddah.(Sah)

Beri Komentar