Ini Layanan yang Ditingkatkan untuk Musim Haji 2019

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 6 Desember 2018 19:01
Ini Layanan yang Ditingkatkan untuk Musim Haji 2019
Kemenag megupayakan sistem fast track bisa diberlakukan di semua bandara keberangkatan tahun depan.

Dream - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, bersyukur Indeks Kepuasan Haji 2018 meningkat menjadi 85,23. Meski demikian, Lukman mendorong agar jajaranya terus berinovasi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun depan.

Menurut Lukman, perlu ada upaya agar layanan haji tahun depan lebih baik. Beberapa di antaranya sistem fast track atau jalur cepat di bandara pemberangkatan.

" Kalau tahun ini baru dapat kita laksanakan di Bandara Sokarno Hatta, maka usahakan tahun depan sudah dapat dilaksanakan di seluruh bandara," ujar Lukman, dikutip dari kemenag.go.id, Kamis 6 Desember 2018

Lukman menambahkan, perlu sistem zonasi untuk penempatan jemaah untuk meningkatkan layanan sekaligus kenyamanan calon haji.

" Tentu orang Bugis akan lebih senang jika tempat tinggalnya di sana berdekatan dengan orang Makassar. Selain bahasa yang digunakan, ini juga memudahkan kita bila ingin menentukan menu katering. Sehingga akan lebih dekat seleranya dengan masing-masing jemaah," kata dia.

Selain itu, terkait penggunaan AC di Arafah, Lukman menilai perlu mendapat perhatian, mengingat hasil survei BPS menyebutkan nilai layanan di Arafah, Mina, dan Muzdalifah, paling rendah.

Lukman juga meminta penyiapan sistem pelaporan digital. Dia berharap sistem ini sudah ada saat penyelenggaraan haji 2019.

" Seluruh petugas kita harus sudah bisa melakukan pelaporan secara digital. Siapkan dalam sebuah aplikasi terintegrasi," kata Lukman.

Beri Komentar
Putri Bos Huawei Ditangkap di Kanada, China Protes